Sponsors Link

10 Manfaat Chia Seed Bagi Kesehatan – Kulit – Ibu hamil – Diabetes

Sponsors Link

Bagi beberapa orang mungkin masih sangat awam dengan jenis tanaman yang satu ini yaitu chia seed. Chia seed adalah biji dari tanaman mint yang tumbuh di wilayah padang pasir. Tanaman ini juga dikatakan berasal dari Amerika tengah khususnya pada wilayah Mexiko dan Guatemala. Suatu suku yang bernama suku Aztec menjadikan chia seed sebagai makanan pokok mereka, karena menurut kepercayaan mereka biji cia dapat meningkatkan energi atau stamina tubuh. Memang bagi sebagian masyarakat ada yang tidak mengetahui tentang keberadaan dan khasiat dari tanaman ini, chia seed kaya dengan kandungan nutrisi dan sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia.

ads

chia seedChia seed merupakan salah satu superfood terbaik yang kaya dengan kandungan nutrisi yang berguna bagi tubuh manusia. Dalam biji chia terdapat kandungan Omega-3, Karboidrat, Protein, Fiber, Anti Oksidan, dan Kalsium. Mengapa chia seed aman dikonsumsi dan memiliki manfaat yang besar? Karena biji chia adalah biji-bijian alami yang tidak diproses menggunakan teknologi canggiih dan bahan-bahan kimia.

Biji chia dapat langsung dikonsumsi atau bisa dicampurkan sebagai bahan makanan. Chia seed terdiri dari 2 jenis yaitu chia seed hitam dan chia seed putih. Pada dasarnya tidak ada perbedaan yang mencolok dari kedua jenis ini hanya warnanya saja yang berbeda. Hanya saja chia seed berwarna putih sedikit lebih gurih dibandingkan dengan warna hitam. Akan tetapi kandungan nutrisi dari kedua jenis ini masih sama, karena keduanya berasal dari satu keluarga. Pemilihan chia seed sendiri untuk di konsumsi tergantung dengan kesukaan masing-masing. Jadi tidak ada perbedaan yang sangat khusus antara jenis biji chia tersebut.

Nah, untuk lebih jelasnya ada beberapa perbandingan kandungan nutrisi dalam biji chia dengan biji-bijian yang lain. Perbandingan tersebut akan membuktikan bhawa chia seed memiliki kandungan nutrisi lebih tinggi sehingga baik bagi kesehatan tubuh.

Perbandingan kandungan nutrisi dalam chia seed

  • Kandungan Omega-3 dalam chia seed 8 kali lebih tinggi dibandigkan dengan ikan salmon.
  • Kandungan Kalsium dalam chia seed 6 kali lipat besarnya dibandingkan dengan susu.
  • Jumlah Protein dalam biji chia 2 kali lebih tinggi dibandingkan dengan biji-bijian lainnya.
  • Kandungan Pottasium dalam chia seed 6 kali lebih banyak dibandingkan dengan pisang.
  • Jumlah Antioksidan dalam chia seed 3 kali lebih banyak dibandingkan dengan bluberry.
  • Kandungan Zat besi yang terdapat dalam chia seed 3 kali lebih tinggi jika dibandingkan dengan bayam..

Biji chia adalah sumber protein yang terlengkap yang menyediakan semua asam amino, yang yang penting bagi tubuh dan sangat muah dicerna. Banyak sekali bukan nutrisi yang terkandug dalam biji chia yang selama ini tidak ketahui. Jika mengkonsumsi chia seed setiap harinya akan dapat melengkapi kebutuhan nutrisi tubuh kita sehari-hari.

Selain kaya dengan kandungan nutrisi dan mudah dicerna, biji chia ternyata sangat tahan lama. Biji chia dapat disimpan dalam keadaan kering selama 4 hingga 5 tahun lamanya, selama jangka waktu tersebut biji chia tidak akan mengalami penurunan rasa, aroma, ataupun kandungan gizi dan nutrisinya. Setelah mengetahui kandungan nutrisi dalam chia seed, selanjutnya kita akan membahas tentang manfaat apa saja yang terdapat jika mengkonsumsi chia seed. Manfaat apa saja yang akan diperoleh oleh tubuh kita jika mengkonsumsi biji chia ini. berikut Manfaat chia seed bagi kesehatan yang harus anda perhatikan.

