8 Manfaat Tepung Beras Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Tepung beras berasal dari beras yang mengalami penumbukkan sehingga menjadi tepung yang dapat dimanfaatkan diberbagai bidang seperti kecantikan, kesehatan dan bahan membuat kue yang lezat. Ini karena tepung beras bisa digunakan sebagai pengganti dari tepung terigu karena ada sebagian kecil orang yang tidak cocok dengan penggunaan tepung terigu yang mengalami intelorasi terhadap gluten. Gluten adalah kumpulan – kumpulan protein yang terdapat pada terigu. Tepung beras memiliki kandungan yang sama dengan beras asli yaitu :

  • Karbohidrat merupakan salah satu sumber energi bagi tubuh. Energi diperlukan untuk membakar kalori pada lemak saat tubuh melakukan aktifitas seperti olahraga. (Baca juga : Manfaat karbohidrat)
  • Zat besi berfungsi untuk membantu sel darah merah mengikat oksigen untuk mencegah penyakit anemia. (Baca juga : Manfaat zat besi)
  • Kalsium baik untuk tulang dan mencegah penyakit lansia yaitu osteoporosis. (Baca juga : Manfaat kalsium bagi tubuh di segala usia)
  • Protein bagi kecantikan berguna untuk membantu meregenerasi sel – sel kulit mati untuk diganti dengan sel kulit baru yang lebih kenyal dan cerah. (Baca juga : Manfaat protein)
  • Vitamin c yang baik untuk mengatasi penyakit sariawan dan panas dalam. (Baca juga : Manfaat vitamin c)

Jadi kandungan beras ini sangat bermanfaat untuk kecantikan kulit sehingga banyak yang menggunakan beras sebagai masker alami. Manfaat tepung beras sebagai masker untuk kecantikan kulit antara lain adalah :

1. Mengurangi noda hitam

Anda memiliki noda hitam yang menganggu penampilan di wajah ? ya terkadang noda hitam diwajah dapat disebabkan oleh dua faktor yaitu salah dalam memiliki kosmetik. Kosmetik yang tidak cocok untuk kulit dapat menyebabkan munculnya noda hitam di wajah. Kedua faktor usia jika usia seseorang semakin bertambah maka regenerasi kulit menjadi lamban sehingga dapat menyebabkan timbulnya noda hitam. Untuk mencegah dan juga mengurangi noda hitam pada wajah cobalah bahan alami seperti tepung beras. Untuk pemakaiannya dapat dilakukan sebanyak dua kali seminggu dirumah. Jika anda punya waktu luang dapat digunakan baik pada siang hari maupun malam harinya.

Artikel terkait :

2. Menyerap minyak wajah

Produksi minyak oleh kelenjar minyak pada wajah bertujuan untuk melembapkan kulit. Namun jika produksi minyak sudah berlebihan ini tentu akan memunculkan banyak masalah pada kulit. Masalah kulit yang umumnya muncul akibat produksi minyak berlebihan pada wajah adalah komedo hitam, komedo putih dan jerawat. Tepung beras juga memiliki kandungan vitamin c yang baik untuk menyerap minyak berlebih di wajah. Vitamin c yang alami baik untuk kulit sehingga penggunaanya tetap membuat wajah lembap tanpa kering. Karena jika kulit menjadi kering juga tidak baik untuk penampilan karena timbul masalah seperti kulit yang bersisik.(Baca juga : Manfaat menggunakan krim malam)

3. Jerawat

Jerawat merupakan masalah umum yang terjadi diusia remaja menjelang dewasa. Jerawat bisa disebabkan karena perubahan hormonal dari dalam tubuh. Bisa juga karena faktor genetik dari orang tua. Banyak cara untuk menghilangkan jerawat baik dengan bantuan resep dokter maupun menggunakan cara yang alami. Cara alami memiliki keuntungan dari segi harga yang terjangkau, aman tanpa efek samping. Salah satu bahan alami yang dipercaya sejak dulu untuk membantu menghilangkan jerawat adalah tepung beras. Karena tepung beras memiliki senyawa protein yang membantu proses penyembuhan jerawat lebih cepat.

Artikel terkait :

4. Kulit bercahaya

Selanjutnya manfaat tepung beras yang tidak kalah penting bagi kecantikan adalah membuat kulit tampak bercahaya. Wanita mana yang tidak ingin memiliki kulit yang bercahaya. Memiliki kulit yang bercahaya butuh usaha dan kerja yang nyata. Mulai dari perawatan yang mahal dengan menggunakan krim – krim malam dan siang. Rajin mendatangi klinik kecantikan yang menawarkan kulit bercahaya dalam waktu singkat. Hanya saja untuk itu perlu diperhatikan keamanan dan komposisi dari produk. Namun ada bahan alami yang lebih aman yaitu tepung beras. Jika anda ingin mencobanya anda dapat membuat sendiri di rumah.

