Sponsors Link

19 Manfaat Protein Untuk Tubuh Yang Valid

Sponsors Link

Manfaat protein yang paling terkenal adalah fungsinya untuk otot dan tenaga manusia. Protein menjadi salah satu zat yang dibutuhkan oleh tubuh. Banyak orang yang mengalihkan menu karbohidrat menjadi protein. Langkah ini biasanya dilakukan untuk membentuk fisik badan yang lebih baik dan mengurangi jumlah lemak dalam tubuh. Bahkan beberapa orang juga mulai melakukan diet dengan makanan yang mengandung protein tinggi. Jadi, apakah protein benar-benar bermanfaat untuk tubuh kita. Berikut ini adalah berbagai fakta penting tentang protein dan manfaatnya.

ads

Fakta Kekuatan Protein untuk Tubuh

Protein merupakan salah satu jenis zat yang dibutuhkan oleh tubuh bahkan oleh semua sel yang ada dalam tubuh. Tubuh membutuhkan protein untuk mengembangkan dan memperbaiki jaringan tubuh termasuk seperti bagian kuku dan rambut. Selain itu protein juga dibutuhkan untuk memproduksi hormone , enzim dan berbagai jenis zat kimia yang dibutuhkan oleh tubuh. Protein juga memiliki peran yang sangat penting untuk pembentukan otot, tulang, kulit dan darah.


Mengapa Tubuh Membutuhkan Protein

Jika dibandingkan dengan lemak dan karbohidrat maka tubuh lebih banyak memerlukan protein. Protein termasuk dalam golongan makronutrien. Tubuh tidak memiliki kemampuan untuk menyimpan protein seperti lemak dan karbohidrat. Karena itulah asupan protein selalu dibutuhkan oleh tubuh. setiap orang memiliki kebutuhan protein yang berbeda-beda. Semua ini ditentukan sesuai dasar usia dan kegiatan. Sementara ibu hamil membutuhkan protein sebesar 75 gram per hari.


Protein adalah salah satu zat yang sangat penting untuk mahluk hidup. Protein mengendalikan pertumbuhan dan pembangunan kekuatan. Selain itu protein tidak bisa disimpan dalam tubuh sehingga asupan protein harus cukup sesuai dengan kebutuhan. Protein dikenal dalam beberapa bentuk asam amino. Berikut ini beberapa jenis asam amino yang terdapat dalam sumber makanan protein.

  • Asam Amino Esensial. Asam amino esensial adalah salah satu jenis asam amino yang tidak dapat disentesis dalam tubuh. asam amino ini harus didapatkan dari sumber makanan. Beberapa jenis asam amino esensial adalah seperti isoleusin, valin, treonin, lisin, leusin, metionin, triptofan dan fenilalanin.
  • Asam Amino Non Esensial. Asam amino non esensial adalah jenis asam amino yang bisa didapatkan atau diproduksi oleh tubuh. Beberapa jenis asam amino ini adalah seperti hidrogen, oksigen dan karbon yang berasal dari zat makanan. Beberapa jenis asam amino non esensial yang dibutuhkan oleh tubuh adalah seperti sistein, alanin, sistin, arginin, asam glutamate, glisin, histidin, serin, prolin, glutamin dan tirosin.

Proses Pencernaan Protein dalam Tubuh

Manfaat proteinProtein diolah dalam tubuh ketika sudah masuk ke bagian perut, atau saluran pencernaan yang berada dalam perut. Protein akan dibaca oleh asam kemudian akan diproses dengan bantuan enzim.

Protein akan masuk ke bagian usus kecil dimasukkan dalam jenis kelompok asam amino tunggal yang akan diserap oleh darah. Semua jenis protein yang tidak diolah oleh enzim dalam pencernaan akan dibutuhkan oleh darah. Berikut adalah manfaat protein untuk tubuh dan berbagai kebutuhan kesehatan dan ibu hamil lainnya.

1. Protein untuk Pembentukan Janin

Protein berguna sepanjang kehamilan untuk membantu membangun pertumbuhan berbagai jenis organ seperti otak, sistem pernafasan, tulang, otot dan sistem pembentukan tubuh. protein yang cukup selama kehamilan akan membantu ibu hamil bisa memiliki bayi sehat dan tidak kekurangan nutrisi. Kebutuhan protein untuk ibu hamil adalah sekitar 75 gram per hari. Kebutuhan ini harus tercukupi dari berbagai jenis makanan agar tubuh ibu hamil dan janin sehat.

2. Protein Mengurangi Depresi

Sepanjang kehamilan tubuh ibu hamil membutuhkan nutrisi yang sangat penting. Protein akan semakin dibutuhkan pada trimester akhir untuk mencegah depresi karena kelelahan atau kondisi kehamilan yang semakin berat. Asupan protein juga harus seimbang dengan asam lemak omega 3 yang bisa mendukung kecerdasan otak dan fungsi syaraf.

Baik untuk mengurangi depresi:

3. Protein untuk Pemeliharaan Sel Tubuh

Protein juga sangat penting untuk memelihara sel tubuh yang sehat. Selama kehamilan maka ibu hamil membutuhkan jumlah protein yang lebih tinggi dibandingkan wanita biasa. Protein menjadi asupan yang sangat baik untuk memproduksi dan menggantikan sel-sel tubuh yang sudah mati. Dengan protein yang cukup maka ibu hamil bisa tetap sehat sepanjang kehamilan.

Baik untuk pemeliharaan sel:

4. Protein Mendukung Metabolisme Tubuh

Proses metabolisme membutuhkan dukungan yang kuat dari protein. Metabolisme akan membentuk tubuh yang sehat karena semua proses pencernaan, penyerapan nutrisi dan pengolahan berbagai zat yang masuk ke organ tubuh bisa dilakukan dengan baik. Metabolisme juga akan mendukung proses fisiologis sehingga tubuh menjadi lebih kuat.

