Sponsors Link
     Sponsors Link

9 Manfaat Kopi untuk Diet

Sponsors Link

manfaat kopi untuk dietKopi merupakan salah satu minuman favorit bagi masyarakat Indonesia. Baik untuk usia remaja, bahkan hingga mereka yang tua menyantap kopi memiliki cita rasa tersendiri. Bahkan seiring dengan modernisasi zaman, variasi kopi juga lebih berkembang. Anda tidak lagi hanya menemukan kopi hitam seperti yang biasa simbah kakek nenek anda konsumsi setiap di pagi hari. Sekarang sudah banyak jenisnya.

Misal kopi luwak, white coffe, coffe late, Arabian, moccachino coffe, kopi susu, dan sebagainya. Pecintanya juga semakin berkembang dan banyak, sebab mereka sudah memiliki rasa yang berbeda. Tak asing lagi kalau sekarang anda menemui di pinggir jalan kedai coffe atau coffe bean yang mengundang selera.


Komposisi Kopi

Ada beragam jenis tipe kopi yanag dijual dipasaran. Misal Arabica yang memuliki bijih besar dengan kandungan Karen 1,1 %. Selain itu ada jenis robusta yang ditandai dengan bijih kecil mengandung kafein 2,2 %. Komposisi lain yang cukup kuat selain kafein adalah flavonoid, asam chlorogenik, antioksidan, dan beberapa kopi yang dibuat langsung mengandung kafestol serta kahweol.


Penelitian Kopi untuk Diet

Kabar gembira untuk anda yang menyukai kopi dan yang memiliki kelebihan berat badan diatas ideal. Pasalnya menurut penelitian terakhir yang dilakukan oleh Katherine Zeratsky, RD, LD (ahli nutrisi dari Mayo Clinic) menjelaskan bahwa kafein mampu membantu sedikit menurunkan berat badan serta mencegah kenaikan berat badan sendiri. (dilansir di kompas.com, 6 Desember 2011). Oleh karena itu kopi memiliki daya fungsi potensi untuk diet. Seperti apakah kopi yang dimaksud?


1. Menurunkan berat badan

Salah satu komponen yang pasti ada dalam kopi adalah zat kafein. Zat ini yang membuat anda ketagihan sebab efek samping dari kafein sendiri adalah menimbulkan sifat candu. Ternyata kafein dalam manfaat kopi untuk diet dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Sehingga kerja sistem tubuh juga semakin cepat.

Oleh karena itu tubuh memerlukan banyak kalori yang harus dibakar. Akibatnya banyak lemak yang harus dikorbankan sebagai penyedia energi. Dari segi inilah kafein mampu menstimulasi tubuh untuk melakukan pembakaran lebih banyak.

2. Menu untuk Diet

Anda merasakan pahit pada kopi? Yap itulah yang membuat kopi cocok dijadikan menu untuk diet. Rasa pahit tersebut menjadi indikasi bahwa kandungan kalori yang rendah. Sehingga mengurangi resiko dari kegemukan. Lain cerita kalau anda tetap menjadikan kopi dengan rasa manis. Anda memasuki program diet, namun masih menggunakan gula yang memicu tingginya kalori. Cara ini gagal untuk menjadikan kopi menu diet.

3. Pengisi perut

Kopi meskipun memiliki kandungan rendah kalori serta minim gula, ternyata juga berpengaruh pada nafsu makan. Ketika anda meminum secangkir hangat kopi, rasa pahit tersebut membekas di lidah. Secara efek psikologis, mampu menurunkan tingkat nafsu makan anda. Oleh karena itu kebanyakan orang tua yang melewatkan sarapan pagi hanya dengan secangkir kopi sudah merasa kenyang.

4. Menjaga tubuh

Orang yang memasuki tahap diet, mereka mengurangi porsi makan nasi dan segala macam makanan yang mengandung banyak kalori. Kadang mereka memaksakan perut untuk tidak mengkonsumsi apapun, kecuali minuman. Salah satu solusi trik jitu anda dengan memilih manfaat kopi untuk diet. Kandungan antioksidan dalam flavonoid dan asam chlorogenik mampu menangkal radikal bebas. Sehingga membantu mempertahankan kesehatan tubuh.

