Manfaat Kedelai

Manfaat kedelai sebagai salah satu polong-polongan yang kaya kandungan zat baik bagi kesehatan tubuh. Di Indonesia sendiri sudah banyak olahan kacang kedelai seperti tempe, tahu dan susu kedelai yang pada artikel sebelumnya manfaat susu kedelai yang amat baik bagi tubuh. Di berbagai negara seperti Jepang dan Cina menjadikan kedelai sebagai salah satu makanan yang hampir dikonsumsi oleh semua penduduknya. Hal ini sangat signifikan apabila dilihat dari tingkat kesehatan penduduk di negeri tersebut. Maka dari itu kita juga harus mengetahui manfaat kedelai serta kandungan gizinya.

Manfaat Kedelai Pada Kandungan Zatnya

Pada jenis kacang-kacangan seperti kedelai banyak mengandung protein seperti juga manfaat kacang hijau dan manfaat kacang merah. Kandungan protein nabati sangat baik bagi pencernaan dan sangat disarankan kepada para vegetarian untuk menggantikan asupan protein hewani yang tidak dikonsumsi mereka. Manfaat kedelai dengan kandungan protein yang tinggi membantu dalam membangun sel-sel dalam tubuh, terutama pada anak-anak pada masa pertumbuhan.

Kandungan lain yang sangat baik adalah lecithin. Lechitin ini yang menghasilkan senyawa choline yang berguna bagi metabolisme tubuh. Zat Choline membantu metabolisme akibat lemak yang tersendat dalam hati. Berbeda dengan manfaat tomat, zat choline ini tidak terkandung didalam buah tersebut sehingga tidak dapat menghilangkan lemak yang tersendat di hati. Tentu saja hal ini melindungi organ hati dan organ tubuh lainnya yang saling berkaitan.

Manfaat Kedelai Bagi Kesehatan Tubuh

Kedelai dengan segala kandungan baiknya tersebut, sangat berguna bagi kesehatan tubuh. Berikut ini adalah beberapa diantaranya :

  • Manfaat Kedelai mencegah oesteoporosis
Kesehatan tulang menjadi amat rentan pada usia lanjut. Hal ini karena penyerapan kalsium yang mulai melemah. Mengkonsumsi kedelai dapat memaksimalkan penyerapan kalsium dengan  kandungan proteinnya.
  • Manfaat Kedelai Sebagai Antioksidan
Isoflavon sangat banyak terkandung dalam kacang kedelai. Isoflavon adalah senyawa baik yang mampu memperbaiki sel-sel yang rusak dalam tubuh yang dikarenakan oleh polusi udara. Bagi anda yang suka bepergian, konsumsilah kacang kedelai dengan teratur untuk mencegah timbulnya akibat radikal bebas seperti timbulnya gejala kenker.
  • Meningkatkan Kualitas Otak
Kandungan lesitin yang mampu memberikan asupan baik bagi kinerja otak. Lesitin mampu mencegah terjadinya gejala penyakit Alzheimer dan kandunga pitosterol membantu meningkatkan kekuatan sel saraf.
  • Menanggulangi gejala penyakit diabetes
Lecitin mampu membantu organ pancreas untuk menghasilkan hormon insulin secara lebih baik pada tubuh. Terbukti sudah manfaat kedelai bagi kita. Jadi mulai sekarang masukkan kedelai sebagai salah satu menu makanan anda. Jika anda ingin mencari manfaat tumbuhan/makanan lain seperti manfaat jahe, manfaat jeruk, dan manfaat anggur.
Manfaat anggur
Post Date: Monday 04th, August 2014 / 10:00 Oleh :
Kategori : Tumbuhan