Baik untuk sistem metabolisme:

5. Protein Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Protein menjadi zat yang penting untuk meningkatkan kekebalan tubuh. sistem imunitas mendapatkan dukungan dari berbagai jenis organ tubuh yang sehat, tubuh mampu melindungi dari serangan kuman, bakteri dan parasit. Selain itu protein juga akan meningkatkan kemampuan sistem syaraf.

Baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh:

6. Protein Menghasilkan Tenaga

Protein menjadi zat yang baik untuk tubuh terutama untuk membantu pembentukan tenaga. Berbagai jenis makanan yang mengandung karbohidrat dan lemak diperlukan tubuh sebagai cadangan energi. Namun semua proses itu tidak bisa dilakukan tanpa protein. Protein membantu tubuh dalam mengolah energi dari kalori dan berbagai jenis sumber makanan lain.

Baik untuk sumber energi:

7. Protein Meningkatkan Kesehatan Jantung

Protein ternyata juga sangat penting untuk memelihara kesehatan jantung. Protein bisa membentuk perlindungan khusus bagi tubuh dengan menstabilkan kandungan kolesterol dalam tubuh yang didapatkan dari makanan. Protein bisa mengancam jenis kolesterol buruk yang bisa menyebabkan resiko penyakit jantung. Jadi, protein penting untuk membuat kesehatan jantung ibu hamil dan janin menjadi lebih baik dan terhindar dari berbagai resiko penyakit jantung lain.

Baik untuk kesehatan jantung:

8. Protein Meningkatkan Kesehatan Kulit, Rambut dan Otot

ads

Ibu hamil banyak mengalami masalah yang berhubungan dengan kondisi kesehatan kulit, rambut dan otot yang mudah lelah. Protein akan membantu ibu hamil agar memiliki kulit yang elastis dan sehat yang bisa membantu ibu dalam menghadapi persalinan. Protein juga mengembangkan pembangunan yang sangat penting terutama untuk sel – sel yang bekerja untuk rambut dan kulit. Bahkan protein mengembangkan zat yang baik untuk memperbaiki kesehatan otot, masa otot dan kekuatan tulang.

Baik untuk meningkatkan kesehatan kulit

9. Protein Meningkatkan Energi

Protein dibutuhkan oleh tubuh dalam jumlah yang besar dan protein tidak bisa didapatkan dari dalam tubuh. Asupan protein akan membuat tubuh memiliki banyak energi yang bisa berperan untuk mendukung berbagai macam aktivitas harian. Protein berperan penting untuk mengembangkan daya ingat, memori dan berbagai macam aktivitas fisik.

Manfaat protein bagi tubuh dan kesehatan antara lain juga berdampak pada berbagai anggota tubuh, berikut adalah khasiatnya yang luar biasa.

  1. Media perambatan impuls saraf
  2. Mempercepat reaksi biologis dalam bentuk enzim
  3. Meneruskan sifat keturunan derbentuk gen dalam kromosom.
  4. Mengatur keseimbangan kadar asam yang terdapat pada darah
  5. Pembentukan sel otot
  6. Zat pembangun tubuh
  7. Menguatkan sel jaringan baru
  8. Membantu menyeimbangkan produksi hormon
  9. Membentuk sel jaringan baru
  10. mencegah penyakit kwasiorkor dan penyakit akibat kekurangan protein lainnya

Manfaat protein memang cukup vital untuk tubuh, jika anda kekurangan protein, maka akan ada efek yang dirasakan tubuh anda.

Tanda-Tanda Kekurangan Protein

Tanpa disadari tubuh kita bisa kekurangan protein. Berbagai jenis konsumsi makanan yang tidak seimbang akan menyebabkan tubuh mengalami kekurangan protein. Jika hal ini terjadi, maka tubuh akan mudah terserang penyakit dan tubuh tidak akan nyaman digunakan untuk aktivitas. Berikut ini beberapa gejala yang disebabkan karena kekurangan protein.

  1. Keinginan untuk mengkonsumsi makanan manis berlebihan.
    Jika tubuh kekurangan protein maka secara otomatis Anda ingin mengkonsumsi makanan manis. Protein memiliki fungsi yang sangat penting untuk menjaga kadar gula dalam darah. Jika kekurangan protein maka bisa menyebabkan ingin makan yang lebih mengenyangkan. Selain itu tubuh akan terasa seperti keinginan air yang berlebihan.
  2. Otak Kurang Fokus. Jika kekurangan protein maka tubuh akan memiliki kadar gula yang berlebihan dalam darah. Hal inilah yang menyebabkan otak kurang konsentrasi dan biasanya ibu hamil tidak bisa mengerjakan berbagai aktivitas.
  3. Rambut Rontok. Protein memiliki fungsi yang penting untuk memelihara kesehatan kulit dan rambut. Jika tubuh mengalami kekurangan protein maka bisa menyebabkan rambut rontok dan kulit yang kusam. Kondisi ini akan semakin berat untuk ibu hamil karena kemungkinan janin juga akan mengalami kekurangan nutrisi.
  4. Tubuh Sering Terasa Lemah. Protein memiliki fungsi yang sangat penting untuk membangun sistem fungsi otot. Kekurangan protein dapat menyebabkan tubuh bisa menjadi lemah dan tidak bertenaga. Ibu hamil yang mengalami kondisi ini akan merasa seperti kekurangan nutrisi dan kurang bersemangat.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Tuesday 28th, April 2015 / 14:21 Oleh :
Kategori : Nutrisi