Sponsors Link
     Sponsors Link

8 Manfaat Mengkonsumsi Rumput Laut Kering

Sponsors Link

Rumput laut merupakan jenis flora yang hidup dan tumbuh di daerah pantai atau pada karang yang mati di dekat pantai. Sebenarnya rumput laut ini disebut gulma laut dalam bahasa botani dan cukup sering dibudidayakan oleh para nelayan untuk selanjutnya dijual dalam keadaan kering ke berbagai daerah. Adapun manfaat dari rumput laut kering adalah sebagai berikut:

  1. Mengontrol Berat Badan

Pada rumput laut kering terdapat unsur serat yang dinamakan Alginat yaitu serat alami yang dapat membantu melancarkan pencernaan serta mengurangi penyerapan lemak pada tubuh. Tidak heran rumput laut ini dapat membantu tubuh menjaga berat badan ideal serta mengurangi resiko obesitas.

Baca juga:

  1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Tingginya nutrisi baik pada rumput laut dapat menjaga kondisi tubuh serta meningkatkan daya tahan tubuh terhadap serangan infeksi serta virus yang selalu mengintai dan menyebabkan berbagai masalah kesehatan.

Baca juga:

  1. Pengganti Garam

Kandungan yodium pada rumput laut kering dapat berperan seperti halnya yodium pada garam. Yodium ini sangat diperlukan oleh tubuh untuk membantu fungsi tiroid dan metabolisme tubuh dalam pembakaran lemak menjadi energi.

Baca juga: Manfaat Yodium – Manfaat Minum Air Garam

  1. Mencegah Anemia

Diketahui bahwa ada beberapa jenis dari rumput laut yang memiliki zat besi di dalamnya sehingga dapat membantu tubuh meningkatkan produksi sel darah merah agar tubuh tidak mengalami kekurangan darah atau yang dikenal dengan anemia.

Baca juga:

sponsored links
  1. Mempercepat Penyembuhan Luka

Rumput laut kering juga dapat mempercepat proses penyembuha pada luka karena mengandung vitamin K yang cukup tinggi. Vitamin K ini mampu membuat trombosit menggumpal sehingga aliran darah dapat terhenti pada luka.

Baca juga: Manfaat Vitamin K – Manfaat Telur Untuk Luka Jahitan

  1. Mencegah Pengeroposan Tulang

Tulang yang sehat adalah tulang yang tidak kekurangan asupan kalsium sehingga kepadatannya dapat terjaga. Kepadatan tulang ini akan menentukan kekuatan tulang dan kondisinya sampai usia lanjut. Tulang yang kekurangan gizi dapat mengeropos dan mengakibatkan penyakit osteoporosis di kemudian hari.

Baca juga:

  1. Mencegah Kanker

Rumput laut kering juga mengandung unsur antioksidan seperti vitamin C yang dapat membantu melawan pertumbuhan sel kanker pada tubuh. Antioksidan ini juga dapat memberi efek positif pada kesehatan kulit dan mencegah radikal bebas.

(Baca juga : Manfaat Asinan Sayuran )

  1. Mengobati Diabetes

Baru-baru ini terdapat penelitian yang mengemukakan bahwa rumput laut dapat mengobati penyakit diabetes. Menurut Dr. Mokato, peneliti di Tokyo Medical Journal, dengan mengkonsumsi rumput laut kering secara rutin dapat membantu sembuhkan penyakit diabetes secara alami tanpa obat-obatan kimia.

(Baca juga : Manfaat Gula Aren Untuk Diabetes – Manfaat Bengkoang Untuk Diabetes

Manfaat rumput laut kering memang cukup banyak untuk menunjang kesehatan tubuh. Rumput laut kering ini sering kali digunakan untuk berbagai olahan pangan baik di rumah tangga maupun di pabrik.

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Friday 30th, December 2016 / 00:25 Oleh :
Kategori : Tumbuhan