Artikel terkait :

5. Mengencangkan kulit wajah

Tepung beras yang dibuat sebagia masker untuk wajah juga bermanfaat untuk membantu mengencangkan kulit wakah anda. Pengencangan kulit wajah berguna untuk mengatasi penuaan dini akibat paparan radikal bebas di udara. Kulit wjah yang kencang akan membuat anda tampil lebih awet muda dari usia yang sebenarnya.

Artikel terkait :

Nah itulah beberapa ulasan mengenai penggunaan masker dari tepung beras untuk mendapatkan kulit yang sehat, terawat dan bercahaya.

Cara Membuat Tepung Beras Untuk Kecantikan

Tepung beras terbuat dari beras asli yang telah mengalami proses sebelumnya yang juga dilakukan dengan cara manual. Adapun langkah – langkah untuk membuat tepung beras berikut ini ulasannya :

  • Sediakan beras secukupnya.
  • Bersihkan beras dengan di cuci sebanyak 3 kali.
  • Rendam beras selama satu malam baru kemudian di angkat dan dihaluskan. Bisa dengan cara tradisional maupun dengan menggunakan mesin.
  • Beras yang sudah dihaluskan kemudian disebut dengan tepung beras.
  • Tepung beras kemudian di beri air mawar yang sebelumnya sudah dibiarkan satu malam. Di aduk hingga rata baru kemudian di bulatkan.
  • Setelah dibulatkan adonan tepung beras tadi dijemur di baawh sinar matahari hingga mengeras.
  • Setelah mengeras tepung beras untuk kecantikan dapat digunakan sebagai masker untuk memperindah wajah.

Penggunaan tepung beras untuk kecantikan ini dapat dilakukan sebanyak dua kali dalam seminggu dan dapat dipakai menjelang tidur hingga pagi hari.

Manfaat Tepung Beras Untuk Kesehatan

Tepung beras juga memiliki manfaat dibidang kesehatan untuk menjaga kesehatan tubuh tetap prima dan fit. Berikut ini manfaat tepung beras untuk ksehatan anda :

1.Diet

Memiliki bentuk tubuh yang ideal seperti seorang model tentu butuh cara dan trik yang khusus. Mulai dari pemilihan makanan yang sehat dan juga olahraga yang rutin dilakukan. Diet harus dilakukan dengan cara yang benar agar tidak membawa dampak yang negatif nantinya bagi kesehatan. Pola hidup sehat tetap hari dilakukan dan makan memang harus tiga kali sehari. Namun pastikan bahwa kalori yang masuk ke dalam tubuh sesuai dengan kebutuhan sehari – hari. Perhitungan tentang diet sehat juga terdapat rumusn idealnya. yang mana rumus diideal untuk menentukan berat badan idela adalah tinggi badan – 110 = hasil. Hasil tersebutlah yang akan menjadi patokan berat badan yang ideal untuk anda. Konsumsi makanan berbahan dasar tepung beras ternyata tidak akan membuat anda gendut selama konsumsinya dilakukan sesuai dengan kebutuhan. Kebutuhan untuk melaksanakn tugas sehari – hari.

Artikel terkait :

2. Pencernaan

Memiliki masalah pencernaan berhubungan dengan proses buang air besar yang tidak rutin setiap hari. Sistem pencernaan membutuhkan serapan dari makanan yang kaya akan vitamin dan mineral yang dapat menutrisi sistem pencernaan itu sendiri. Karena sistem pencernaan sangat sensitif terhadap makanan yang tidak cocok. Contohnya adalah diare yang disebabkan karena makanan yang masuk ke dalam tubuh sudah terkena infeksi virus penyebab diare. Konsumsi makanan yang berbahan dasar tepung beras dapat membantu menyehatkan sistem pencernaan selama di konsumsi sesuai dengan jumlah yang di butuhkan oleh tubuh anda.

Artikel terkait :

3. Kaya akan serat

Satu lagi manfaat tepung beras untuk kesehatan adalah dengan memberikan serat bagi tubuh. Fungsi serat bagi tubuh sangatlah banyak salah satunya saja adalah untuk melancarkan sistem pencernaan. Serat tidak hanya terdapat pada buah – buahan dan sayur – sayuran namun juga terdapat pada tepung beras. Terpenuhinya asupan serat bagi tubuh akan membantu melancarkan sistem pencernaan anda.

Artikel terkait :

Demikianlah ulasan mengenai manfaat tepung beras bagi kesehatan yang bisa mengatasi beberapa masalah yang berhubungan dengan kesehatan jangka panjang. Ingatlah selalu bahwa kesehatan lebih penting dari segala apa yang ingin anda capai. Karena jika tidak sehat sangat mustahil dapat mencapai impian anda.

, , , ,
Post Date: Monday 31st, October 2016 / 07:03 Oleh :
Kategori : Kesehatan