Sponsors Link

13 Manfaat Durian Montong untuk Kesehatan

Sponsors Link

manfaat durian montongDurian merupakan salah satu buah yang paling banyak di gemari oleh masyarakat Indonesia. Sebab buah ini tergolong istimewa, yakni hanya ada satu tahun sekali masa panennya. Itulah mengapa harga yang di hasilkan juga lebih mahal dari buah buahan biasanya. Satu butirnya saja untuk yang membeli di pusat atau tempat tumbuhnya berharga 30 ribu rupiah paling murah. Namun kalau anda membeli di pasar buah biasanya, harga yang di keluarkan sampai 50 ribu rupiah paling murah.

ads

Durian salah satu buah yang tergolong enak dikonsumsi pula. Pengolahanya mampu dijadikan apa saja sesuai selera, misalnya sebagai es buah, jus, atau pancake.

Kandungan Durian Montong

Cukup banyak kandungan dalam durian, sebab buah ini salah satu makanan yang kaya akan nutrisi. Salah satunya berbagai vitamin seperti vtamin B, C, thiamin, niasin, serta riboflavin. Selain itu beberapa jenis mineral yang baik seperti kalium, kalsium, magnesium, dan fosfor. Bukan hanya itu, kandungan mikro nutrient seperti phytonurient, polyphenol, phytosteron, serta trypophan juga cukup banyak.

Kandungan nutrisi durian montong  ini sangat berguna untuk tubuh, berikut ini beberapa manfaatnya :

1. Menghangatkan Badan

Kandungan dalam manfaat durian montong mampu di gunakan sebagai penghangat badan. Sebab di dalamnya terdapat zat yang mirip alkohol, dimana keduanya memiliki fungsi untuk menghangatkan badan. Untuk itulah mengapa jika anda memakan durian terlalu banyak, akan menimbulkan efek mabuk

2. Meningkatkan seksualitas bagi kaum pria

Di Malaysia sana, banyak orang yang mengkonsumsi durian demi meningkatkan seksualitas bagi pria. Bahkan mereka mengungkapkan, untuk pria yang sudah memakan durian memiliki gaya ranjang lebih dahsyat.

3. Memberikan kesehatan lebih

Dalam durian terdapat zat hytonutrient yang sangat baik menjaga kesehatan tubuh anda secara lebih. Zat ini merupakan salah satu mikro nutrient yang cukup baik untuk tubuh anda. Bahkan menurut pengakuan dari peneliti di Oshio University, bahwa zat ini nanti yang akan menggantikan vitamin di masa akan datang.

4. Mengurangi kemungkinan sel kanker

Mengkonsumsi durian juga bermanfaat untuk mengurangi resiko terkena kanker. Sebab di dalamnya terdapat zat phytonutrient. Zat ini sangat baik bekerja dalam tubuh sebagai penonaktifan sel kanker. Zat yang mampu digunakan untuk mematikan perkembangan sel kanker selain phytonutrient adalah antioksidan serta polyphenol.

Jika kedua zat ini di gabungkan, maka fungsinya untuk mematikan sel kanker lebih efisien dari pada antioksidan yang dihasilkan oleh vitamin biasa.

5. Meningkatkan sistem imunnitas tubuh

Manfaat durian montong juga mampu di gunakan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sebab di dalanya terdapat phytonutrient. Zat ini juga aktif untuk menonaktifkan sel kanker yang ada di dalam tubuh anda.

6. Kaya akan vitamin C

Durian adalah salah satu makanan yang sangat tinggi kandungan vitamin c. bahkan antioksidan yang di hasilkan dalam buah, memiliki jumlah yang sangat tinggi. Bisa dibilang ini adalah hasil tertinggi untuk ukuran buah buah, yakni sekitar 22,9 – 107 mg per 100 gram buahnya.

Kandungan vitamin C yang tinggi ini memberikan sejuta manfaat, yakni :

  • Menjaga kesehatan kulit dan membantu proses regenerasinya
  • Memberikan energi dan efek positif bagi tubuh
  • Mengurangi resiko penyakit jantung dan kardiovaskular
  • Mengontrol tekanan darah agar tetap stabil
  • Mengurangi resiko stroke
  • Mengurangi resiko diabetes
  • Mencegah penyakit mata katarak

7. Mengurangi reaksi Tumor

Tubuh manusia memiliki kemungkinan adanya tumor. Oleh sebab itu, harus ada zat yang mampu menangkal tumor itu sendiri untuk tumbuh. Salah satu zat yang berguna untuk meminimalisir pertumbuhan tumor adalah phytosterol.

Menurut penelitian terakhir yang di lakukan oleh Departemen of Pharmacology and Toxicology, School of Medicine, State University of New York di Buffalo menyebutkan bahwa zat ini mempu memeberikan reaksi lebih pada tumor tubuh. Dengan begitu pertumbuhan sel tumor jadi terhambat.

8. Menurunkan sintesa kolestrol

ads

Adanya kelebihan kolesterol dalam tubuh juga tidak baik. Untuk itu harus ada zat yang mampu menurunkan proses pembuatan atau sintesis kolesterol. Beberapa tempat atau organ tubuh yang biasanya di gunakan untuk mensintesis adalah hati. Zat yang sangat berperan penting di sini adalah organosulfur. Nutrisi ini juga ada pada bawang putih.

9. Pengontrol gula darah

Zat organosulfur merupakan salah satu komponen yang ada di dalam insulin. Kerjanya untuk meningkatkan penyerapan glukosa, sehingga adanya zat ini sangat berguna untuk membantu metabolisme gula dalam darah. Serta menjadi nutrisi yang bekerja untuk menstabilkan gula darah.

10. Meningkatkan kenyamanan

Orang yang mengkonsumsi durian lebih muncul efek yang menyenangkan. Manfaat durian montong memiliki zat yang di sebut trypopan. Zat ini berguna untuk meningkatkan produksi hormone kebahagiaan seperti serotonin, melatonin, dan dopamine. Bahkan durian dipercaya sebagai obat untuk orang yang mengalami insomnia.

Kenikmatan dan kenyamanannya memberikan efek tenang bagi orang-orang yang mengalami gangguan sulit tidur.

11. Mengurangi efek PMS

Wanita yang ada dalam masa pre menstruasi syndrome akan lebih mudah marah dan emosional. Mereka menjadi sangat sensitif jika hati dan perasaannya terganggu. Untuk itu sangat di anjurkan untuk anda mengkonsumsi durian. Sebab di dalamnya terdapat kandungan B6 yang baik untuk mengatur kadar gula serta mood baik.

12. Mencegah stress dan depresi

Anda merasa depresi? Di sarankan untuk mengkonsumsi durian. Sebab durian mengandung zat trypopan yang memacu produksi serotonin dan dopamine yang mampu mengatasi depresi dan stress untuk anda.

13. Mengurangi resiko anemia

Di dalam durian terdapat kadar zat besi tinggi. Senyawa ini sangat aktif dalam pembentukan haemoglobin yang nantinya menjadi cikal bakal eritrosit. Sehingga darah anda kadarnya akan naik.

Begitulah beberapa manfaat yang di miliki oleh durian montong. Buah ini jika dikonsumsi dalam keadaan berlebihan mampu menimbulkan efek mabuk. Sebab kandungan alkohol yang ada juga cukup banyak. Itulah mengapa ada batasan yang harus di penuhi dalam pengkonsumsiannya.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Saturday 04th, July 2015 / 05:44 Oleh :
Kategori : Buah Buahan