Manfaat Buncis

Advertisement

Manfaat buncis banyak digunakan pada masakan sehari-hari berupa tumisan. Buncis merupakan sayuran seperti kacang panjang namun lebih manis dan lebih banyak air. Buncis biasa digunakan sebagai bahan untuk memasak beberapa masakan seperti sayur sop. Sayur-sayuran pada sop-sopan sangat beragam sehingga tidak hanya manfaat buncis yang kita dapatkan tapi juga manfaat sayuran lain seperti manfaat kentangmanfaat wortel, dan manfaat kol. Kandungan dan manfaat seperti apa sajakah yang menjadikan buncis penting dikonsumsi untuk kesehatan tubuh. Akan kita bahasa pada artikel ini.

Mengenal Buncis dan Manfaatnya

Tanaman buncis berasal dari tanah Amerika dan dikembangkan secara luas di daerah asalnya. Buncis merupakan tanaman yang tumbuh tegak dan membelit ysng mencapai panjang hingga dua meter.  Sayuran ini kaya dengan kandungan protein. Bunga dari tanaman buncis ini berwarna putih dan lama kelamaan berubah menjadi ungu. Sebenernya banyak variasi dari buncis, namun yang umum digunakan di Indonesia yang berwarna hijau. Buncis termasuk polong-polongan, ini berarti manfaat buncis tidak jauh berbeda seperti pada manfaat kacang panjangmanfaat kacang merah dan manfaat kedelai.

Manfaat Buncis dari Kandungan Gizinya

Buncis merupakan protein nabati yang mampu menutrisi tubuh dari beraneka ragam kandungan zat gizinya. Pada buncis terdapat kandungan vitamin B kompleks, vitamin K, vitamin A dan juga sejumlah mineral penting seperti beta karoten dan lutein. Buncis juga merupakan anti oksidan yang baik bagi tubuh. Kandungan kimia lain yang juga terdapat pada biji, batang dan daunnya adalah kaempesterol, allantoin dan inositol, alkoloid dan tannin. Hal inilah yang menjadikannya mampu mencegah berbagai permasalahan kesehatan seperti berikut ini :

  1. Mengatasi gejala penyakit diabetes. Zat seperti stigmasterol dan sitisterol melakukan peranannya untuk meningkatkan produksi insulin dari pankreas. Insulin ini yang akan mengontrol kadar gula darah pada tubuh. Semakin banyak produksi insulin makan akan semakin turun kadar gula darah.
  2. Manfaat buncis melancarkan pencernaan dan mencegah terjadinya konstipasi sehingga terhindar dari resiko gejala kanker usus besar.
  3. Mengobati penyakik pada lambung, seperti tukak lambung.
  4. Mampu melancarkan ASI bagi ibu hamil, dengan mengkonsumsi buncis yang berusia di bawah satu tahun atau biasa dikenal baby bean.
  5. Manfaat buncis juga mampu meningkatkan fungsi limpa dengan kandungan nutrisi glucoside.
Advertisement
Post Date: Monday 04th, August 2014 / 09:51 Oleh :
Kategori : Sayuran