30 Manfaat Jeruk Nipis untuk Kesehatan dan Kecantikan

Advertisement

Jeruk nipis merupakan varian jeruk berukuran kecil, berwarna hijau yang sangat akrab dengan ibu-ibu rumah tangga. Biasanya  jeruk nipis menjadi salah satu bumbu penambah rasa asam dalam masakan. Air buah jeruk nipis ini sering digunakan untuk menetralisir bau amis pada beberapa bahan makanan. Tapi siapa sangka, ternyata banyak khasiat di dalam sebuah jeruk nipis. Mari kita bahas beragam manfaatnya.

Kandungan Nutrisi Jeruk Nipis

Di dalam jeruk nipis terdapat sejumlah kandungan yang membuatnya memiliki sejuta manfaat yakni :

manfaat-jeruk-nipis1. Macronutrients, Serat dan Kalori

1 cangkir air jeruk nipis segar mengandung 1 gram protein, 0,17 gram total lemak, yang merupakan 2 persen dari nilai harian yang ditetapkan oleh Amerika Serikat Food and Drug Administration berdasarkan diet 2.000 kalori per hari. Mengandung sekitar 20 gram karbohidrat, 1 gram serat dan 60 kalori. Selain itu, air jeruk nipis memiliki jumlah sejumlah lemak yang bebas kolesterol.

2. Nilai Micronutrient

Jeruk nipis kaya akan vitamin C. 1 cangkir air jeruk nipis segar mengandung 73 miligram, yang lebih dari 100 persen nilai harian vitamin C yang dibutuhkan tubuh. Vitamin C sangat penting untuk pengembangan jaringan ikat tubuh, untuk penyembuhan luka dan mendukung dinding pembuluh darah. Jeruk nipis mengandung mikronutrien penting lainnya dalam jumlah yang lebih kecil, termasuk kalsium, magnesium, kalium, fosfor, vitamin A dan vitamin B.

3. Kaya flavonoid

Flavonoid adalah pigmen yang memberikan warna tanaman mereka. Buah jeruk dan jus mereka kaya flavonoid, yang bertindak sebagai antioksidan kuat. Antioksidan membantu melindungi tubuh Anda dari radikal bebas, yang merupakan molekul tidak stabil yang merusak sel-sel sehat. Menurut Linus Pauling Institute, diet kaya flavonoid terkait dengan penurunan risiko penyakit kardiovaskular, penyakit saraf degeneratif seperti Alzheimer dan penyakit Parkinson, dan kanker tertentu.

4. Kandungan Asam sitrat

Asam sitrat inilah yang membuat rasa asam getir jeruk nipis yang mungkin memberikan perlindungan berharga bagi tubuh. Dalam sebuah studi yang menyelidiki aktivitas antibakteri dari air jeruk nipis terhadap spesies bakteri berbahaya, air jeruk nipis efektif dalam mengurangi penyebaran bakteri karena asam sitrat dalam jus.

Menurut sebuah artikel yang diterbitkan dalam “Journal of Science Gizi dan Vitaminology “pada bulan April 2006. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jeruk nipis segar efektif dalam mencegah infeksi bakteri tertentu.

6. Kandungan Mineral

Jeruk nipis mengandung sejumlah mineral sehat seperti besi, tembaga, kalium, dan kalsium. Kalium dalam sebuah komponen penting dari sel dan cairan tubuh membantu mengontrol detak jantung dan tekanan darah.


Manfaat jeruk nipis bagi kecantikan adalah buah No.1 di dunia, ia sangat ampuh untuk berbagai masalah kulit bahkan kesehatan sekalipun.

1. Pencernaan

Jeruk nipis memiliki aroma yang membuat mulut menghasilkan air lir dan ini benar-benar membantu pencernaan utama. Keasaman alami akan memecah molekul makro makanan. Kemudian flavonoid senyawa yang ditemukan dalam minyak wangi yang diekstrak dari jeruk nipis, merangsang sistem pencernaan dan meningkatkan sekresi cairan pencernaan, empedu dan asam. Flavonoid juga merangsang gerak peristaltik.

Ini adalah alasan di balik konsumsi acar jeruk nipis dengan makan siang dan makan malam, yang dilakukan di India dan berbagai negara-negara tetangga di wilayah itu.