5. Memperbaiki Mood

Banyak orang diet mengaku stress ketika diet yang dilakukan tak kunjung memberikan hasil. Mereka akan kehilangan mood apalagi untuk melakukan aktivitas kewajibanya. Salah satu menanggulanginya dengan secangkir kopi dapat memperbaiki mood anda. Menurut penelitian di Harvard, kandungan dopamine dan serotonin yang dihasilkan kafein mampu melepaskan diri dari otak dan membuat anda bahagia.

6. Mengurangi resiko Diabetes

Salah satu penyakit yang sering menjadi momok sekarang ini adalah diabetes. Sebab kebanyakan penderitanya memiliki kelebihan berat badan lebih. Manfaat kopi untuk diabetes dengan mengkonsumsi kopi sehari mencapai 4 cangkir mampu menurunkan resiko diabetes (bagi yang memiliki kelebihan berat badan). Hal ini terjadi karena asam chlorogenic dan trigonelline yang terkandung dalam kopi meningkatkan produktivitas insulin.

7. Mengurangi masalah kolesterol

Kolestrol sudah menjadi masalah umum bagi orang-orang yang memiliki kelebihan berat badan. Pasalnya kandungan makanan yang biasa mereka konsumsi memiliki kandungan kolestrol tinggi. Oleh karena itu, konsumsi kopi instan mampu mengontrol kolestrol anda. Sebab dalam kopi instan, kandungan cafestol dan kahweol sudah diserap dalam kertas.

8. Melangsingkan perut

Cara ini mungkin perlu dicoba, sebab manfaat kopi untuk diet digunakan untuk melangsingkan perut bukan dengan diminum. Namun anda menggunakannya seperti masker untuk bagian perut anda. Beberapa orang mengaku berhasil. Caranya dengan menyeduh kopi dengan air hangat. Lalu dioleskan pada bagian perut. Tunggu sekitar 30 menit lalu bilas dengan air hangat. Meski belum teruji secara klinis, tapi cara ini perlu dicoba.

9. Pengganti nasi sementara

sponsored links

Konsumsi kopi mampu digunakan untuk mengganti nasi. Sebab kandungan kafein memicu untuk membakar kalori lemak. Sehingga ketika sebelum olahraga anda meminum secangkir kopi, energi yang tersimpan cukup untuk stamina anda. Jadi sangat cocok untuk menggantikan nasi sementara waktu.

Perlu di ingat ketika anda mengkonsumsi kopi :

  • Penambahan gula dan krim cukup

Jika anda menyukai kopi dengan rasa pahit, tentu tidak memerlukan tambahan gula dan krim. Sayangnya jika anda sedang dalam program diet, penambahan gula terlalu banyak juga merusak program diet anda. Untuk itu solusinya tambahi takaran gula cukup saja.

  • Imbangi air putih

Kandungan dalam kopi mampu membuat diri anda dehidrasi. Untuk itu, setelah minum kopi imbangilah diri anda dengan meminum segelas air putih. Hal ini mencegah tubuh anda kekurangan air dan mineral.

  • Barengi makanan penetral

Sudah disebutkan bahwa manfaat kopi untuk diet mampu mencegahn selara makan. Meski begitu lantas anda hanya konsumsi segelas kopi tanpa apapun. Hal ini justru tidak baik untuk anda, bahkan merusak sistem tubuh. Solusinya dengan konsumsi makanan yang mengandung sayuran. Misalnya salad dan buah. Kedua makanan ini mampu melengkapi kebutuhan nutrisi anda.

  • Kendalikan Minum Kopi

Paling susah dilakukan adalah mengendalikan diri untuk tidak meminum kopi. Konsumsi setiap hari ternyata menaikkan resiko penyakit jantung. Kadar kafeinnya bekerja tidak baik pada tubuh jika anda terus-terusan dikonsumsi.

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Friday 29th, May 2015 / 02:57 Oleh :
Kategori : Minuman