Sponsors Link

Manfaat Burung Merak : Daging, Telur dan Bulu

Sponsors Link

Anda pasti mengenal burung merak bukan? Burung indah yang berwarna hijau dan biru itu memiliki ukuran besar dibandingkan dengan jenis unggas lainnya. keberadaan dari burung merak memang agak susah ditemukan di alam liar ya karena saat ini sudah banyak menjadi binatang perburuan. Namun meski demikian anda tidak perlu cemas karena anda pun dapat melihat penampakan burung merak secara langsung di kebun binatang.

ads

artikel terkait:

Jika anda melihat burung merak mungkin yang paling dinantikan adalah saat bulu ekornya mengembang bukan? Ya ini memang moment yang sangat ditunggu dan ternyata hanya burung merak jantan yang memiliki ekor panjang dan bisa mengembang sedangkan burung merak betina tidak memilikinya. Hal ini digunakan untuk menarik burung merak betina, jadi burung merak yang cantik adalah burung jantannya. Dibalik keindahan bulunya burung merak juga memiliki manfaat bagi manusia lho. Apa saja ya, simak artikel ini baik-baik ya.

Manfaat burung merak

Keberadaan burung merak di dunia tentu tidak sekedar ada saja namun juga memiliki manfaat bagi makhluk hidup lainnya. berikut ini adalah beberapa manfaat dari burung merak.

  1. Sebagai makanan

Manfaat pertama dari burung merak adalah dapat dijadikan sebagai makanan terutama bagi manusia. Daging burung merak dipercaya mampu mengobati berbagai masalah kesehatan terutama di sekitar perut. Untuk dapat menikmatinya sangat mudah hanya seperti mengolah daging ayam saja. selain daging, bagian lainnya yang dapat dikonsumsi adalah telur burung merak. Telur ini juga dipercaya mampu mengatasi berbagai masalah kesehatan. namun jika anda memakan bagian empedu dipercaya kegilaan akan segera mampir di tubuh anda.

Meskipun burung merak dapat dijadikan sebagai bahan makanan untuk manusia namun sebaiknya anda mengonsumsinya saat keadaan mendesak saja dan sudah sangat darurat seperti misalnya tersesat di hutan. Hal ini disebabkan karena burung merak merupakan salah satu binatang yang sudah dilindungi karena kelangkaannya akibat banyaknya perburuan pada burung yang indah satu ini.

artikel terkait: manfaat kerodongmanfaat ebod jossmanfaat apel untuk burung kenari

  1. Sebagai penyeimbang ekosistem

Burung merak juga berfungsi sebagai penyeimbang ekosistem karena peran dirinya adalah sebagai pemakan serangga sehingga tidak banyak serangga di ekosistem. Apabila burung merak punah maka keseimbangan ekosistem dapat terganggu.

artikel terkait: manfaat makan apel di malam hari9 manfaat daun saga untuk kesehatan dan burungmanfaat ulat hongkong

Sponsors Link

  1. Bulunya dapat digunakan sebagai berbagai seni

Manfaat dari burung merak yang sangat fenomenal adalah dari bulunya. Ya bulunya yang indah terutama dari burung merak jantan memiliki desain yang sangat menarik dan unik sehingga biasanya digunakan sebagai media seni seperti untuk membuat baju, sebagai hiasan rumah, bandana dan lainnya. namun bulunya ini harus didapatkan cukup susah ya karena harus menunggu bulu burung merak jantan berguguran. Namun anda tidak perlu khawatir saat ini karena sudah banyak tersedia bulu burung merak sintesis yang dapat anda beli dipasaran. Sebaiknya anda menggunakan tiruannya saja ya supaya keberadaan burung merak tetap terselematkan dan kita tetap bisa melihat keindahannya.

artikel terkait: manfaat apel hijau untuk dietmanfaat biji apelmanfaat tepung kroto

Itulah tiga manfaat yang bisa didapatkan dari burung merak. Sekali lagi meskipun bermanfaat banyak namun jangan coba untuk merawatnya sendiri karena burung ini sudah langka sebaiknya diberikan pada pihak berwenang untuk mengurus burung merak tersebut ya.

Hal unik lainnya dari burung merak adalah banyak orang percaya jika seseorang bermimpi burung merak maka ini akan menjadi pertanda buruk yaitu orang tersebut akan tunduk pada musuh atau kesengsaraan. Apapun itu pertandanya burung merak tetap tidak boleh disakiti ya. demikian artikel kali ini, terima kasih dan semoga bermanfaat.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Thursday 22nd, December 2016 / 14:31 Oleh :
Kategori : Hewan