2. Diabetes

Menurut American Diabetes Association, jeruk nipis dan buah jeruk lainnya dianggap sebagai makanan super untuk diabetes. Terutama, serat larut yang tinggi ditemukan dalam jeruk nipis membuat bantuan makanan yang ideal untuk membantu mengatur penyerapan tubuh dari gula ke dalam aliran darah, mengurangi terjadinya lonjakan gula darah yang merupakan risiko serius untuk pasien diabetes.

Jeruk nipis dan buah jeruk lainnya memiliki indeks glikemik rendah, yang berarti bahwa mereka tidak akan menyebabkan lonjakan tak terduga dalam kadar glukosa, selain manfaat efek serat larut itu.

3. Penyakit Jantung

Serat larut yang sama dapat membantu penderita diabetes, juga menjaga kadar gula darah. Membuat tekanan darah juga lebih rendah dan menghilangkan keberadaan kolesterol LDL (kolesterol “buruk”). Selanjutnya, serat larut dapat mengurangi peradangan pada pembuluh darah, yang merupakan tindakan pencegahan yang dikenal terhadap penyakit jantung, serangan jantung, dan stroke.

4. Gangguan Pernapasan

Minyak flavonoid yang diekstrak dari jeruk nipis secara luas digunakan dalam obat-obatan anti-kongestif seperti balm, alat penguap, dan inhaler karena adanya kaempferol. Hanya dengan menghirup aromanya, dapat membantu mengatasi rasa sesak dan mual.

5. Radang Sendi

Salah satu dari banyak penyebab radang sendi adalah kelebihan asam urat yang menumpuk di tubuh. Asam urat adalah salah satu produk limbah yang buang air kecil yang normal akan membersihkan tubuh. Tapi sayangnya, bila terlalu banyak itu bisa membuat rasa sakit dan peradangan dari arthritis bahkan lebih buruk.

Asam sitrat ditemukan dalam buah jeruk seperti jeruk nipis adalah pelarut dimana asam urat dapat larut, meningkatkan jumlah yang dieliminasi dalam urin. Buah jeruk pada umumnya memiliki sifat anti inflamasi, dan dapat digunakan untuk sejumlah isu peradangan.

6. Demam

Jika seseorang menderita demam, air jeruk nipis dapat menjadi obat alternatif. Buah jeruk pada umumnya mampu mengurangi  dan demam sangat tinggi, pasien harus mengkonsumsi jus lemon dan air. Namun, jika demam ringan sampai sedang, jus buah lainnya, terutama jus jeruk seperti jeruk nipis, dapat diberikan untuk mengatasi demam kembali menurun.

Vitamin C, ditemukan dalam konsentrasi tinggi dalam buah jeruk, secara alami menurunkan suhu tubuh.

7. Asam Urat

Ada 2 penyebab utama asam urat. Sumber pertama adalah akumulasi radikal bebas dalam tubuh dan yang kedua adalah akumulasi racun dalam tubuh, asam urat terutama. Jeruk nipis dapat membantu mencegah kedua penyebab ini. Ini adalah sumber antioksidan dan pendetoks (vitamin-C & Flavonoid) yang mengurangi jumlah radikal bebas serta detoksifikasi tubuh.

8. Gangguan kemih

Kandungan kalium yang tinggi dari jeruk nipis sangat efektif dalam menghilangkan zat beracun dan endapan yang bisa disimpan di ginjal dan kandung kemih. Sifat disinfektan jeruk nipis juga membantu menyembuhkan infeksi pada sistem kemih. Selain itu, dapat membersihkan penyumbatan air seni yang dapat berasal dari endapan kalsium dalam saluran kemih.


Jeruk nipis mengandung zat herbal alami, yang baik untuk pengobatan berbagai penyakit. Himpunan pengobatan tradisional dan akupuntur Indonesia, memberikan beberapa resep  pengobatan penyakit dengan jeruk nipis.

1. Obat Batuk – Air perasan jeruk nipis, kemudian ditambah gula batu, lalu di aduk sampa rata. Diminum 1 kali sehari sampai sipenderita sembuh.

2. Mengatasi Haid Kurang Lancar – Siapkan 3 sendok makan air jeruk nipis, tambahkan satu sendok makan madu dan seduh dengan 2 gelas air panas. Minum selagi hangat, 3 kali sehari.

3. Mengurangi Vertigo – Haluskan setengah genggam daun jeruk nipis, ditambah 1 sendok air jeruk nipis. Balurkan pada tengkuk, dahi, dan pelipis 2 kali sehari.

