Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kecantikan dan Pengobatan

Advertisement

Manfaat jeruk nipis bagi kecantikan adalah buah No.1 di dunia, ia sangat ampuh untuk berbagai masalah kulit bahkan kesehatan sekalipun. Jeruk nipis merupakan varian jeruk berukuran kecil, berwarna hijau yang sangat akrab dengan ibu-ibu rumah tangga. Biasanya  jeruk nipis menjadi salah satu bumbu penambah rasa asam dalam masakan.

manfaat-jeruk-nipisAir buah jeruk nipis ini sering digunakan untuk menetralisir bau amis pada beberapa bahan makanan. Tapi siapa sangka, ternyata banyak khasiat di dalam sebuah jeruk nipis. Mari kita bahas beragam manfaatnya.

Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kecantikan Kulit Wajah

Buah jeruk dikenal karena efeknya yang menguntungkan pada kulit. Air jeruk nipis, apakah dikonsumsi langsung atau dioleskan memberikan manfaat berikut pada kulit :

1. Menghilangkan Noda Hitam

Air jeruk nipis dianggap sebagai agen pemutih alami karena sifatnya yang ringan pada kulit. Jeruk nipis dapat digunakan untuk meringankan bintik-bintik gelap. Berikut ini beberapa cara menerapkan manfaat jeruk nipis :

  • Terapkan air jeruk nipis pada kapas dan oleskan ke bagian gelap pada kulit dan biarkan selama 30 menit.
  • Pastikan untuk tetap tinggal di dalam rumah dan hindari kontak langsung dengan sinar matahari, karena air jeruk nipis dapat membuat kulit sensitif terhadap sinar matahari.
  • Disarankan untuk menerapkan tabir surya sebelum keluar rumah

2. Jerawat dan Bekas Noda

Jerawat dan noda yang disebabkan oleh kotoran, minyak dan sel kulit mati yang menyumbat pori-pori wajah. Jerawat adalah masalah yang sering terjadi pada orang dengan kulit yang cenderung berminyak. Selain itu, bakteri yang hadir pada pori-pori wajah akan memperburuk peradangan, meningkatkan kemerahan dan nyeri.

Sifat antibiotik jeruk nipis menghambat pertumbuhan bakteri yang menyebabkan jerawat. Untuk menjaga jerawat, dapat dikombinasikan dengan madu. Sementara manfaat madu memiliki sifat anti bakteri yang mencegah pertumbuhan bakteri, sifat asam dari jeruk nipis akan mengontrol kelebihan minyak.

Lakukan perawatan wajah ini setiap minggu untuk menghilangkan jerawat Bekas luka jerawat, dapat diringankan dengan memijat bagian kulit wajah dengan air jeruk nipis segar.

3. Anti Penuaan

Perkembangan usia dan juga paparan sinar UV matahari, membentuk melanin yang berpengaruh terhadap warna pada kulit. Kemudian akumulasi melanin pada kulit ini, menimbulkan bintik-bintik gelap dan menimbilkan tanda-tanda penuaan. Untuk mendapatkan menfaat jeruk nipis untuk menghambat produksi melanin, dapat dilakukan seperti berikut :

  • Kupas jeruk nipis dan gosok pada kulit
  • Atau terapkan masker alami dengan kulit jeruk nipis, yang secara signifikan mengurangi pigmentasi berlebihan

4. Mengecangkan Pori-pori

Astringent efektif dalam mengecangkan otot-otot sementara. Itulah alasan mengapa mereka sering digunakan dalam produk kecantikan dan perawatan kulit untuk meningkatkan penampilan kulit wajah. Minyak jeruk nipis memiliki sifat astringent dan dapat digunakan untuk mengencangkan pori-pori, sehingga mengurangi produksi minyak untuk memberikan kulit yang lebih cerah dan sempurna.

5. Menghapus Kulit Mati

Asam sitrat hadir dalam kulit jeruk nipis, yang sangat berguna untuk mengelupaskan sel kulit mati. Jeruk nipis sering digunakan dalam perawatan kecantikan di spa serta pengobatan rumah untuk meningkatkan kesehatan dan penampilan kulit wajah.

6. Kulit Bersinar

Untuk kulit bercahaya, semua yang perlu dilakukan adalah mengoleskan kulit, dengan segelas air hangat yang dicampur madu dan perasan jeruk nipis setiap pagi secara teratur. Hal ini akan memberikan cahaya alami kulit.

Manfaat Jeruk Nipis Sebagai Media Pengobatan

Jeruk nipis mengandung zat herbal alami, yang baik untuk pengobatan berbagai penyakit. Himpunan pengobatan tradisional dan akupuntur Indonesia, memberikan beberapa resep  pengobatan penyakit dengan jeruk nipis.

  • Obat Batuk

Air perasan jeruk nipis, kemudian ditambah gula batu, lalu di aduk sampa rata. Diminum 1 kali sehari sampai sipenderita sembuh.

  • Mengatasi Haid Kurang Lancar

Siapkan 3 sendok makan air jeruk nipis, tambahkan satu sendok makan madu dan seduh dengan 2 gelas air panas. Minum selagi hangat, 3 kali sehari.

  • Mengurangi Vertigo

Haluskan setengah genggam daun jeruk nipis, ditambah 1 sendok air jeruk nipis. Balurkan pada tengkuk, dahi, dan pelipis 2 kali sehari.

  • Menghilangkan Panu dan Kurap

Bersihkan segenggam akar landep dan tumbuk halus. Tambahkan air perasan jeruk nipis dan aduk rata. Gosokkan pada bagian kulit yang terkena kurap atau panu. Gunakan perban untuk membalut luka. Gantilah perban 2 kali sehari sampai sembuh.

Manfaat Jeruk Nipis Lainnya

  • Mengatasi Kerontokan dan Ketombe – Khasiat jeruk nipis banyak digunakan untuk masalah rambut seperti ketombe dan kerontokan. Caranya cukup mudah, basuhlah rambut dengan air hangat yang sudah dicampur dengan air perasan jeruk nipis. Diamkan rambut sebentar dan bilas lagi dengan air dingin sampai bersih, dianjurkan untuk membilas rambut dengan sampo yang mengandung jeruk nipis, untuk menambah kesegaran.
  • Menjaga Kelembaban Alami Kulit – Perasaan jeruk nipis ditambah dengan manfaat putih telur dapat dijadikan masker jeruk nipis, untuk mempertahankan kelembapan kulit.

Manfaat jeruk nipis sangat membantu kehidupan kita. Semoga kita selalu mampu juga melestarikan tanaman herbal ini.

Advertisement
,
Post Date: Monday 04th, August 2014 / 12:27 Oleh :
Kategori : Buah Buahan
Cari Artikel Manfaat
Sponsored links