Sponsors Link

20 Manfaat Daun Bengang untuk Pengobatan

Sponsors Link

Buah bengang mungkin tidak seterkenal durian meskipun mereka masih satu keluarga tumbuhan. Namun tumbuhan yang memiliki nama latin neesia altissima ini memiliki banyak manfaat dalam dunia pengobatan. Tumbuhan ini merupakan salah satu tumbuhan obat yang kini keberadaannya mulai sulit ditemui. Salah satu tempat dimana kita masih dapat menemukannya dengan mudah adalah Kebun Raya Bogor. Secara fisik ukuran tumbuhan ini cukup besar, ia dapat tumbuh hingga setinggi 40 meter.

ads

Tumbuhan yang juga kerap disebut ki bengang ini dapat dikenali dari bentuk daunnya yang bulat, lonjong, memanjang, serta tebal. Daunnya yang masih muda memiliki bulu-bulu halus yang harus dibersihkan ketika diolah menjadi obat. Bunganya yang berukuran cukup besar ketika masih muda berwarna pink dan ketika sudah tua berwarna hitam, merekah, dan akhirnya mengering.

Manfaat Tumbuhan Bengang

Bagian tumbuhan ini yang sering dijadikan obat adalah bagian akar, buah, dan daun. Sementara batangnya banyak digunakan untuk membuat berbagai peralatan yang dibutuhkan manusia seperti perahu dan peti kayu. Berikut berbagai manfaat yang bisa diperoleh dari tumbuhan bengang:

