10 Manfaat Daun Cuing Sebagai Obat

Bagi sebagian besar orang mungkin sedikit kurang familiar dengan jenis tanaman yang satu ini berbeda jika anda melihat manfaat jus belimbing untuk kecantikan, yaitu daun cuing. Mungkin sebagian besar orang mengenal daun cuing sebagai daun cincau namun, pada dasarnya daun cuing ini berbeda dengan daun cincau. Perbedaan mencolok terletak pada bentuk serta tekstur daunnya walaupun secara fisik memang hampir mirip. Daun cuing memiliki bentuk yang tidak lebar berbeda dengan daun cincau yang cenderung tumbuh melebar. Selain itu daun cuing juga tipis tidak seperti daun cincau yang tebal dan cenderung tidak mudah robek.

Selain itu tumbuhan daun cuing cenderung merambat berbeda jika daun cincau memiliki pohon yang tegak. Tidak hanya itu, jika soal rasa maka daun cuing dan cincau jelas sangat berbeda. Namun, dari semua perbedaan ada pula kesamaan yaitu dari cara membuat jeli atau agar- agar. Untuk membuatnya cukup mudah, anda hanya perlu menyediakan daun cuing secukupnya lalu haluskan dan beri air. untuk perbandingan air dan daun cuing yaitu 1: 2 agar hasilnya bagus. Setelah itu saring dan masukkan ke dalam cetakan atau wadah agar- agar, tunggu hingga dingin maka agar- agar cuing dapat dinikmati.

Anda bisa menikmatinya dengan santan atau susu kental manis, akan lebih nikmat jika ditambahkan es batu. Daun cuing tidak hanya bisa dijadikan sebagai salah satu bahan dasar agar- agar saja tetapi juga bisa dijadikan sebagai bahan dalam pembuatan minuman hangat atau bisa disebut rebusan. Untuk membuat air rebusan daun cuing, caranya sangat mudah dan praktis. Sediakan sekitar 5 hingga 7 daun cuing dan 500cc air, sebagai penambah rasa anda bisa menambahkan lemon dan madu.

Rebus daun cuing dan air hingga mendidih dan diamkan selama 2 menit, tambahkan madu dan perasan jeruk lemon. Minumlah selagi hangat maka akan lebih nikmat dan ternyata daun cuing memiliki banyak sekali kandungan nutrisi serta zat yang baik untuk kesehatan tubuh. Tidak hanya bisa menjaga kesehatan saja tetapi kandungan nutrisi serta zat yang ada pada daun cuing mampu menjadi obat bagi beberapa macam penyakit, mulai dari penyakit ringan hingga penyakit yang cukup parah. Dan bagi anda yang penasaran berbeda dengan manfaat minum yang pahit dan getir namun kaya nutrisi, berikut merupakan penjelasan mengenai apa saja manfaat dari daun cuing.


Manfaat Daun Cuing

  1. Meredakan Panas Dalam

Bagi anda yang sedang mengalami panas dalam, ada banyak sekali cara yang bisa anda lakukan mulai dari makan ataupun minum yang dapat meredakan panas dalam. Salah satu jenis minuman yang dapat meredakan panas dalam anda yaitu air daun cuing.

  1. Mengatasi Masuk Angin

Selain dapat meredakan panas dalam, jika anda mengalami masuk anging maka anda bisa mengatasinya dengan air rebusan daun cuing. Minumlah selagi hangat, sebagai penambah rasa maka anda bisa menambahkan gula ataupun madu.

  1. Mengatasi Demam

Air rebusan daun cuing hangat juga mampu meredakan demam secara efektif berbeda dengan manfaat sahur dengan pisang , minumlah sebanyak 3 kali dalam sehari maka demam anda akan turun dengan sendirinya.

  1. Mengatasi Hipertensi

Hipertensi atau penyakit darah tinggi akan sangat berbahaya jika dibiarkan begitu saja, jika anda sudah merasakan gejalanya seperti pusing berlebih. Atasilah dengan minum air rebusan daun cuing.

  1. Mengatasi Diare

Kandungan antibakteri serta beberapa jenis zat lain pada daun cuing sangat ampuh untuk mengatasi diare. Apalagi bagi anda yang terkena diare karena salah makan berbeda dengan manfaat pohon bodhi, minumlah sebanyak 3 hingga 4 kali dalam sehari.

  1. Melancarkan Pencernaan

Pencernaan merupakan salah satu sistem yang ada pada tubuh dan harus dijaga dengan baik, untuk itu bagi anda yang sering mengalami gangguan pencernaan seperti sulit BAB dan sembelit, anda bisa minum daun cuing.

  1. Mencegah Kanker

Kandungan antioksidan tinggi pada daun cuing sangat baik untuk mencegah beberapa macam penyakit kronis seperti kanker dan tumor.

  1. Mengatasi Radang

Air rebusan daun cuing hangat mampu mengobati radang tenggorokan dan lambung, tidak hanya itu saja air rebusan daun cuing mampu meredakan nyeri serta meredakan demam.

  1. Mengatasi Stress

Bagi anda yang sering mengalami stress karena banyak pikiran, anda tidak perlu khawatir. Anda bisa membuat beraneka ragam minuman dari daun cuing, seperti es cuing, ataupun cuing hangat. Kandungan zat yang ada pada daun cuing akan melemaskan otot serta saraf yang tegang sehingga anda bisa lebih rileks.

  1. Menjaga Kesehatan Ginjal

Ginjal merupakan salah satu organ yang sangat penting, untuk itu anda perlu menjaganya. Salah satu cara agar ginjal anda tetap sehat berbeda dengan manfaat pohon benalu, anda bisa minum air cuing secara berkala.

Itulah berbagai manfaat dari daun cuing yang dapat kami sampaikan, konsumsilah secara rutin untuk mendapatkan manfaatnya. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat serta menambah wawasan anda.

 

, ,
Oleh :
Kategori : Herbal