4. Menghilangkan Panu dan Kurap – Bersihkan segenggam akar landep dan tumbuk halus. Tambahkan air perasan jeruk nipis dan aduk rata. Gosokkan pada bagian kulit yang terkena kurap atau panu. Gunakan perban untuk membalut luka. Gantilah perban 2 kali sehari sampai sembuh.


Penyimpanan Jeruk Nipis

Puncak musim jeruk nipis adalah bulan April sampai Agustus, meskipun buah ini dapat tersedia di toko-toko sepanjang tahun. Pilih buah yang besar dan memiliki berat yang sesuai dengan ukurannya. Pilih buah yang berwarna kuning cerah, dengan aroma jeruk segar. Hindari buahnya yang berwarna hijau gelap karena belum matang dan tidak akan memiliki banyak air. Selain itu, hindari buahnya dengan bintik-bintik gelap dipermukaannya.

Di rumah, untuk menyimpannya dalam kantong plastik di dalam lemari es, akan membuatnya tetap awet sampai seminggu. Simpan perasan lemon di dalam kompartemen freezer untuk digunakan nanti. Toko kering semangat dalam sejuk dan kering dalam gelas wadah kedap udara jauh dari kelembaban.


Buah jeruk dikenal karena efeknya yang menguntungkan pada kulit. Air jeruk nipis, apakah dikonsumsi langsung atau dioleskan memberikan manfaat berikut pada kulit :

1. Menghilangkan Noda Hitam

Air jeruk nipis dianggap sebagai agen pemutih alami karena sifatnya yang ringan pada kulit. Jeruk nipis dapat digunakan untuk meringankan bintik-bintik gelap. Berikut ini beberapa cara menerapkan manfaat jeruk nipis :

  • Terapkan air jeruk nipis pada kapas dan oleskan ke bagian gelap pada kulit dan biarkan selama 30 menit.
  • Pastikan untuk tetap tinggal di dalam rumah dan hindari kontak langsung dengan sinar matahari, karena air jeruk nipis dapat membuat kulit sensitif terhadap sinar matahari.
  • Disarankan untuk menerapkan tabir surya sebelum keluar rumah

2. Jerawat dan Bekas Noda

Jerawat dan noda yang disebabkan oleh kotoran, minyak dan sel kulit mati yang menyumbat pori-pori wajah. Jerawat adalah masalah yang sering terjadi pada orang dengan kulit yang cenderung berminyak. Selain itu, bakteri yang hadir pada pori-pori wajah akan memperburuk peradangan, meningkatkan kemerahan dan nyeri.

Sifat antibiotik jeruk nipis menghambat pertumbuhan bakteri yang menyebabkan jerawat. Untuk menjaga jerawat, dapat dikombinasikan dengan madu. Sementara manfaat madu memiliki sifat anti bakteri yang mencegah pertumbuhan bakteri, sifat asam dari jeruk nipis akan mengontrol kelebihan minyak.

Lakukan perawatan wajah ini setiap minggu untuk menghilangkan jerawat Bekas luka jerawat, dapat diringankan dengan memijat bagian kulit wajah dengan air jeruk nipis segar.

3. Anti Penuaan

Perkembangan usia dan juga paparan sinar UV matahari, membentuk melanin yang berpengaruh terhadap warna pada kulit. Kemudian akumulasi melanin pada kulit ini, menimbulkan bintik-bintik gelap dan menimbilkan tanda-tanda penuaan. Untuk mendapatkan menfaat jeruk nipis untuk menghambat produksi melanin, dapat dilakukan seperti berikut :

  • Kupas jeruk nipis dan gosok pada kulit
  • Atau terapkan masker alami dengan kulit jeruk nipis, yang secara signifikan mengurangi pigmentasi berlebihan

4. Mengecangkan Pori-pori

Astringent efektif dalam mengecangkan otot-otot sementara. Itulah alasan mengapa mereka sering digunakan dalam produk kecantikan dan perawatan kulit untuk meningkatkan penampilan kulit wajah. Minyak jeruk nipis memiliki sifat astringent dan dapat digunakan untuk mengencangkan pori-pori, sehingga mengurangi produksi minyak untuk memberikan kulit yang lebih cerah dan sempurna.

5. Menghapus Kulit Mati

Asam sitrat hadir dalam kulit jeruk nipis, yang sangat berguna untuk mengelupaskan sel kulit mati. Jeruk nipis sering digunakan dalam perawatan kecantikan di spa serta pengobatan rumah untuk meningkatkan kesehatan dan penampilan kulit wajah.