  1. Melancarkan buang air kecil Buang air kecil yang tidak lancar bisa disebabkan oleh berbagai faktor seperti pembengkakan prostat, infeksi saluran kencing, masalah syaraf, hingga efek samping dari konsumsi obat. Untuk mengatasinya kita dapat mengonsumsi ramuan dari daun bengang. (Baca juga: 15 manfaat daun kumis kucing untuk kesehatan)
  2. Mengatasi gejala anyang-anyangan Penyakit yang ditandai dengan gejala nyeri ketika buang air kecil, sering merasa ingin buang air kecil, hingga demam ini merupakan penyakit yang cukup menyiksa. Meskipun terkesan sepele namun tidak bisa diremehkan. Penyakit ini juga bisa diatasi dengan menggunakan ramuan daun bengang. (Baca juga: manfaat daun kingkilaban)
  3. Mengobati penyakit kencing nanah (gonore) Penyakit yang ditandai dengan gejala-gejala seperti sakit ketika buang air kecil, gatal dan nyeri pada anus bahkan hingga terjadi pendarahan, gatal pada alat kelamin, sakit pada perut bagian bawah, dan beberapa gejala lainnya merupakan penyakit yang tidak hanya mengganggu kesehatan namun juga memalukan bagi penderitanya. Untuk mengobatinya secara alami kita dapat memanfaatkan olahan daun bengang. (Baca juga: 16 manfaat bunga kamboja serta bagian lainnya)
  4. Mencegah ISK (Infeksi Saluran Kemih) Konsumsi ramuan daun bengang juga sangat bermanfaat untuk mencegah terjadinya gejala-gejala akibat infeksi pada saluran kemih/kencing. Seperti nyeri ketika buang air kecil, urine yang sangat bau dan keruh, hingga rasa mual, demam, dan nyeri pada daerah selangkangan.
  5. Mencegah dan mengobati penyakit kencing batu Manfaat lain dari yang juga dapat diperoleh dari daun bengang adalah untuk mencegah dan mengobati penyakit kencing batu. Penyakit berupa penyumbatan saluran kemih oleh batu atau kristal hasil pengendapan berbagai macam zat yang tidak terbuang dengan sempurna atau kelebihan vitamin tertentu ini dapat dicegah dan diatasi dengan meminum air rebusan daun bengang. (Baca juga: manfaat daun alpukat)
  6. Baik untuk kesehatan ginjal Konsumsi daun bengang juga sangat baik untuk menjaga kesehatan ginjal sehingga ginjal dapat bekerja secara maksimal dan tidak menimbulkan berbagai gangguan pada tubuh sehubungan dengan fungsi ginjal. (Baca juga: manfaat kulit manggis untuk ginjal – manfaat jahe untuk ginjal)
  7. Antibakteri Daun bengang juga memiliki sifat antibakteri sehingga dapat digunakan untuk mengusir berbagai bakteri berbahaya dari tubuh yang dapat menyebabkan penyakit. (Baca juga: manfaat jeruk nipis – 12 manfaat bawang putih bagi kesehatan kulit teruji)
  8. Menurunkan panas/demam Jika anak anda atau siapa pun terkena demam anda dapat juga menggunakan daun bengang sebagai kompres untuk menurunkan suhu tubuh. (Baca juga: manfaat obat neuralgin – manfaat parasetamol)
  9. Mengobati penyakit wasir Jika anda menderita wasir atau ambeien dan merasa malu untuk berobat ke dokter karena berhubungan dengan anggota tubuh yang tersembunyi anda dapat mencoba ramuan tradisional dari daun bengang untuk mengatasinya. (Baca juga: manfaat daun sirsak untuk wasir)
  10. ads
    Mengobati luka akibat gigitan ular Luka akibat gigitan ular dengan level ringan juga dapat disembuhkan dengan menggunakan ramuan daun bengang. Caranya dengan melumatkan daun dan akar tumbuhan bengang, kemudian ramuan ini dibalurkan pada kulit yang terluka. (Baca juga: manfaat rivanol – manfaat air mani)
  11. Mengobati penyakit sifilis Penyakit yang menular akibat berhubungan seksual dengan orang yang terinfeksi penyakit ini merupakan penyakit yang cukup berbahaya karena tidak hanya menyerang alat kelamin namun jika telah parah bisa menyebabkan kebutaan, demensia, lumpuh, bahkan meninggal dunia. Untuk itu jika terdeteksi mengidap penyakit ini segeralah berobat salah satunya dengan meminum ramuan dari daun bengang. (Baca juga: manfaat super tetra)
  12. Mencegah penyakit diare Sebagian orang mungkin menganggap sepele penyakit diare. Padahal penyakit ini termasuk salah satu penyebab kematian yang cukup besar pada anak-anak. Agar anggota keluarga anda terhindar dari diare buatkanlah mereka ramuan daun bengang sebagai pencegah diare. (Baca juga: manfaat daun jambu biji untuk diare – manfaat oralit)
  13. Mencegah penyakit disentri Selain diare ramuan daun bengang juga dapat mencegah timbulnya penyakit disentri. Penyakit ini memiliki gejala berupa diare yang disertai darah, mual, kram perut, hingga demam. (Baca juga: manfaat daun suji – 13 manfaat daun dadap untuk pongobatan dan kesehatan)
  14. Baik untuk pencernaan Pencernaan yang baik dapat menghindarkan kita dari berbagai penyakit serta memaksimalkan penyerapan sari-sari makanan oleh tubuh. Untuk mendapatkan pencernaan yang sehat kita dapat mengonsumsi ramuan daun bengang. (Baca juga: manfaat yakult)
  15. Membantu kerja dan fungsi usus  Usus merupakan bagian dari sistem pencernaan yang memiliki tugas penting untuk menyerap sari makanan. Untuk memaksimalkan fungsi usus ini dapat dilakukan dengan meminum ramuan daun bengang. (Baca juga: manfaat belimbing)
  16. Mengatasi sembelit Penyakit yang berhubungan dengan pencernaan yang juga dapat diatasi dengan mengonsumsi daun bengang adalah sembelit atau susah buang air besar. Zat-zat dalam daun bengang mampu membantu feses agar tidak mengeras dan bergerak lebih lancar. (Baca juga: manfaat vegeta)
  17. Bahan pembuatan peti Kayu dari pohon begang merupakan jenis kayu yang bagus dan kuat sehingga cocok dijadikan bahan baku pembuatan peti kayu.
  18. Bahan pembuatan papan Selain peti kayu kayu pohoh bengang juga dapat diolah menjadi papan yang banyak dibutuhkan dalam pembuatan rumah dan bangunan.
  19. Bahan pembuatan perahu Kayunya yang kuat menjadikan kayu pohon bengang juga dapat diolah untuk dijadikan perahu.
  20. Mempercepat proses reboisasi Reboisasi atau penghijauan kembali sangat diperlukan untuk mengembalikan kondisi alam yang sudah rusak karena keserakahan manusia. Salah satu tumbuhan yang tepat ditanami adalah pohon bengang karena ia dapat tumbuh dengan cepat sehingga dapat mempercepat proses reboisasi. (Baca juga: 25 manfaat penghijauan bagi lingkungan manusia)

Itulah diantara manfaat yang bisa kita peroleh dari ramuan tumbuhan bengang baik akar, daun, buah, maupun batangnya. Agar daun bengang dapat tahan lama dan lebih mudah dikonsumsi ketika dibutuhkan daun ini dapat diolah dengan cara dikeringkan dan dihaluskan hingga menjadi bubuk. Kemudaian ketika akan diminum bubuk daun bengang  tinggal diseduh dengan air panas. Atau bisa juga dengan cara disangrai atau dibakar hingga menjadi abu dan kemudian abunya diseduh dengan air mendidih. Air inilah yang kemudian dikonsumsi. Selain itu kini juga telah tersedia ekstrak tumbuhan bengang yang diolah dalam bentuk kapsul sehingga lebih praktis dan mudah dikonsumsi. Untuk mendapatkan hasil maksimal sebaiknya perhatikan juga dosis daun bengang yang dikonsumsi agar tidak berlebihan.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Thursday 04th, May 2017 / 04:47 Oleh :
Kategori : Tumbuhan