Manfaat Daun Salam

Manfaat daun salam sangat berguna bagi pengobatan tradisional. Daun salam biasanya menjadi salah satu bumbu penyedap bagi masakan. Daun salam biasanya dicampurkan pada masakan dalam bentuk kering ataupun masih segar. Salam memang menjadi teman dapur bagi ibu rumah-rumah tangga, namun daun salam sebagai tanaman herbal mampu memberikan manfaatnya bagi kesehatan karena kandungannya yang baik. Berikut akan kita bahas dalam ulasan berikut ini.

Manfaat Daun Salam Dengan Kandungannya

Tanaman salam dengan batang warna coklat kemerahan. Batangnya pononnya banyak digunakan untuk pembuatan perkakas rumah tangga. Pada kulit batangnya terdapat kandungan tanin, yang sering dimanfaatkan sabagai ubar dan bahan-bahan anyaman. Pada tanaman salam, bagian batang, daun dan kulit berguna sebagai obat tradisional. Buahnya juga terkadang suka dikonsumsi. Kandungan untuk daun salam itu sendiri terdiri dari beberapa zat penting bagi tubuh yaitu A, vitamin C, zat besi, mangan, kalsium, kalium dan magnesium. Inilah yang menjadikan daun salam mampu mencegah dan mengobati berbagai macam penyakit.

Manfaat Daun Salam Bagi Tubuh

Beberapa manfaat daun salam ini sangat dibutuhkan oleh tubuh. Diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Menyehatkan jantung – Kandungan senyawa seperti asam caffeic, fitronutrien dan salisilat sangat membantu kinerja jantung. Ini sangat berpengaruh terhadap timbulnya gejala penyakit jantung dikemudian hari.
  • Pencegahan Kanker –  Daun salam diyakini mampu memberikan perlawanan pada sel penyebab gejala kanker. Zat parthenolide mampu menahan timbulnya sel-sel gejala kanker serviks yang menyerang tubuh. Hal ini mengurangi aktivitas tumor beregenerasi menjadi kanker.
  • Mengatasi peradangan – Parthenolide pada daun salam mengandung anti inflamasi yang mengobati kondisi-kondisi peradangan.

Manfaat Daun Salam Untuk Pengobatan Tradisional

Berikut adalah resep pengobatan tradisional dengan memanfaatkan daun salam, diantaranya :
  1. Pengobatan asam urat – Kandungan zat purin pada tubuh dapat bertumpuk dan menyebabkan gejala asma urat. Kita dapat mengambil manfaat daun salam untuk mengurangi asam urat. Caranya, ambil sekitar 10 lembar daun salam dan kemudian cuci bersih. Rebus dengan 10 gelas air, sampai sisa air tinggal 5 gelas. Minum rebusan ini dua kali sehari rebuasn ini.
  2. Mengatasi tekanan darah tinggi – flavonoida membantu menormalkan darah pada penderita hipertensi. 10 lembar daun salam di cuci bersih. Rebus daun salam dengan tiga gelas air. Minum selagi hangat satu kali perhari.
  3. Mengurangi gejala penyakit diabetes – manfaat daun salam dapat digunakan untuk terapi untuk menurunkan kadar gula darah. Caranya, ambil 15 lembar daun salam di cuci bersih kenudian rebus dengan 5 gelas air. Sisakan menjadi sekitar dua gelas dan minum ramuan ini sebelum tidur.
Post Date: Monday 04th, August 2014 / 09:59 Oleh :
Kategori : Tumbuhan