Sponsors Link

8 Manfaat Minum Air Putih yang Banyak Setiap Hari

Sponsors Link

Air putih merupakan air minum yang paling sering dikonsumsi manusia di seluruh dunia. Khasiatnya begitu beraneka ragam, bahkan berbagai jenis minuman lain yang dianggap bermanfaat bagi tubuh nyatanya tidak dapat menggantikan peranan air putih bagi kesehatan tubuh. Kandungan berbagai mineral dalam air putih tidak dapat digantikan oleh berbagai jenis minuman lainnya. Lalu apa saja kandungan mineral dalam air putih?

ads

Kandungan Mineral dalam Air Putih

  • Fluorida : fluorida merupan mineral yang berperan untuk mencegah pembentukan caries pada gigi. Selain itu, fluorida juga berperan menjaga kekuatan tulang.
  • Natrium : nutrisi ini penting untuk menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh kita. Tidak heran jika infus yang digunakan untuk orang sakit mengandung banyak natrium, karena natrium tersebut menjaga agar orang sakit tidak dehidrasi dan cairan dalam tubuhnya tetap stabil.
  • Kalsium dan Magnesium : zat ini penting untuk menjaga kesehatan jantung, tulang, dan juga pembuluh darah dalam tubuh.
  • Sillica : nutrisi ini berperan untuk menjaga kulit kita agar selalu lembab. Sillica dapat menjaga keutuhan kulit kita.
  • Zinc : manfaat zinc berperan sebagai co-enzim. Zinc membantu kinerja 300 enzim dalam tubuh kita. Selain itu, zinc juga berperan untuk menjaga daya tahan tubuh dan fungsi saraf otak.

Penjelasan di atas telah memaparkan kandungan nutrisi apa saja yang terdapat dalam air putih. Konsumsi banyak air putih terbukti mampu menjaga kesehatan tubuh dan menjaga kesehatan kulit.

Air Putih Kesehatan Tubuh

1. Mencegah Tubuh Kekurangan Cairan

60% lebih tubuh kita terdiri atas cairan. Minum air putih dapat menjaga kestabilan jumlah cairan dalam tubuh. Cairan yang ada dalam tubuh kita berfungsi untuk membantu proses pencernaan, sirkulasi darah, penyerapan, produksi air liur, serta transportasi nutrisi ke seluruh organ tubuh. Jika tubuh kita kekurangan cairan, sudah tentu kinerja tubuh akan terganggu. 90% bagian otak kita juga berupa cairan.

Untuk itu saat kekurangan cairan, otak kita akan mengalami kesulitan dalam berpikir. Selain itu, kepala juga akan terasa sakit atau pusing saat kekurangan cairan. Saat cuaca panas, tubuh akan mengeluarkan keringat guna menjaga suhu tubuh tetap stabil. Untuk itu, minumlah banyak air putih saat cuaca panas agar cairan yang keluar melalui keringat dapat segera tergantikan.

2. Menjaga Sistem Pencernaan

Pernah mengalami sembelit? Sembelit bisa jadi disebabkan karena asupan air putih ke dalam tubuh kurang. Cairan yang cukup, akan membuat kinerja ginjal menjadi normal sehingga tidak terjadi sembelit. Untuk itu, konsumsilah air putih secara teratur agar ginjal sehat dan tidak mengalami sembelit.

3. Menjaga Berat Badan

Konsumsi banyak air putih sering dilakukan oleh mereka yang sedang diet. Bagi mereka yang malas dan jarang minum air putih, berat badan mereka akan cenderung lebih mudah naik. Cairan tubuh yang cukup akan membantu kinerja ginjal lebih optimal. Akan tetapi, jika konsumsi air putih kurang, kinerja ginjal juga akan terganggu dan tidak optimal.

Alhasil, kinerja ginjal sebagian akan dialihkan ke hati. Dalam tubuh kita, hati berfungsi untuk mengolah lemak. Jika kinerja hati semakin banyak karena mengambil sebagian fungsi ginjal, maka kinerjanya dalam mengolah lemak juga akan tergganggu, akibatnya lemak lebih mudah tertimbun dalam tubuh dan mengakibatkan berat badan berlebih.

