Inilah 7 Manfaat Daun Jati Untuk Diet Sehat

Pohon jati banyak dimanfaatkan manusia untuk memenuhi berbagai kebutuhan hidup manusia. Selain kayu jati yang banyak digunakan sebagai bahan bangunan dan interior rumah, bagian pohon lain yang sering dimanfaatkan juga adalah daunnya. Daun jati sering digunakan sebagai pembungkus makanan yang lebih sehat dan alami. Tak hanya dijadikan sebagai pembungkus makanan saja, nyatanya daun jati juga bisa dikonsumsi sebagai nutrisi tambahan untuk membantu kelancaran program diet anda.

Tentunya tak semua jenis daun jati dapat di konsumsi, hanya daun jati cina dan daun jati belanda yang dapat dikonsumsi. Cara mengkonsumsi daun jati ini yang banyak dilakukan adalah menjadikannya sebagai teh daun jati. Bagi anda yang sedang menjalani program diet, tak ada salahnya mencoba mengkonsumsi daun jati ini agar hasil diet yang anda lakukan lebih maksimal hasilnya. Berikut adalah manfaat daun jati untuk diet dan kesehatan tubuh.

  1. Membakar Lemak

Daun jati mampu membakar lemak yang ada dalam tubuh. Daun jati memiliki zat sennosoida, zat ini memberikan efek pencahar yang dapat membantu membakar dan meluruhkan lemak dalam tubuh. Bagi anda yang mengalami masalah obesitas dan ingin mengurangi berat badan, mengkonsumsi daun jati dalam bentuk teh adalah salah satu solusi yang bisa anda coba. Selain lebih alami, mengkonsumsi daun jati ini sebagai nutrisi tambahan untuk diet juga jauh lebih sehat dibandingkan mengkonsumsi obat-obatan kimia yang berpotensi menimbulkan efek negatif bagi kesehatan.

  1. Perlambat Penyerapan Lemak

Selain efektif membakar lemak, manfaat daun jati untuk diet adalah memperlambat penyerapan lemak yang masuk ke dalam tubuh. Kandungan zat dalam daun jati mampu membuat penyerapan lemak berjalan lebih lamban, hal ini tentu cocok sekali  bagi anda yang sedang menjalani program diet. Apalagi jika anda kurang disiplin dalam menjalankan program diet, misalkan masih sering mengkonsumsi makanan yang memicu terbentuknya lemak dalam tubuh maka anda tak perlu khawatir lagi, sebab ada daun jati yang bisa mengatasinya. Penyerapan lemak yang lambat juga akan membantu program diet yang anda lakukan mendapatkan hasil yang lebih optimal

  1. Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Daun jati dapat membantu meningkatkan proses metabolisme tubuh. Proses metabolisme yang baik akan menghasilkan pembakaran kalori yang baik juga. Dengan banyak nya kalori dalam tubuh yang mampu terbakar maka anda akan mendapatkan energi yang lebih besar untuk melakukan segala kegiatan dan aktivitas kerja sehari-hari. Selain itu, terbakarnya kalori dalam tubuh juga akan menurunkan berat badan. Kondisi seperti ini tentu sangat menggembirakan bagi anda yang sedang menjalani diet untuk mendapatkan bentuk tubuh dan berat badan yang ideal. Anda bisa mengkonsumsi daun jati sebagai nutrisi tambahan diet yang efektif.

  1. Mengurangi Nafsu Makan

Ketika menjalani diet khususnya konsumsi terhadap berbagai makanan, terkadang nafsu makan yang tinggi bisa merusak program diet yang sudah dijalankan apabila tak bisa dikendalikan dengan baik. salah satu cara alami yang bisa anda lakukan untuk mengurangi nafsu makan yang berlebih adalah mengkonsumsi daun jati dalam bentuk teh. Daun jati membantu menekan nafsu makan, sehingga selera untuk mengkonsumsi makanan semakin berkurang dan membuat anda bisa mengendalikan nafsu makan. Kondisi ini akan membuat program diet yang anda lakukan dapat berjalan dengan baik dan tak mengalami hambatan.

  1. Meningkatkan Penyerapan Nutrisi

Mengkonsumsi daun jati juga bermanfaat untuk meningkatkan penyerapan nutrisi dalam tubuh. Bagi anda yang sedang menjalani diet maka hal ini sangat berguna, sebab dengan sedikit makanan yang anda konsumsi akan lebih optimal penyerapan nutrisinya untuk tubuh. Anda tak perlu lagi mengkonsumsi banyak makanan yang bisa berdampak pada naiknya berat badan dan bisa merusak program diat yang anda jalankan.

  1. Atasi Konstipasi

Ketika menjalani diet terkadang kebutuhan serat kurang terpenuhi, hal ini disebabkan konsumsi makanan yang terbatas dan tak banyak mengandung serat. Mengingat besarnya manfaat serat untuk tubuh, kekurangan serat dapat menyebabkan berbagai persoalan kesehatan seperti konstipasi atau sembelit, ini tentu sangat mengganggu. Agar anda bisa terbebas dari sembelit, daun jati bisa menjadi satu pilihan yang sehat dan dapat membantu anda mengatasi sembelit atau konstipasi.

  1. Menurunkan Kolesterol

Manfaat daun jati yang terakhir adalah menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Menurut pengalaman orang yang sudah mencoba mengkonsumsi daun jati ini, kadar kolesterol dalam tubuh yang semula tinggi dapat berkurang dan membuat badan menjadi lebih sehat.

Manfaat daun jati nyatanya juga besar untuk digunakan sebagai nutrisi tambahan diet. Cara mudah untuk mengkonsumsi dan mendapatkan manfaat optimal dari daun jati adalah dibuat menjadi teh. Bagi anda yang baru pertama kali mencoba daun jati ini, mungkin akan muncul efek buang air yang intensitasnya lebih sering. Berkonsultasilah dengan dokter atau praktisi kesehatan untuk mengetahui batas konsumsi yang diizinkan. Daun jati cina maupun belanda bisa anda peroleh dengan mudah khususnya lewat toko online, sehingga lebih memudahkan anda untuk mengkonsumsinya.