2 Manfaat Coklat untuk Jantung Kuat

Jantung memiliki nama latin cor. Jantung didalam tubuh terletak di rongga dada sebelah kiri. Ukuran jantung setiap orang berbeda-beda umumnya ukuran jantung sebesar kepalan tangan orang itu sendiri. Fungsi jantung bagi tubuh sangatlah berperan penting untuk memompa darah keseluruh tubuh, sehingga dengan menyuplai oksigen dan nutrisi yang diperlukan oleh organ dalam tubuh lainnya. Menjaga kesehatan jantung penting karena dewasa ini semakin banyak  orang – orang yang menderita penyakit jantung. Mulai dari para orang tua hingga anak muda. Hal ini lebih disebabkan karena gaya hidup yang tidak sehat. Contoh dari gaya hidup tidak sehat adalah :

1. Minuman alkohol

Alkohol memberikan efek buruk bagi kesehatan tubuh, padahal manfaat tidak minum alkohol lebih baik bagi tubuh. Untuk kesehatan sendiri alkohol dapat mengakibatkan penyakit jantung dan penyakit serius lainnya. Sedangkan untuk kulit alkohol memberikan efek kerutan dan mempercepat penuaan ini. Jadi cobalah untuk menghentikan kebiasaan minum yang tidak sehat. Perbanyaklah minum air putih yang sehat dan tidak mengandung kalori berlebih.

2. Konsumsi junk food berlebihan

Junk food memang memiliki rasa yang nikmat serta untuk mengonsumsinya tidak perlu menunggu waktu lama. Namun dibalik rasanya yang nikmat terkandung beragam nutrisi yang tidak sehat sehingga dapat berdampak bagi kesehatan dikemudian hari. Dan jika Anda terbiasa mengonsumsi junk food maka akan sangat sulit sekali terlepas karena junk food membuat Anda merasa ketergantungan.

Padahal manfaat gaya hidup sehat sangat perlu diterapkan sehari – hari karena dapat mencegah berbagai macam penyakit. Seperti olahraga, dimana manfaat olahraga adalah untuk melancarkan sirkulasi dan meningkatkan metabolisme didalam tubuh. Sekarang ini untuk menerapkan pola hidup yang sehat tidaklah sulit karena banyak sekali tempat – tempat olahraga yang dapat Anda kunjugi. Namun jika tidak memiliki banyak waktu maka ada baiknya untuk melakukan olahraga di rumah sendiri. Lakukan setiap 30 menit setiap hari.

Selain melakukan olahraga pola makan juga perlu menjadi perhatian dengan banyak mengonsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran. Untuk menjaga kesehatan jantung sendiri ada juga yang perlu menjadi perhatian Anda yaitu mengonsumsi coklat. Manfaat coklat untuk jantung berguna untuk menurunkan resiko terkena serangan jantung dan stroke. Dimana dua penyakit ini sangat mudah sekali diidap oleh semua orang. Namun manfaat coklat untuk jantung yang dikonsumsi adalah coklat asli. Pengertian dari stroke merupakan serangan yang menyebabkan aliran oksigen ke otak berhenti sehingga dapat mengakibatkan pasien koma kemudian meninggal. Sedangkan serangan jantung adalah penyakit yang terjadi dengan ciri-ciri dada sebelah kiri terasa sakit.

Manfaat coklat untuk jantung diperoleh karena kandungan coklat yaitu :

  • Vitamin yang lengkap seperti vitamin a,b,c dan e. Vitamin bagi tubuh berguna untuk menunjang metabolisme tubuh.
  • Kafein dimana manfaat kafein untuk kesehatan adalah meningkatkan energi tubuh dan menurunkan depresi.
  • Manfaat antioksidan bagi tubuh adalah menangkal radikal bebas yang teroksidasi di udara, dimana dapat mengakibatkan penuaan dini.
  • Lemak dimana manfaat lemak adalah untuk sumber energi dan menunjang fungsi otak.
  • Kalori dimana manfaat kalori adalah untuk mengendalikan berat badan. Dalam artian jika Anda berencana menurunkan berat badan maka konsumsilah makanan yang mengandung sedikit kalori. Sedangkan jika memiliki rencana untuk menaikan berat badan, konsmsilah makanan yang mengandung banyak kalori.

Itulah beberapa kandungan dalam manfaat coklat untuk jantung. Konsumsilah coklat asli yang berperan untuk menjaga kesehatan jantung dan menstabilkan tekanan darah.

, ,
Oleh :
Kategori : Kesehatan