Manfaat Daun Binahong untuk Pencernaan : Kandungan & Khasiat

Sistem pencernaan seringkali berguna memecahkan makanan dan menyebabkan absorbsi nutrien ke dalam aliran darah. Berbagai gangguan pencernaan seringkali menyerang. Nyeri perut yang disebabkan ulkus dan salah cerna karena konsumsi makanan yang berlebihan akan mengakibatkan gangguan pencernaan. Dalam rangka mengatasi berbagai gangguan pencernaan, terdapat beragam herbal yang dapat digunakan, salah satunya adalah daun binahong.

Daun binahong merupakan salah satu tanaman herbal yang dapat mengatasi berbagai penyakit. Daun binahong merupakan tanaman yang berasal dari Korea, dan sudah dikenal cukup lama di Indonesia dengan sebutan gondola (Basella rubra Linn). Daun binahong seringkali dianggap sebagai daun ajaib. Selain itu, manfaat binahong adalah sebagai obat herbal untuk sistem pencernaan.

Kandungan Daun Binahong

Kandungan daun binahong yang berguna bagi kesehatan tubuh, yaitu saponin, alkaloid, dan minyak atsiri. Kandungan ini sangat bermanfaat bagi tubuh kita dan akan dijelaskan lebih lanjut pada ulasan di selanjutnya.

Manfaat Daun Binahong untuk Pencernaan

Berikut ini adalah manfaat daun binahong untuk pencernaan.

  • Menyembuhkan sakit perut

Seringkali sakit perut dialami oleh setiap orang dan menerpa pada waktu yang tidak diharapkan. Bahkan, sarapan juga seringkali dilewatkan yang dapat mengakibatkan gangguan sistem pencernaan. Konsumsi daun binahong dalam bentuk jamu (manfaat jamu adalah membantu meredakan kram otot) atau air rebusan berguna untuk menyembuhkan sakit perut

  • Mengobati wasir

Apabila Anda termasuk penderita wasir, maka daun binahong dapat digunakan untuk mengatasi wasir atau ambeien. Kandungan dalam daun binahong mampu menciptakan otot dalam anus yang awal mulanya membengkak menjadi lebih santai, sehingga wasir sedikit demi sedikit akan menyusut. Hal ini kemungkinan disebabkan kandungan asam oleanolik pada daun binahong. Asam oleanolik merupakan golonogan triterpenoid yang berfungsi sebagai antioksidan pada tanaman. Asam oleanolik mampu mencegah masuknya racun ke dalam sel dan meningkatkan sistem pertahanan sel. Namun, fungsinya sebagai obat wasir dikarenakan sifat antiinflamasinya. Caranya adalah cukup mudah, yaitu dengan menggunakan sebanyak 16 helai daun binahong yang direbus hingga matang, kemudian satu gelas daun binahong rebus diminum dan Anda akan merasakan manfaatnya.

  • Menyembuhkan penyakit maag

Maag disebabkan tingginya kadar asam lambung. Hal ini dapat diatasi dengan senyawa yang bersifat basa. Hal ini dapat diatasi oleh daun binahong yang mengandung saponin dalam jumlah yang tinggi. Kandungan saponin yang sangat tinggi dalam daun binahong akan menyebabkan sifatnya yang menyerupai sabun (Basa) mampu menetralisir asam lambung. Selain itu, manfaat antioksidan berfungsi untuk menangkal radikal bebas membuat Anda menjadi lebih sehat dan terhindar dari berbagai kemungkinan serangan penyakit. Senyawa ini dapat ditemukan pada lendir tanaman binahong, utamanya pada daun binahong. Dengan mengonsumsi air rebusan daun binahong, maka maag yang Anda alami akan tidak mudah kembali.

  • Membantu melancarkan buang air besar atau disentri

Daun binahong mampu mengontrol kerja sistem pencernaan menjadi lebih stabil. Hal ini akan sangat membantu untuk menghindari Anda dari berbagai penyakit pencernaan seperti diare ataupun sembelit. Daun binahong mampu melancarkan buang air besar, sehingga membantu penurunan penumpukan kadar lemak di dalam tubuh dan kegemukan yang berguna bagi diet. Hal ini dikenal sebagai solusi diare yang dapat dilakukan dengan mudah, yaitu daun binahong sebanyak 10 lembar dicuci hingga bersih, direbus hingga mendidih hingga tersisa 1 gelas dan diminum sekali sehari.


  • Membantu mengobati pembengkakan usus

Daun binahong mampu mengobati pembengkakan usus. Hal ini dapat dilakukan dengan mudah, yaitu daun binahong sebanyak 3 lembar diambil dan dicuci hingga bersih. Selanjutnya, direbus hingga mendidih hingga tersisa 1 gelas. Selanjutnya, air rebusan diminum sekali sehari.

  • Membantu meningkatkan nafsu makan

Kandungan saponin yang membuatnya menimbulkan rasa pahit seringkali berguna untuk meningkatkan nafsu makan dan membantu memperbaiki sistem pencernaan. Bahkan, rasa pahit ini seringkali merangsang efeknya terhadap hati dan memiliki aksi pendinginan. Selain itu, daun binahong mampu meredakan gejala irritable bowel syndrome, meningkatkan penurunan rasa mual, kembung, serta mengatasi konstipasi dan nyeri akibat gas. Selain itu rasa pahit ini akan menstimulasi enzim pada saluran pencernaan untuk beraksi sebagaimana semestisnya, dan membantu menstimulasi gerakan peristalsis. Selain itu, saponin ini kerap kali memiliki aksi tonik pada saluran pencernaan dan menstimulasi mekanisme perbaikan mandiri. Rasa pahit ini memiliki aksi reflex, yang menstimulasikan reseptor rasa pahit di dalam mulut (yang ditemukan pada bagian posterior lidah). Selain itu, mencicipi rasa pahit merupakan bagian dari efek terapeutik dan akan bertahan selama beberapa detik di dalam mulut. Selama ini, pesan akan dikirimkan dari saraf glosofaringeal menuju otak untuk menstimulasi sel lambung di dalam perut (melalui saraf vagus) untuk memproduksi asam hidroklorida.

  • Memiliki aksi astringen

Daun binahong akan beraksi dengan berikatan dengan membrane mukosa, dan jaringan. Tanin merupakan salah satu konsituen aktif yang mampu beraksi dengan efek astringen. Tanin akan mempresipitasi protein, sehingga memberikan penghalang yang lebih erat dan bersifat lebih tahan terhadap berbagai inflamasi dan mikroba. Tanin bekerja dengan mengurangi iritasi dan inflamasi pada jaringan lambung, serta membentuk penghalang terhadap infeksi pada luka terbuka sehingga mengurangi terjadinya sekresi.

 

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Herbal