9 Manfaat Jeruk Nipis dan Kecap Selain Untuk Batuk

Air perasan jeruk nipis yang dicampur dengan kecap manis sudah sejak lama digunakan bahkan dijadikan resep turun temurun untuk menyembuhkan penyakit yang sering dialami banyak orang yakni solusi batuk. Namun sebenarnya, batuk bisa disembuhkan atau tidak belum teruji! kecap hanya digunakan sebagai pemanis untuk menghilangkan rasa asam dari jeruk nipis. Selain bisa digunakan untuk membantu meredakan gejala batuk, ada banyak manfaat jeruk nipis dan kecap lain yang bisa anda manfaatkan seperti ulasan dari kami berikut ini.

  1. Meningkatkan Kekebalan

Kombinasi jeruk nipis dan kecap bisa dikonsumsi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga infeksi dan penyakit seperti malaria, pneumonia, malaria dan berbagai penyakit lain bisa dicegah. Selain itu, kandungan vitamin C tinggi dalam jeruk nipis juga baik untuk menyembuhkan flu dan meningkatkan imun tubuh secara menyeluruh.

  1. Mengontrol Berat Badan

Jeruk nipis juga mengandung minyak esensial sehingga sangat banyak manfaat jeruk nipis untuk menurunkan berat badan. Campuran jeruk nipis dan kecap yang mengandung asam sitrat ini sangat baik untuk membakar penumpukan lemak dalam tubuh. Anda bisa mengkonsumsi air jeruk nipis dicampur kecap ini sebanyak dua kali sehari secara teratur.

  1. Mengatasi Sembelit

Bagi anda yang mengalami sembelit atau susah buang air besar bisa diatasi dengan memanfaatkan jeruk nipis dicampur kecap. Mengkonsumsi jeruk nipis setiap hari sangat penting dilakukan agar buang air bisa selalu lancar.

  1. Mengatasi Gangguan Kencing

Manfaat potasium dalam jeruk nipis efektif untuk membuang racun dalam tubuh dan juga endapan yang ada dalam kandung kemih serta ginjal. Sifat desinfektan yang terkandung dalam jeruk nipis sangat baik untuk menyembuhkan infeksi yang terjadi pada saluran kencing yang merupakan penyakit paling banyak dialami pria diatas 40 tahun. Kombinasi jeruk nipis dan kecap ini akan membersihkan sumbatan urin yang disebabkan karena menumpuknya kalsium pada saluran kemih.

  1. Menyembuhkan Ulkus Peptikum

Selain manfaat vitamin C dalam jeruk nipis mengandung senyawa flavonoid yakni limonoid seperti limonin glukosida yang memiliki manfaat antioksidan, anti karsinogenik, antibiotik dan juga manfaat detoksifikasi. Dalam jeruk nipis mengandung asam yang nantinya akan bereaksi dengan cairan pada lambung dan menghasilkan reaksi alkali. Flavonoid dan juga reaksi alkali akan merangsang proses penyembuhan tukak lambung dan ulkus, solusi maag dan berbagai masalah perut lainnya.

  1. Menyembuhkan Demam

Air jeruk nipis yang dicampur dengan kecap juga sangat baik untuk menurunkan demam dan sakit kepala karena kandungan vitamin C yang bisa menurunkan suhu tubuh secara alami.

  1. Menyembuhkan Flu

Tingginya kandungan vitamin C dalam jeruk nipis sangat baik untuk menyembuhkan flu dengan cara meningkatkan daya tahan tubuh sekaligus mengatasi segala gejala yang menyertai flu tersebut.

  1. Mengatasi Sistitis

Sistitis merupakan infeksi saluran kemih yakni peradangan yang terjadi pada kandung kemih. Hal tersebut bisa terjadi karena tidak menjaga kebersihan atau reaksi alergi terhadap obat obatan atau terapi radiasi. Mengkonsumsi jeruk nipis dan kecap yang mengandung kalium tinggi ini bisa mengeluarkan racun dalam tubuh sekaligus mengurangi rasa sakit yang ditimbulkan sistitis.

  1. Menurunkan Kadar Kolesterol

Jeruk nipis juga mengandung flavonoid yang disebut dengan hesperidin dan terbukti ampuh untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi serta trigliserida dalam tubuh sehingga sangat disarankan untuk mengkonsumsi jeruk nipis dan kecap secara teratur.

Video Medis

Manfaat jeruk nipis dan kecap sudah terbukti tidak hanya efektif untuk menyembuhkan gejala batuk namun juga bisa menjaga kesehatan tubuh serta menyembuhkan berbagai penyakit lain dalam tubuh. Semoga ulasan ini bisa bermanfaat untuk anda dan menambah wawasan seputar manfaat berbagai bahan alami untuk kesehatan.