Manfaat Kacang Merah

Manfaat kacang merah adalah salah satu makanan tinggi serat yang baik bagi tubuh. Jenis kacang ini memang belum terlalu banyak dikonsumsi. Tidak seperti kacang kedelai yang olahan sudah banyak yaitu tempe, tahu sampai susu kedelai. Makanan jenis polong-polongan ini, biasanya dijadikan campuran dibeberapa menu makanan saja seperti sop. Sebenarnya manfaat apa yang menjadikan kacang merah ini perlu dikonsumsi. Untuk itu kita dapat berkenalan terlebih dahulu dengan kacang merah pada artikel ini.

Nilai Gizi pada Kacang Merah

Kacang merah sangat kaya akan gizi yang membangun kesehatan tubuh. Kandungan asam folat, kalsium, karbohidrat dan berprotein tinggi menjadikan manfaat kacang merah sangat diperlukan tubuh. Karbohidrat kompleks dan kadar serat yang tinggi menyebabkan penurunan kolesterol dalam tubuh. Indeks kadar glikemik pada kacang merah juga menekan masalah gejala penyakit diabetes yang sering terjadi. Sumber karbohidrat kompleks terletak pada kacang merah. Kandungan serat (fiber) dan vitamin B terutama B6, asam folat, besi, mangan, thiamin dan protein berasal dari kacang merah. Sekitar 9 gr protein dicukupkan oleh kacang merah yang seimbang dengan 17% angka kecukupan protein sehari.

Manfaat Kacang Merah Bagi Kesehetan

Kandungan zat baik yang tinggi pada kacang merah, memberikan manfaat yang baik pula untuk tubuh. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Manfaat kacang merah sebagai sumber energi

Kandungan zat besi pada kacang sangat tinggi dapat memenuhi kebutuhan enegi. Energi pada proses metabolisme pada tubuh juga membutuhkan zat besi. Maka dari itu, mengkonsumsi kacang merah  sangat diperlukan. Zat besi juga membantu kelancaran peredaran oksigen dalam tubuh.

  • Sebagai sumber vitamin

Sebagai sumber vitamin B yang kaya, sangat erat hubungannya dengan sel-sel otak. Saraf-saraf otak dapat dipelihari dengan vitamin B pada kacang merah. Dan tentunya dapat mencegah penyakit kepikunan seperti Alzheimer.

  • Mengontrol gula darah

Manfaat kacang merah dengan kandungan serat yang kaya, berdampak baik pada metabolisme makanan yang mengandung karbohidrat dalam tubuh.

  • Membantu melancarkan Buang Air Besar

Kandungan serat ini sangat membantu pencernaan yang terjadi pada usus. Serat membantu pergerakan usus selalu berjalan dengan baik. Pada akhirnya hal ini dapat memberi hal yang baik pada kelancaran buang air besar. Kelancaran pencernaan ini sangat bersampak positif pada penurunan resiko gejala kanker usus besar.

Manfaat kacang merah yang hebat ini dapat diperoleh jika kacang merah dijadikan salah satu makanan yang sering anda konsumsi. Cobalah dan buktikan khasiatnya.

Post Date: Monday 04th, August 2014 / 10:06 Oleh :
Kategori : Nutrisi