5 Manfaat Buncis dan Kandungan Gizinya

Advertisement

Buncis merupakan sayuran seperti kacang panjang namun lebih manis dan lebih banyak air. Buncis termasuk polong-polongan, ini berarti manfaat buncis tidak jauh berbeda seperti pada manfaat kacang panjangmanfaat kacang merah dan manfaat kedelai. Kandungan dan manfaat seperti apa sajakah yang menjadikan buncis penting dikonsumsi untuk kesehatan tubuh. Berikut ini beberapa manfaat buncis yang diperoleh dari kandungan gizinya 1) :

  1. Mengatasi gejala penyakit diabetes. Zat seperti stigmasterol dan sitisterol melakukan peranannya untuk meningkatkan produksi insulin dari pankreas. Insulin ini yang akan mengontrol kadar gula darah pada tubuh. Semakin banyak produksi insulin makan akan semakin turun kadar gula darah.
  2. Buncis yang dikonsumsi secara keseluruhan, menyediakan serat makanan yang relatif tinggi . Serat diet membantu menurunkan kadar kolesterol darah, obesitas, dan sembelit.
  3. Buncis mengandung merupakan sumber asam folat yang sangat baik. Studi penelitian menunjukkan bahwa makanan yang kaya folat yang memadai pada ibu hamil akan membantu mencegah cacat tabung saraf pada bayi yang baru lahir. Mampu melancarkan ASI bagi ibu hamil, dengan mengkonsumsi buncis yang berusia di bawah satu tahun atau biasa dikenal baby bean.
  4. Buncis kaya dengan pitosterol, terutama ß-sitosterol. Studi menunjukkan bahwa sayuran seperti kacang-kacangan, buah-buahan, dan sereal kaya sterol membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.
  5. Buncis mengandung vitamin K yang telah ditemukan memiliki peran dalam membangun massa tulang dengan mempromosikan aktivitas osteo-trofik dalam tulang. Hal ini juga telah membatasi kerusakan saraf di otak.

Manfaat Buncis dari Kandungan Gizinya

Buncis merupakan biji yang ditutupi oleh polong. Ketika mengkonsumsi buncis cukup dengan persiapan waktu yang sebentar seperti di kukus bubur atau ditambahkan ke salad. Jika untuk meningkatkan kesehatan, kacang buncis adalah pilihan yang baik untuk mulai dimasukkan memasukkan dalam asupan sehari-hari.

Berikut ini beberapa kandungan gizi dalam buncis 2) :


Vitamin C

Salah satu manfaat kesehatan yang paling menonjol dari buncis adalah tingginya kandungan vitamin C. Vitamin C larut dalam air, berguna mempengaruhi penyembuhan luka, meningkatkan kekebalan tubuh dan juga membantu dalam produksi kolagen. Buncis mengandung 60 miligram per 100 gram porsi. Vitamin yang larut dalam air seperti vitamin C secara terus menerus akan dikeluarkan oleh tubuh, namun jika jumlahnya terlalu banyak mencapai tingkat 2.000 miligram per hari dapat menyebabkan gas, diare, mual dan bentuk lain dari ketidaknyamanan pencernaan. Asupan yang direkomendasikan vitamin C adalah 90 miligram untuk pria berusia lebih dari 19 tahun dan 75 miligram untuk wanita dari kelompok usia yang sama.


Serat

Mengkonsumsi makanan yang kaya serat, akan membawa beberapa manfaat bagi tubuh. Tidak hanya membantu mengontrol kolesterol dan kadar glukosa darah, namun juga bermanfaat untuk menurunkan berat badan dan menjaga berat badan. Rekomendasi harian serat untuk orang tua hingga 50 tahun adalah 38 gram dan Pria di atas 51 tahun sekitar30 gram. Perempuan yang berusia hingga 50 tahun, harus mendapatkan 25 gram, sementara wanita di atas 51 harus mengkonsumsi 21 gram. Untuk menambahkan lebih banyak serat dalam diet, lakukan secara bertahap untuk menghindari gas dan kembung, menurut Mayo Clinic.


Vitamin A

Vitamin A adalah antioksidan yang dikenal karena kemampuannya untuk meningkatkan penglihatan yang baik dan menjaga jaringan ikat yang kuat. Buncis mengandung 1.087 unit vitamin A per 100 gram. Ini berarti untuk sekitar 326 mikrogram. Asupan yang direkomendasikan vitamin ini adalah 900 mikrogram per hari untuk laki-laki lebih dari 14 dan 700 mikrogram per hari untuk wanita dalam kelompok usia yang sama ini. Dosis vitamin A tinggi dan diambil dalam waktu singkat dapat menyebabkan efek samping, seperti muntah, mual, penglihatan kabur dan sakit kepala. Menurut Kantor Dietary Supplements, ini adalah sebagian besar hal terjadi ketika mengambil suplemen vitamin A.


Vitamin K

Vitamin K adalah vitamin yang larut dalam lemak, yang akan disimpan dalam sel lemak tubuh. Vitamin K dikenal karena kemampuannya untuk mempromosikan pembekuan darah. Jumlah harian vitamin K adalah 120 mikrogram untuk pria berusia lebih dari 19 tahun dan 90 mikrogram untuk wanita dalam kelompok usia yang sama ini. Namun jumlah vitamin K yang tinggi dapat menjadi penyebab kerusakan hati dan memecah sel-sel darah merah.


Vitamin B

Buncis mengandung sejumlah vitamin B yang membantu memecah protein, karbohidrat dan lemak menjadi energi, dan juga membantu fungsi saraf dan meningkatkan produksi sel darah merah. 100 gram nuncis mengandung 15% dari nilai harian yang direkomendasikan asam pantotenat, 12 1/2 persen dari thiamin, 12 persen dari pyridoxine dan 10 1/2 persen folat.


Mineral

Zat besi dan mangan masing-masing memiliki fungsi tertentu dalam tubuh. Zat besi sangat penting untuk transportasi oksigen dan mangan membantu  penyerapan kalsium, produksi hormon, dan fungsi saraf. Buncis memiliki kedua mineral ini, disetiap 100 gramnya mengandung 26 persen dari rekomendasi harian zat besi dan 10 1/2 persen dari asupan mangan yang direkomendasikan.


manfaat-buncis

Kacang Buncis

Tanaman buncis pada awalnya berasal dari tanah Amerika dan dikembangkan secara luas di daerah asalnya. Buncis merupakan tanaman yang tumbuh tegak dan membelit yang mencapai panjang hingga dua meter. Bunga dari tanaman buncis ini berwarna putih dan lama kelamaan berubah menjadi ungu. Sebenarnya banyak variasi dari buncis, namun yang umum digunakan di Indonesia yang berwarna hijau. Mengkonsumsi berbagai manfaat sayur sayuran sangat disarankan untuk menyeimbangkan setiap nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

Advertisement
, , , ,

Referensi   [ + ]

1. nutrition-and-you.com, Sugar snap peas nutrition facts, diakses 01 Desember 2014
2. healthyeating.sfgate.com, Are Sugar Snap Peas Good for You, diakses 29 November 2014
Post Date: Monday 04th, August 2014 / 09:51 Oleh :
Kategori : Sayuran
Cari Artikel Manfaat
Sponsored links