10 Manfaat Lari Siang Pakai Jaket Sauna Untuk Kebugaran Tubuh

Manfaat lari pagi setiap hari menjadi salah satu olahraga yang sangat baik dilakukan untuk membakar lemak sekaligus juga menjaga dan meningkatkan kesehatan jantung. Banyak orang yang sekarang ini semakin giat untuk melakukan olahraga lari karena kemampuannya yang bisa menurunkan berat badan secara efektif sekaligus menjaga kesehatan secara menyeluruh. Selain banyak orang yang melakukan lari di pagi hari, sebagian orang juga sering berlari di siang hari dengan menggunakan jaket sauna. Jaket sauna sendiri merupakan pakaian yang terbuat dari bahan tahan air yang memang dirancang khusus untuk meningkatkan aliran keringat agar semakin deras. Lalu, apa saja manfaat lari siang pakai jaket sauna selengkapnya?, berikut jawaban selengkapnya untuk anda.

  1. Menurunkan Berat Badan Lebih Cepat

Memakai jaket sauna saat lari di siang hari atau latihan fisik lainnya sangat membantu untuk menurunkan berat badan yang juga menjadi salah satu manfaat lari bagi wanita. Hal ini terjadi karena tubuh memiliki peningkatakn suhu tubuh dan mengeluarkan keringat lebih banyak yang diinduksi dengan menggunakan pakaian tersebut. Karena efek dehidrasi ini, maka sebaiknya gunakan jaket sauna dengan hati hati. Meningkatnya suhu tubuh dan kehilangan lebih banyak air saat mengenakan jaket sauna ini bisa menyebabkan serangan stroke sehingga harus digunakan dengan baik.

  1. Memudahkan Untuk Membawa Peralatan

Jaket sauna umumnya juga sudah dilengkapi dengan beberapa kantong yang bisa mempermudah penggunanya untuk membawa beberapa peralatan saat berlari seperti kunci, handsfree, pemutar MP3, ponsel dan bahkan botol air untuk kebutuhan saat sedang melakukan olahraga lari sehingga lebih praktis tanpa perlu membawa tas atau kantong yang berbeda.

  1. Meningkatkan Proses Detoksifikasi

Menggunakan jaket sauna saat sedang lari juga bisa memberikan manfaat detoksifikasi sebab akan lebih banyak keringat yang keluar dari tubuh dan ini sangat baik untuk beberapa organ utama seperti ginjal dan juga organ hati. Beberapa organ dalam tubuh seperti ginjal dan hati terkadang tidak bisa memproses atau mengeluarkan racun dalam tubuh pada saat mengalami gangguan. Untuk itu, jaket sauna ini bisa membantu beberapa organ tersebut dalam membuang racun yang menumpuk di dalam tubuh.

  1. Lebih Cepat Membakar Lemak

Berolahraga dengan menggunakan jaket sauna juga sangat penting dalam mengurangi lemak lebih cepat sekaligus meningkatkan intensitas saat berlari. Metabolisme dan juga suhu tubuh nantinya akan semakin meningkat sehingga tubuh akan bekerja lebih keras untuk membakar lebih banyak kalori sehingga berat badan nantinya juga akan menurun lebih cepat.

  1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Dengan menggunakan jaket sauna selama berlari atau melakukan aktivitas fisik lainnya, maka racun berbahaya yang menumpuk pada organ ginjal dan hati juga bisa dibuang dan dibersihkan yang nantinya juga akan berpengaruh terhadap peningkatan sistem kekebalan tubuh untuk pencegahan berbagai penyakit berbahaya.

  1. Membuang Kelebihan Air

Manfaat lari jarak jauh ataupun jenis lari lainnya sambil mengenakan jaket sauna sangat baik untuk menghilangkan kelebihan air dari sel tubuh sekaligus mengurangi retensi dan juga pembengkakan. Seorang wanita yang menderita retensi cairan atau dikenal dengan sebutan edema nantinya bisa merasakan manfaat dari menggunakan jaket sauna tersebut.

  1. Meningkatkan Produksi Oksigen

Pengukuran oksigen selama latihan menjadi indikator penting untuk meningkatkan kebugaran aerobik seseorang. Lari dengan menggunakan jaket sauna ini bisa meningkatkan jumlah oksigen dalam tubuh dibandingkan jika tidak menggunakan jaket sauna selama berlari. Tidak hanya kadar oksigen yang semakin meningkat, namun kadar gula darah juga semakin rendah yang sangat penting bagi diabetes sekaligus meningkatkan jumlah kalori yang dibakar meski latihan sudah selesai dilakukan.


  1. Meningkatkan Kenyamanan dan Rentang Gerak

Dengan menggunakan jaket sauna selama lari atau jenis olahraga lain seperti di gym juga dikatakan bisa mencegah iritasi kulit atau lecet sekaligus meningkatkan rentang bergerak saat sedang berlari khususnya dalam manfaat lari sprint yang seringkali meningkatkan risiko terjatuh. Jaket sauna biasanya memiliki ukuran yang lebih longgar sehingga bisa melebarkan rentang gerak anda. Sedangkan jaket sauna yang biasanya tertutup ini juga akan meminimalisir risiko cedera saat terjatuh atau cedera lainnya pada saat anda sedang berlari.

  1. Meningkatkan Sirkulasi Darah

Dengan pembakaran kalori yang semakin meningkat saat menggunakan jaket sauna saat berlari, maka nantinya darah juga akan memompa oksigen menuju otot lebih sempurna. Namun hal yang sering terjadi adalah menumpuknya asam laktat sebagai produk sampingan yang seringkali menimbulkan rasa sakit, kram dan juga kelelahan saat berlari. Namun dengan menggunakan jaket sauna, maka nantinya aliran darah pengguna bisa semakin lancar yang nantinya bisa mengurangi rasa sakit akibat penumpukan asam laktat yang juga semakin berkurang sebab racun lebih banyak dibuang dari dalam tubuh.

  1. Melindungi Tubuh dari Beberapa Elemen

Jaket sauna yang tertutup ini juga sangat baik digunakan saat beraktivitas di luar ruangan seperti berlari karena bisa melindungi tubuh dari terpaan sengatan matahari dan juga angin. Secara tidak langsung, menggunakan jaket sauna saat berlari di siang hari juga menjadi solusi kanker khususnya kanker kulit karena kulit terlindungi dari cahaya matahari langsung yang sangat berbahaya tersebut.

Dari ulasan diatas bisa diketahui jika ada banyak manfaat lari siang pakai jaket sauna yang bisa anda dapatkan khususnya untuk program menurunkan berat badan. Namun, hal yang harus diperhatikan saat menggunakan jaket sauna ini adalah lebih banyak minum air putih untuk menggantikan cairan tubuh yang sudah banyak keluar sebab lari memakai jaket ini akan membuang lebih banyak keringat dari dalam tubuh.

, ,
Oleh :
Kategori : Olahraga