Sponsors Link

Manfaat Manggis Untuk Diet Sehat

Sponsors Link

Memiliki berat badan ideal dan proporsional merupakan idaman semua orang, terlebih wanita. Dengan tubuh yang idela akan meningkatkan rasa percaya diri ketika berada dilingkungan bersama dengan orang banyak. Banyak cara dilakukan beberapa orang yang memiliki berat badan berlebih untuk menurunkan atau mengilangkan lemak dalam tubuh. Ada sebagian orang yang menggunakan obat diet untuk menurunkan berat badan. Padahal obat diet biasanya mengandung bahan kimia yang dapat menimbulkan efek samping, baik secara langsung maupun dalam tempo jangka panjang.

ads

artikel terkait:

Namun beberapa orang memilih diet dengan mengkonsumsi buah buahan. Cara ini mungkin lebih tepat karena dapat menyehatkan tubuh dan tidak memiliki efek samping. Salah satu buah yang dapat digunakan untuk diet adalah manggis. Selain dikenal sebagai salah satu buah yang dapat digunakan secara efektif untuk mengatasi penyakit kanker, buah manggis juga dipercaya memiliki kandungan yang dapat mengatasi masalah berat badan.

Diet Dengan Buah Manggis

Manggis menjadi salah satu buah yang dapat digunakan untuk diet karena mengandung serat yang tinggi serta memiliki kandungan air yang banyak. Kandungan serat dalam buah manggis dapat melancarkan pencernaan sehingga tidak ada makanan yang menumpuk di dalam saluran pencernaan. Sedangkan kandungan air dalam buah manggis mampu meningkatkan metabolisme dalam tubuh. Peningkatan metabolisme ini juga lah yang dapat memecah lemak dalam tubuh. Sehingga kandungan lemak dalam tubuh dapat berkurang.

Selain itu, buah manggis memiliki kandungan alami yang dapat berfungsi untuk menekan nafsu makan. Itulah sebabnya, mengapa terkadang setelah memakan buah manggis kemudian dalam beberapa saat tidak merasakan lapar, bahkan tidak ingin makan. Kenapa bisa demikian? Hal ini disebabkan karena kandungan yang ada di dalam buah manggis dapat meningkatkan glikogen sintetitis. Apabila glikogen dalam tubuh terpenuhi, glikogen akan mempengaruhi otak untuk menekan nafsu makan.

artikel terkait: manfaat kangkung untuk dietmanfaat apel hijau untuk dietmanfaat jeruk nipis dan madu

Diet Dengan Kulit Manggis

Tidak hanya diet dengan buah manggis, namun kulit manggis juga dapat digunakan untuk diet. Proses diet yang akan memakan banyak vitamin dapat digantikan dengan asupan vitamin yang ada dalam kulit manggis. Tidak hanya buahnya, vitamin dalam kulit manggis juga dapat memecahkan lemak dalam tubuh. Dengan berkurangnya lemak yang ada di dalam tubuh, maka berat badan akan tetap terjaga dengan baik.

artikel terkait: manfaat teh hijau kepala jenggot

ads

Cara Mengolah Buah Manggis Untuk Diet

Untuk mengolah buah manggis untuk diet perlu memerlukan beberapa proses yang cukup mudah. Hanya perlu menyiapkan bahan bahan sebagai berikut :

  1. Siapkan 1 buah manggis yang bagus dan tidak busuk, serta sediakan madu sekitar 4 sendok.
  2. Cuci buah manggis hingga bersih dan hilangkan kelopka buah manggis yang berwarna hijau.
  3. Buang kulit luar buah manggis yang biasanya keras. Namun jangan buang semua kulitnya, kulit bagian dalam tetap diperlukan.
  4. Setelah dikupas, masukkan buah maggis beserta kulitnya di dalam blender dan menambahkan 4 sendok madu, atau sesuai selera.
  5. Jangan lupa tambahkan air dalam campuran mangis dan madu tersebut.
  6. Lakukan proses blender hingga semua tercampur menjadi satu.
  7. Minum jus manggis ini 3 kali dalam sehari namun harus sesuai takaran. Takaran jus untuk pagi dan siang hanya 3 sampai 4 sendok makan. Sedangkan pada malam hari dapat meminum 1 gelas jus manggis sebelum tidur.

Apabila tidak suka dengan rasa dari jus dari buah manggis beserta kulitnya, dapat ditambahkan beberapa buah lainyya seperti lemon, anggur, apel dan lainnya. Bahan diet alami ini menimbulkan efek yang tidak enak di dalam perut dalam beberapa saat setelah mengkonsumsinya. Jus buah manggis dapat diminum dalam keadaan kulit kosong. Namun, apabila memiliki riwayat penyakit maag, mengkonsumsi jus manggis wajib diminum setelah makan dan daam keadaan perut terisi makanan. Meskipun mengkonsumsi jus buah menggis dapat menimbulkan efek yang tidak nyaman dalam tubuh, jus buah manggis dapat mengatasi masalah pencernaan yang terjadi.

artikel terkait: manfaat daun seledri untuk dietmanfaat daun sirsak untuk diet

Cara Mengolah Kulit Manggis Untuk Diet

Selain buahnya, kulit manggisnya saja juga dapat berkhasiat untuk diet. Cara untuk mengolah kulit manggis adalah sebagai berikut:

  1. Siapkan 2 kulit manggis yang sudah dicuci bersih.
  2. Rebus kulit manggis yang sudah bersih tersebut dalam air 400 cc atau 2 gelas.
  3. Rebus hingga mendidih dan menyisakan 1 gelas saja.
  4. 1 gelas rebusan air kulit manggis dapat diminum 2 kali dalam sehari. Takaran minumnya yakni ½ gelas sekali minumnya.
  5. Dengan mengkonsumsi ramuan kulit manggis secara rutin juga dapat menurunkan berat badan, karena kandungan vitamin dalam kulit manggis dapat memecah lemak dalam tubuh.

Memanfaatkan bahan alami untuk mengatasi masalah dalam tubuh perlu dicoba bag yang belum pernah mencobanya. Salah satu masalah yang dialami seperti masalah berat badan yang diatasi dengan ramuan alami akan jauh menimbulkan manfaat bagi kesehatan lainnya. Hal ini disebabkan karena bahan alami tidak menimbulkan efek samping yang berbahaya, layaknya obat kimia untuk diet.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Monday 10th, October 2016 / 12:25 Oleh :
Kategori : Buah Buahan