Manfaat Jeruk Nipis

Manfaat jeruk nipis sangat baik bagi kasehatan.  Jeruk nipis, si kecil hijau yang sangat akrab dengan ibu-ibu rumah tangga. Biasanya  jeruk nipis menjadi salah satu bumbu penambah rasa asam dalam masakan. Air buah jeruk nipis ini sering digunakan untuk menetralisir bau amis di beberapa bahan makanan. Tapi siapa sangka, ternyata banyak khasiat di dalam sebuah jeruk nipis. Mari kita bahas baragam manfaatnya.

Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kecantikan

  • Merawat Rambut

Khasiat jeruk nipis banyak digunakan untuk masalah rambut seperti ketombe dan kerontokan. Caranya cukup mudah, basuhlah rambut dengan air hangat yang sudah dicampur dengan air perasan jeruk nipis. Diamkan rambut sebentar dan bilas lagi dengan air dingin sampai bersih, dianjurkan untuk membilas rambut dengan sampo yang mengandung jeruk nipis, untuk menambah kesegaran.

  • Menjaga Keindahan Kulit Wajah

Perasaan jeruk nipis ditambah dengan putih telur dapat dijadikan masker jeruk nipis, untuk mempertahankan kelembapan kulit.Manfaat jeruk nipis yang lain adalah untuk mengurangi jerawat pada wajah. Caranya mudah, basuhkan saja perasan jeruk nipis lalu setelah 15 menit bersihkan wajah sampai bersih.

Manfaat Jeruk Nipis Sebagai Media Pengobatan

Sebagai herbal alami, jeruk nipis memiliki kadungan yang baik untuk pengobatan penyakit. Himpunan pengobatan tradisional dan akupuntur Indonesia, memberikan beberapa resep  pengobatan penyakit dengan jeruk nipis.

  • Manfaat jeruk nipis sebagai obat Batuk

Peraslah jeruk nipis, kemudian ditambah gula batu, di aduk sampa rata. Diminum 1 kali sehari sampai sipenderita sembuh.

  • Haid Kurang Lancar

Siapkan 3 sendok makan air jeruk nipis, tambahkan sesendok makan madu dan diseduh dengan 2 gelas air panas. Minum selagi hangat, 3 kali sehari.

  • Untuk Mengurangi Vertigo

Haluskan setengah genggam daun jeruk nipis, ditambah 1 sendok air jeruk nipis. Balurkan pada tengkuk, dahi, dan pelipis 2 kali sehari.

  • Penghilang Panu dan Kurap

Bersihkan segenggam akar landep dan tumbuk halus. Tambahkan air perasaan jeruk nipis dan aduk rata. Gosokkan pada bagian yang terkena kurap atau panu. Gunakan perban untuk mrmbalut luka. Gantilah perban 2 kali sehari sampai sembuh.

Manfaat jeruk nipis sangat membantu kehidupan kita. Semoga kita selalu mampu juga melestarikan tanaman herbal ini.

Post Date: Monday 04th, August 2014 / 12:27 Oleh :
Kategori : Buah Buahan