6. Kulit Bersinar

Untuk kulit bercahaya, semua yang perlu dilakukan adalah mengoleskan kulit, dengan segelas air hangat yang dicampur madu dan perasan jeruk nipis setiap pagi secara teratur. Hal ini akan memberikan cahaya alami kulit.

7. Mengatasi Flek Hitam

Paparan sinar matahari yang berlebihan dapat menimbulkan flek hitam kulit. Jeruk nipis dapat digunakan untuk menghapus flek ini secara efektif. Yang perlu dilakukan adalah mencampur tepung dengan menambahkan beberapa air jeruk nipis ke dalam campurannya. Oleskan pasta ini secara merata pada kulit dan biarkan hingga kering. Cuci muka dengan air dan keringkan. Perawatan wajah ini harus dilakukan setiap minggu untuk hasil yang lebih baik.

8. Mengatasi Pori-pori Membesar

Astringent sering digunakan dalam kecantikan dan perawatan kulit produk untuk meningkatkan penampilan kulit wajah. Jeruk nipis memiliki sifat astringent dan dapat digunakan untuk mengencangkan pori-pori. Hal ini untuk sementara mengurangi produksi minyak berlebih untuk membuat kulit lebih cerah.

9. Menjaga Kelembaban Alami Kulit

Perasaan jeruk nipis ditambah dengan manfaat putih telur dapat dijadikan masker jeruk nipis, untuk mempertahankan kelembapan kulit.


1. Meningkatkan Pertumbuhan Rambut

Jeruk nipis bermanfaat dalam meningkatkan pertumbuhan rambut. Hal ini telah digunakan untuk mengobati kebotakan, rambut menipis dan kerontokan rambut masalah untuk usia sekarang. Nutrisi utama yang mendorong pertumbuhan rambut adalah vitamin C, yang hadir dalam jeruk nipis dalam jumlah besar. Air jeruk nipis dapat digunakan untuk mengoptimalkan pertumbuhan rambut.

2. Membuat Rambut berkilau

Rambut yang berkilau sangat diinginkan oleh semua wanita dan jeruk nipis dapat membuat rambut menjadi apa yang banyak orang inginkan. Air jeruk nipis yang digunakan bersama dengan madu dan campuran minyak zaitun sebelum mencuci rambut, dapat memberikan kilau rambut alami. Jeruk nipis yang tergabung dalam shampoo bersama dengan bahan penting lainnya dapat membuat rambut halus dan bersinar.

3. Mencerahkan warna rambut

Seperti yang dinyatakan sebelumnya, air jeruk nipis memiliki sifat keringanan alami. Jika ingin warna rambut menjadi lebih cerah tanpa menggunakan bahan kimia, air jeruk nipis bisa menjadi pilihan. Yang perlu diakukan adalah menerapkan air jeruk nipis pada rambut dan duduk di bawah sinar matahari selama satu jam atau mengekspos rambut pada sinar matahari. Kemudian, bilas rambut. Treatment ini akan membuat rambut menjadi lebih cerah.

4. Menghilangkan Ketombe

Khasiat jeruk nipis banyak digunakan untuk masalah rambut seperti ketombe dan kerontokan. Caranya cukup mudah, basuhlah rambut dengan air hangat yang sudah dicampur dengan air perasan jeruk nipis. Diamkan rambut sebentar dan bilas lagi dengan air dingin sampai bersih, dianjurkan untuk membilas rambut dengan sampo yang mengandung jeruk nipis, untuk menambah kesegaran.


Efek Samping Jeruk Nipis

Jeruk nipis kemungkinan akan aman dikonsumsi bagi kebanyakan orang dewasa, dalam jumlah yang ditemukan dalam makanan. Namun aplikasi air jeruk nipis langsung ke kulit mungkin tidak aman. Beberapa orang sensitif terhadapnya bila diterapkan secara langsung pada kulit. Hal ini dapat menyebabkan kulit menjadi sangat sensitif terhadap sinar matahari. Kenakan tabir surya dan pakaian pelindung luar, terutama jika  berkulit terang.

Air jeruk nipis sangat rendah PH, sekitar 2,0. Pada beberapa orang yang sensitif, jus asam yang asam terkadang menimbulkan sensasi terbakar jika bersentuhan dengan mulut, lidah, dan bibir. Selain itu, jika dikonsumsi dalam jumlah besar, dapat memperburuk penyakit dan ulkus lambung kondisi asam lambung.

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

,
Post Date: Monday 04th, August 2014 / 12:27 Oleh :
Kategori : Buah Buahan