8 Manfaat Buah Melon Untuk Kesehatan

manfaat melon

Melon

Manfaat buah melon memang sangat banyak sekali terutama untuk kesehatan dan untuk menghindari berbagai penyakit berbahaya dan untuk hidup sehat. Salah satu manfaat melon yang paling fenomenal adalah untuk mencegah kanker dan mencegah terjadinya serangan jantung. Dua penyakit paling ganas di dunia yang dapat ditangani dengan kandungan gizi buah melon.

Manfaat buah melon memang masih banyak belum diketahui oleh berbagai lapisan masyarakat di Indonesia. Namun perlu diketahui bahwa dengan memakan buah melon ini maka kita telah selangkah untuk menempuh hidup sehat yang seutuhnya.

Manfaat Buah Melon

Berikut adalah berbagai manfaat melon untuk kesehatan tubuh dan untuk menghindari berbagai penyakit yang ada di tubuh kita.


1. Mencegah Serangan Jantung

Selain efektif untuk mencegah beberapa penyakit paling berbahaya, kandungan adenosine pada buah melon juga mampu mencegah dan menghentikan penggumpalan peredaran sel darah yang dapat berakibat serangan jantung dan bahkan penyakit stroke. Cara kerja adalah dengan cara melancarkan peredaran sel darah merah yang dapat mengurangi serangan jantung dan stroke.

Baik Untuk Jantung :


2. Mencegah Penyakit Kanker

Ada banyak buah-buahan dan herbal yang mampu mencegah penyakit kanker, salah satunya buah melon. Bagaimana buah melon dapat membasmi dan mencegah kanker ? jawabannya adalah pada kandungan KAROTENOID. Perlu diketahui, Karotenoid adalah pigmen yang berfungsi sebagai pemberi warna pada buah dan sayuran. Kandungan karotenoid yang tinggi pada buah ini dapat mencegah serangan kanker, khususnya gejala kanker paru-paru dan gejala kanker payudara.

Baik untuk kanker :

3. Menjaga kesehatan mata

Manfaat Buah melon juga dapat menyehatkan mata, buah ini diperkaya dengan kandungan zat betakaroten yang berguna untuk meningkatkan ketajaman penglihatan dan menjaga kesehatan mata. Beta-karoten akan diubah oleh tubuh menjadi vitamin A dan digunakan memperbaiki meningkatkan fungsi mata.

Baik untuk mata :

4. Membasmi Radikal Bebas

Buah melon juga sangat kaya kandungan antioksidan flavonoid seperti beta-karoten, lutein, zea-xanthin dan cryptoxanthin. Antioksidan ini memiliki kemampuan untuk membantu melindungi sel-sel dan struktur lainnya dalam tubuh dari radikal bebas. Kemampuan ini dapat membantu dalam hal perlindungan terhadap usus besar, prostat, payudara, endometrium, paru-paru, dan kanker pankreas. Namun tidak hanya untuk penyakit berbahaya manfaat antioksidan ini juga baik untuk bagian tubuh lainnya.

Penting untuk radikal bebas :

5. Mencegah Penyakit Stroke

100 g buah melon mengandung 267 mg elektrolit, kalium. Kalium merupakan komponen penting dari sel dan cairan tubuh untuk membantu mengontrol detak jantung dan tekanan darah. Hal ini akan sangat membantu untuk mencegah terjadinya stroke dan tentu penyakit jantung.

Baik untuk stroke :

6. Meredakan Mulas

Mulas terkadang berasal dari makanan yang kita konsumsi, melon memiliki kadar air hingga 90% memberikan efek menenangkan. Oleh karena itu, melon sangat bermanfaat untuk meredakan sakit maag dan mulas.

7. Menyehatkan Kulit

Buah melon mengandung kolagen, zat ini merupakan senyawa protein yang mempengaruhi integritas struktur sel di semua jaringan kulit. Kolagen juga memiliki fungsi untuk mempercepat penyembuhan luka dan menjaga kekencangan kulit. Sering makan melon akan membuat kulit tampak halus dan tidak kering.

Penting Untuk Kulit :

8. Menurunkan Berat Badan

Melon merupakan salah satu jenis buah yang sangat cocok untuk orang yang ingin menurunkan berat badan karena mereka memiliki kandungan sodium yang rendah, bebas lemak, bebas kolesterol dan rendah kalori. Selain itu efek makan melon akan membuat anda kenyang dan menunda/mengurangi lapar karena kandungan airnya sangat tinggi.

Tips memanfaatkan melon untuk diet :

  • Sediakan melon secara rutin di rumah
  • Ganti cemilan malam hari dengan konsumsi melon
  • Konsumsi satu-dua potong melon sebelum makan (agar anda tidak makan terlalu banyak)

Penting untuk berat badan :



Tips Penyajian Buah Melon

Buah melon dapat anda sajikan dalam berbagai bentuk seperti di bawah ini :

  • Dapat dimakan langsung setelah di iris
  • Dibuat es buah dengan kombinasi gula dan sirup
  • Dapat di jus
  • Dan dapat disajikan sebagai penutup makanan

Kandungan Gizi Buah Melon

NutrisiKandungan%RDA
Energi34 Kcal1.5%
Karbohidrat8.6 g6.5%
Protein0.84 g1.5%
Lemak0.19 g<1%
Kolesterol0 mg0%
Serat0.9 g2.25%
, ,
Post Date: Monday 04th, August 2014 / 12:28 Oleh :
Kategori : Buah Buahan