Sponsors Link

6 Manfaat Bunga Dahlia Untuk Kesehatan

Sponsors Link

Bunga dahlia adalah salah satu jenis bunga yang tergolong dalam jenis asteraceae. Awalnya, bunga dahlia berasal dari Meksiko. Nama bunga dahlia sendiri berasal dari nama ilmuwan ahli botani yakni Anders Dahl yang berasal dari Swedia. Bunga dahlia adalah jenis bunga yang memiliki umbi dan banyak dimanfaatkan sebagai tanaman hias karena bunganya yang sangat cantik. Namun, tidak hanya dimanfaatkan sebagai tanaman hias, bunga dahlia juga memiliki manfaat yang lain yakni untuk kesehatan, termasuk umbi bunga dahlia.

ads

artikel terkait:

Kandungan Bunga Zat Dalam Bunga Dahlia

Bunga dahlia dikenal sebagai bunga yang memiliki khasiat karena terdapat berbagai kandungan di dalamnya, baik dalam bunganya maupun umbi bunga dahlia. Beberapa kandungan yang terdapat dalam bunga dahlia diantaranya inulin dan serat. Bunga dahlia juga memiliki kandungan kalori yang rendah, sehingga tidak masalah untuk dikonsumsi dan tidak menimbulkan berat badan berlebih. Inulin yang terkandung di dalam umbi bunga dahlia adalah bahan alami yang memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan dibandingkan kandungan bunga yang lainnya.

artikel terkait: manfaat taman bungamanfaat makan bunga melati

Khasiat Bunga Dahlia

Tidak hanya cantik sebagai tanaman hias, bunga dahlia juga memiliki beberapa manfaat. Beberapa manfaat atau khasiat yang dimiliki oleh bunga dahlia diantaranya:

  1. Menurunkan Tekanan Darah

Kandungan terbesar dalam bunga dahlia adalah inulin yang terdapat pada umbi bunga dahlia. Inulin yang terkandung dalam umbi bunga dahlia dapat menurunkan tekanan darah tinggi sehingga tekanan darah menjadi normal. Tekanan darah yang normal dapat menjadikan aliran darah lancar dan terhindar dari timbulnya penyakit stroke bagi beberapa orang.

artikel terkait: manfaat taman bunga

  1. Menurunkan Kadar Kolesterol

Kolesterol yang sudah masuk di dalam darah akan memberikan dampak yang buruk terhadap aliran darah dan dapat menimbulkan berbagai jenis penyakit seperti stroke dan jantung karena aliran darah tersumbat oleh kolesterol. Untuk melancarkan kembali aliran darah dapat dilakukan dengan banyak meminum air putih dan menghindari makanan yang berminyak. Selain meminum banyak air putih, menurunkan kadar kolesterol dalam darah dapat dilakukan dengan memakan umbi bunga dahlia. Karena kandungan yang terdapat di dalam umbi bunga dahlia dipercaya memiki zat yang dapat menghancurkan dan menurunkan kadar kolesterol yang mengganggu aliran darah. Dengan aliran darah yang lancar maka tubuh akan terhindar dari serangan penyakit jantung dan stroke.

artikel terkait: manfaat bunga cempaka merah

  1. Melancarkan Pencernaan

Umbi bunga dahlia memiliki kandungan serat yang cukup tinggi sehingga baik untuk sistem pencernaan. Kandungan dalam umbi bunga dahlia memiliki sifat yang larut di dalam air dan juga tidak mudah untuk dicerna oleh enzim pencernaan. Inulin dalam umbi bunga dahlia juga dapat menjadi probiotik. Probiotik inilah yang juga dapat berfungsi sebagai substrat mikroflora dimana jenis substrat ini sangat baik dan menguntungkan di dalam usus. Inulin dalam umbi bunga dahlia juga sangat bermanfaat untuk mencegah terjadinya kanker pada usus.

ads

Selain itu, asam laktat yang dihasilkan oleh inulin pada umbi bunga dahlia juga dapat membantu merangsang gerak peristaltik pada usus besar, sehingga daoat mencegah terjadinya sembelit.

artikel terkait: manfaat bunga bawang

  1. Menjaga Kesehatan Tulang Dan Gigi

Umbi bunga dahlia dapat dijadikan sebagai susu yang mudah untuk dikonsumsi. Susu yang dihasilkan oleh umbi bunga dahlia ini dapat dikonsumsi berbagai usia mulai dari anak-anak sampai orang dewasa. Susu ini memiliki kandungan inulin yang bermanfaat untuk membantu meningkatkan daya serap tubuh terhadap kalsium di dalam usus. Peningkatan daya serap terhadap kalsium ini dapat membantu pertumbuhan tulang dan gigi pada anak-anak. Sedangkan pada orang dewasa, mengkonsumsi susu dari umbi bunga dahlia dapat mencegah terjadinya pengeroposan tulang atau osteoporosis.

artikel terkait: manfaat bunga cocor bebek

  1. Mencegah Obesitas

Meskipun umbi bunga dahlia memiliki kandungan serat yang tinggi, namun kandungan kalori dalma umbi bunga dahlia dapat dikatakan rendah. Serat yang tinggi dan kandungan kalorinya yang rendah dapat membantu menurunkan berat badan dan mencegah terjadinya obesitas yang banyak dialami oleh orang yang memiliki potensi untuk gemuk.

artikel terkait: manfaat bunga begonia

  1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Kandungan inulin dalam bunga dahlia dapat difementasi menjadi asam lemak rantai pendek dan beberapa mikroflora  asam laktat. Asam lemak dan mikroflora asam laktat ini mampu menurunkan pH kolon dan menghambat pertumbuhan bakteri patogen secara alami. Pertumbuhan bakteri patogen yang terhambat ini mambu membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Daya tahan tubuh yang kuat akan menjadikan tubuh menjadi kebal terhadap beberapa penyakit yang menyerang, terlebih yang disebabkan oleh virus.

artikel terkait: manfaat bunga kertas

Bunga dahlia tergolong bunga yang tidak mudah untuk ditanam sehingga dapat digolongkan pula termasuk bunga langka.  Di Indonesia sendiri, bunga dahlia hanya cocok ditanam di daerah Jawa Barat. Meskipun tergolong langka, bunga dahlia memiliki warna yang sangat indah. Tidak hanya indah, bunga dahlia terlebih pada bagian umbinya dapat dimanfaatkan sebagai bahan alami yang menyehatkan tubuh dan mencegah terjadinya beberapa jenis penyakit yang menyerang tubuh.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Wednesday 01st, March 2017 / 05:18 Oleh :
Kategori : Kesehatan