Sponsors Link

7 Manfaat Jambu Madu untuk Kesehatan

Sponsors Link

Jambu madu merupakan salah satu varietas jambu air yang memiliki rasa paling manis. Keunggulan ini yang membuat jambu madu cukup populer di beberapa daerah di Indonesia. Bahkan para petani sengaja membudidayakannya karena melihat potensi yang dimiliki jambu madu ini. Selain rasanya yang unik, pohon jambu madu juga mampu berbuah lebih banyak dibandingkan jenis jambu air biasa. Asalkan rutin menyiram pohon jambu madu setiap pagi dan sore maka pohon ini akan berbuah. Terutama saat musim hujan, buah yang dihasilkan akan lebih berlimpah karena pada dasarnya pohon ini memiliki kebutuhan air yang cukup tinggi. Dan yang lebih menguntungkan lagi adalah pohon jambu madu ini lebih tahan hama dibandingkan jambu biasa. (Baca juga : Manfaat jambu bol, Manfaat jambu air merah)

ads

Adapun ciri-ciri jambu madu ini diantaranya yaitu berwarna putih, krem dan kemerahan, mempunyai bobot 150-300 g/buah serta memiliki cita rasa yang manis dan renyah. Berikut adalah manfaat jambu madu untuk tubuh :

1. Mencukupi kebutuhan air di dalam tubuh

Kandungan airnya yang cukup tinggi di dalam jambu madu yaitu sekitar 93% dalam 100 g nya dapat dikatakan mampu membantu mencukupi kebutuhan air di dalam tubuh manusia. Pentingnya mencukupi kebutuhan air adalah untuk memperlancar proses metabolisme tubuh dan menjaga kesehatan organ-organ lain seperti ginjal, dll. (Baca Juga: Manfaat pucuk daun jambu biji, Manfaat jambu biji muda)

2. Meningkatkan sistem imun tubuh

Jambu madu memiliki kandungan vitamin C yang cukup besar 22 mg dalam 100 g buah. Vitamin C dibutuhkan tubuh untuk menjaga dan meningkatkan kekebalan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit. (Baca Juga: Manfaat jambu biji untuk anemia, Manfaat jambu biji untuk diet)

3. Merawat kelembaban kulit

Mengkonsumsi jambu madu dapat meningkatkan kelembaban kulit karena kandungan air di dalam jambu madu yang cukup besar serta sifatnya sebagai water holder dapat menjaga kulit dari kekeringan.

4. Menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh

Jambu madu yang dikonsumsi secara rutin dapat membantu tubuh menghancurkan kolsterol jahat yang memicu resiko terkena penyakit jantung . (Baca Juga: Manfaat sabun kopi untuk kulit, Manfaat sabun zaitun untuk kulit)

5. Baik untuk kesehatan mata

Kandungan vitamin A di dalam jambu madu dapat meningkatkan kesehatan mata. (Baca Juga: Manfaat vitamin A untuk Mata)

6. Membantu pembentukan kolagen

Dengan mengkonsumsi jambu madu maka akan mempercepat pembentukan kolagen khususnya untuk kulit. Sehingga kulit akan terlihat lebih kencang dan mencegahnya dari penuaan dini.(Baca juga : Manfaat bunga mawar merah, Manfaat buah naga bagi kulit)

Sponsors Link

7. Melancarkan sistem pencernaan

Salah satu alternatif untuk melancarkan pencernaan Anda adalah dengan mengkonsumsi jambu madu, karena kandungan serat dan air nya dapat membantu mempermudah BAB dan memperbaiki metabolisme di dalma tubuh. (Baca juga : Manfaat biji cengkeh untuk kesehatan , Manfaat pisang raja, Manfaat vegeta)

Banyak manfaat yang diperoleh dengan mengkonsumsi jambu madu. Terlebih jenis jambu ini memiliki rasa yang lebih manis dibanding jambu air biasa membuat kita lebih nyaman mengkonsumsinya. Kandungan mineral dan at lainnya nya seperti kalsium, magnesium, fosfor, at besi, protein dan asam sitrat yang juga sangat dibutuhkan tubuh. Dengan demikian mengkonsumsi jambu madu sangat dianjurkan karena banyak manfaat yang akan diperoleh tubuh anda.

Baca juga :

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Sunday 21st, May 2017 / 13:54 Oleh :
Kategori : Buah Buahan