1. Membantu menurunkan berat badan.

Biji chia dapat mencegah penyerapan kalori dalam tubuh. Chia seed dapat menyerap air hingga membentuk gel, dapat menyimpan air lebih banyak. Hal tersebut akan memberi efek rasa kenyang yang lama. Tidak hanya itu mengkonsumsi chia seed dapat membantu seseorang untuk mengatasi keinginannya untuk makan atau ngemil.

2. Hidrasi untuk atlet.

Ternyata diketahui biji chia dapat menghidrasi tubuh seorang atlet. Dengan demikian atlet yang sedang bertanding tidak buru buru buang air kecil deh.

3. Menyerap gula dan baik bagi penderita diabetes.

Biji chia mampu memperlambat proses konversi dari karbohidrat menjadi gula darah. Namun al itu terjadi saat chia seed dikonsumsi bersama-sama saat mengkonsumsi karbohidrat, akan tercipta penghalang antara karbohidrat dan pencernaan enzim.

4. Bebas Gluten.

ads

Kandungan protein yang terdapat dalam biji chia tidak memiliki dampak yang kurang baik bagi seseorang. Beberapa orang memang ada yang sensitif dengan gluten.

5. Mengandung Omega-3.

Chia seed adalah makanan yang memiliki kandungan Omega-3 tertinggi dan diketahui biji-bijian ini memiliki kandungan Omega-3 lebi besar dari ikan salmon.

6. Membantu Nafsu makan tidur dan mood

Kandungan Triptofan dalam biji chia diketahui memiliki manfaat untuk membantu nafsu makan, tidur, serta mood dalam diri seseorang.

7. Membantu proses pembentukan tulang dan gigi

Membantu proses pembentukan tulang dan gigi, metabolisme, dan memperbaiki sel yang rusak. Hal itu disebabkan karena kandungan fosfor yang terdapat dalam biji chia.

8. Kaya kandungan mineral mangan

Kaya dengan kandungan mineral mangan. Mangan memang tidak terlalu terkenal, akan tetapi mangan sangat dibutuhkan oleh tubuh.

9. Membantu mencegah peradangan dan jantung

Dapat membantu mencegah peradangan, gangguan jantung, mengatasi alergi serta depresi, dan mampu menjaga tekanan darah untuk tetap stabil.

10. Membantu proses detoksifikasi 

Mampu mengikat dan membawa keluar toxin-toxin yang ada di empudu dan usus manusia.

Memang sangat banyak sekali manfaat dari biji chia bagi kesehatan tubuh kita. Mungkin masih ada sebagian orang yang bingung bagaimana cara terbaik menggunakan atau cara mengkonsumsi chia seed. Pembahasan kita selanjutnya ialah cara mengkonsumsi chia seed.

Cara mengkonsumsi chia seed

  1. Biji chia yang memiliki tekstur lembut dapat di campurkan dengan sereal, nasi, yoghurt, sayuran, dan juga dalam berbagai jenis minuman.
  2. Kebanyakan chia seed di campur dengan air minum dan bisa meminumnya seperti biasa.
  3. Biji chia juga dapat dibuat menjadi jelly atau yang biasa kita sebut dengan agar-agar. Caranya sangat mudah sekali larutkan 8 sendok makan biji chia dengan 2 gelas air putih, aduk hingga rata setelah itu simpan dalam lemari es.
  4. Tidak hanya membuat jelly yang dapat dikonsumsi, namun jelly dari chia seed ini dapat di tambahkan dalam puding atau juga saus salad.
  5. Chia seed dapat juga dimasukkan dalam minuman jus.
  6. Biji chia juga bisa ditaburkan diatas buah yang telah dipotong-potong.
  7. Ternyata saat biji chia direndam lama, maka kandungan nutrisinya semakin tinggi.

Itulah beberapa pembahasan mengenai manfaat chia seed bagi kesehatan dan semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua. Dan pastinya silahkan mulai mencoba konsumsi biji chia yang kaya manfaat.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

,
Post Date: Sunday 15th, November 2015 / 15:14 Oleh :
Kategori : Tumbuhan