4. Menangkal Berbagai Penyakit

Makin banyak beraktifitas, biasanya tubuh kita lebih rentan terkena penyakit. Penyakit-penyakit tersebut muncul karena banyaknya racun yang masuk dalam tubuh. Dengan banyak mengonsumsi air putih, daya tahan tubuh akan lebih terjaga. Racun-racun yang bersarang dalam tubuh akan diangkut oleh air dan dibawa keluar bersama dengan urin.

ads

5. Menjaga Kesehatan Otot

Otot kita terdiri atas 70% cairan. Menjaga kestabilan cairan dalam tubuh dapat membantu kinerja otot. Minum air putih dapat membantu memenuhi kebutuhan cairan otot dan dapat mencegah terjadinya kram otot serta, menjaga kontraksi otot. Kinerja cairan tersebut akan terlihat saat kita melakukan olah raga. Dengan dibantu pemenuhan cairan yang cukup, olah raga akan memperkuat jaringan otot tubuh.

Air Putih bagi Kulit

1. Mencegah Keriput

Air putih dapat mencegah keriput pada kulit kita. Dalam kinerjanya, air sangat penting untuk menjaga kelembaban kulit dan menutrisi sel-sel kulit, mengisi ulang jaringan pada kulit, dan menambah elastisitas kulit. Manfaat minum putih yang banyak akan mencegah timbulnya tanda-tanda penuaan seperti keriput dan noda hitam pada kulit.

2. Menjaga Kesehatan Kulit

Minum air putih dapat mencegah terjadinya gangguan kesehatan kulit seperti psoriasis dan eksim. Cairan tubuh yang terpenuhi akan membantu sistem metabolisme tubuh dan juga membantu keluarnya racun dari tubuh. Pada akhirnya, kulit akan tetap sehat, lebih lembab dan bersinar.

3. Mencerahkan Kulit

Minum air putih yang cukup akan membantu kulit terhidrasi dengan baik. Hidrasi tersebut pada akhirnya akan membuat kulit terjaga kecerahan dan juga kesehatannya.

Cara Benar Mengkonsumsi Air Putih

Manfaat minum air putih yang banyak setiap hari sangat baik bagi kesehatan tubuh. Namun jangan salah persepsi, minum air putih dalam jumlah banyak dan dalam satu waktu secara bersamaan justru dapat mengganggu kesehatan. Terlalu banyak cairan yang masuk ke dalam tubuh justru akan memperberat kinerja ginjal dalam memfilter cairan yang masuk. Memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh memang merupakan hal yang penting untuk menjaga kesehatan. Namun, pemenuhannya harus dilakukan dengan benar dan juga secara bertahap agar kesehatan justru tidak menurun.

Konsumsi air putih yang dianjurkan adalah 8 gelas per hari atau 2 liter per harinya. Aturan minum air putih setiap harinya yang tepat dapat dilihat melalui pemaparan berikut.

  • Minumlah satu gelas air putih saat bangun tidur. Anda bisa meminum air putih sebelum menyikat gigi dan makan pagi. Manfaat air putih tersebut sangat penting untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang ketika Anda tidur.
  • Minumlah satu gelas air putih saat akan berangkat bekerja atau beraktifitas.
  • Minum satu gelas air putih saat bekerja atau dalam lingkup berkegiatan, yakni sekitar pukul 11.00. Ketika Anda bekerja kurang lebih selama 3 jam, cairan tubuh akan berkurang. Minum air putih dapat membantu menggantikan cairan tubuh yang hilang.
  • Satu gelas air putih yang keempat dapat diminum saat makan siang atau sekitar 30 menit sebelum makan siang.
  • Dua gelas air putih masing-masing antara pukul 14.00 dan 17.00.
  • Satu gelas air putih yang ketujuh diminum sekitar satu jam sebelum makan malam atau sekitar pukul 18.00.
  • Satu gelas terakhir diminum saat menjelang tidur atau sekitar pukul 20.00.

Itulah beberapa aturan tepat minum air putih setiap harinya. Dari pemaparan tersebut, air putih sangat penting untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang akibat aktivitas tertentu, juga untuk berperan membantu proses pencernaan.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

,
Post Date: Thursday 14th, January 2016 / 08:21 Oleh :
Kategori : Kesehatan