14 Manfaat Burung Gereja Untuk Lingkungan dan Kesehatan

Manfaat Burung GerejaBurung gereja merupakan jenis burung yang seringkali kita lihat hidup liar di sekeliling rumah baik di perkotaan ataupun desa. Burung gereja merupakan jenis burung yang hidup secara berkelompok dan membuat sarang di pepohonan. Burung gereja merupakan burung pemakan segalanya akan tetapi lebih menyukai biji bijian seperti padi ataupun biji bijian pakan dari burung kicau. Burung gereja sendiri pertama kali tersebar di wilayah Eropa, Asia dan juga Afrika dengan beberapa spesies yang berbeda beda. Meskipun burung ini sering dianggap hama, akan tetapi manfaat burung gereja juga cukup banyak bagi manusia dan juga lingkungan.

  1. Masteran Burung

Bagi para pencinta burung kicau, burung gereja banyak dicari pencinta burung karena rajin berkicau sehingga bisa dijadikan masteran untuk burung kicau peliharaan yang mempunyai kemampuan untuk menirukan suara burung lainnya seperti burung gereja.

  1. Indikator Kebersihan Udara

Keberadaan dari burung gereja di sebuah wilayah atau tempat bisa dijadikan indikator kebersihan manfaat udara yang ada di lingkungan tersebut. Burung gereja akan lebih banyak terlihat pada wilayah yang memiliki udara bersih sehingga lebih banyak terlihat di area pinggir kota ataupun di desa dibandingkan dengan perkotaan yang sudah tercemar dengan polusi.

  1. Untuk Sarana Fangsheng

Etnis Tionghoa juga memiliki kebiasaan untuk melepaskan hewan disaat Imlek seperti katak, burung dan juga beberapa jenis binatang lainnya. Fangsheng sendiri merupakan ajaran Budha yang sangat menghargai kehidupan dengan cara tidak membunuh makhluk hidup namun memberikan cinta dan welas asih pada sesama makhluk hidup. Burung gereja ini seringkali dijadikan sarana dalam Fangsheng dimana pada saat Imlek akan dilepas kembali ke alam bebas.

  1. Menambah Gairah Seksual

Menurut sebagian orang yang pernah mengkonsumsi daging burung gereja mengatakan jika daging burung ini bisa dikonsumsi untuk meningkatkan energi dan tenaga karena mengandung protein yang tinggi. Sedangkan untuk cara mengolahkanya sendiri bisa dilakukan dengan cara bakar atau goreng.

  1. Obat Mata Berair

Selain banyak manfaat daun sirih untuk mata, manfaat daging burung gereja selanjutnya adalah untuk mengobati mata berair yang terjadi karena debu, asap atau kotoran yang masuk ke dalam mata. Akan tetapi, untuk tingkat keberhasilannya memang belum bisa dipastikan dan bergantung dari tingkat keparahan kondisi mata penderita.


  1. Menghancurkan Batu Ginjal

Manfaat daging burung gereja juga dikatakan bisa menyembuhkan kencing batu yang umumnya diderita laki laki diatas 40 tahun. Untuk cara pengolahannya umumnya dilakukan dengan cara membakar daging burung pipit kemudian dibalur dengan garam dan dihancurkan dengan blender kemudian di minum sampai kencing batu bisa disembuhkan.

  1. Menghilangkan Kutil

Salah satu gangguan pada kulit yakni kutil yang berbentuk seperti bejolan kecil di kulit juga bisa disembuhkan dengan cara mengoleskan daging burung pipit yang dihaluskan dan ditambah dengan air liur manusia kemudian dioleskan pada kulit tersebut. Apabila dilakukan dengan teratur, maka dikatakan bisa menghilangkan kutil yang ada pada permukaan kulit tersebut.

  1. Sumber Protein Hewani

Mengkonsumsi daging burung gereja juga dikatakan bisa menjadi sumber protein pengganti daging sapi, ayam, domba ataupun kambing. Protein yang ada dalam burung gereja dikatakan cukup tinggi sehingga bisa meningkatkan kekuatan organ di dalam tubuh semakin maksimal.

  1. Makanan Alternatif Untuk Diet

Seperti 29 manfaat daging burung merpati untuk kesehatan, dalam daging burung gereja juga tidak memiliki kandungan lemak tinggi sehingga dikatakan aman untuk di konsumsi bagi seseorang yang sedang menjalankan program diet. Lemak rendah yang ada dalam daging burung ini juga aman di konsumsi penderita kolesterol.

Itulah tadi ulasan dari kami tentang manfaat burung gereja untuk kehidupan manusia dan juga di konsumsi. Sementara untuk kebenaran jika daging dari burung gereja ini bisa menyembuhkan berbagai penyakit memang belum dibuktikan lewat penelitian. Namun untuk anda yang ingin mencoba pengobatan alternatif dengan cara mengkonsumsi daging burung ini juga bisa dilakukan.

, , ,
Oleh :
Kategori : Hewan