Manfaat Cabai

Manfaat cabai biasa dikenal sebagai bumbu masakan pada anda yang menyukai cita rasa pedas. Tanaman cabai banyak dijumpai di pekarangan setiap rumah, ini karena tanaman cabai cukup mudah dan tidak memerlukan banyak tempat. Selain sebagai penghasil warna kemerahan rasa pedas bagi masakan, cabai meyimpan manfaat yang amat berguna bagi tubuh. Berikut akan kita ulas pada artikel ini

Manfaat Cabai Bagi Kesehatan

Cabai memiliki kandungan yang mampu menunjang kesehatan bagi yang menkonsumsinya. Salah satu zat yang sangat baik dimiliki cabai adalah zat kapsaikin, kapsisidin, vitamin A dan vitamin C. Vitamin C ini juga kaya kandungan pada cabai, sama seperti manfaat jeruk,manfaat lemonmanfaat anggur yang dikenal sebagai sumber vitamin C. Berikut ini bebrapa manfaat cabai baik dikonsumsi oleh kita :

  • Mengurangi pegal-pegal badan

Pada cabe terdapat senyawa kapsisikol yang memberikan rasa hangat alami cabe. Keistimewaan inilah yang dapat membantu bagi penderita pegal-pegal akibat pekerjaan berat. Hal ini membuat cabai, dibuat menjadi obat dalam bentuk koyo yang memudahkan kita untuk mendapat manfaat cabai.

  • Anti radikal bebas.

Antioksidan pada cabai mampu menangkal radikal bebas yang menyerang tubuh, radikal bebas merupakan salah satu penyebab terjadinya gejala kanker. Kandungan antioksidan cabai, legih banyak pada cabai yang berwarna hijau ketimbang cabai merah.

  • Menyehatkan Pencernaan

Manfaat cabai pada kandungan kapsikin pada cabai mampu merangsang mikroorganisme baik pada pencernaan yang berakibat baik bagi pada penyerapan nutrisi untuk sumber metabolisme. Pada penelitian baru-baru ini, kapsikin mampu mencegah organ lambung dari infeksi bakteri seperti H.pylori

Pengkonsumsian Cabai

Cabai termasuk kedalam golongan makanan herbal yang sebenarnya amat menyehatkan. Namun pada perkembangannya banyak dilakukan pengawetan pada jenis bahan makanan ini. Ini justru merusak kandungan alami pada cabai tersebut dan berpotensi membuat permasalahan kesehatan yang lain. Maka dari itu, kita harus pintar-pintar dalam memilih bahan makanan yang alami dalam bentuk yang masih segar. Pada cabai itu sendiri, apabila dikonsumsi pada orang yang memiliki sensitifitas pada makanan yang pedas, harus dikonsumsi dalam batasan yang wajar dan tidak berlebihan. Karena kita selayaknya menginkan manfaat cabai kita peroleh dengan baik, bukan efek samping karena mengkonsumsinya yang terlalu banyak.

Post Date: Monday 04th, August 2014 / 09:58 Oleh :
Kategori : Buah Buahan