10 Manfaat Buah Lontar Bagi Kesehatan

Lontar merupakan tanaman yang dapat tumbuh di beberapa negara iklim tropis seperti Indonesia, Malaysia, India, Vietnam, Pakistan, Thailand, Singapura dll. Buah lontar sering kita jumpai di pinggir jalan saat bulan puasa, banyak pedagang kaki lima yang menjualnya. Apakah anda pengemar buah lontar? Mari kita mengenal lebih dalam tentang buah lontar.  Buah yang mirip dengan kolang kaling  ini  memiliki nama latin Borassus Flabellifer dan dikenal juga dengan  siwalan. Buah lontar yang sudah matang memiliki kulit yang berwarna hitam keunguan.

buah lontarBuah lontar memiliki rasa yang manis sehingga sering dimanfaatkan menjadi berbagai olahan makanan seperti dawet, es buah, kue, selai dll.  Tepat sekali jika anda suka menkonsumsi buah lontar karena ia kaya akan zat gizi yang baik bagi kesehatan tubuh kita.

Beberapa kandungan gizi lontar yaitu vit A, vit B, vit C, mineral seng, kalium, zat besi, kalsium, serat, protein dan karbohidrat. Tidak hanya buahnya saja, akar lontar, nira pohon lontar/legen dan bunga lontar/ abu mayang pun juga sangat baik bagi kesehatan.

Kandungan gizi buah lontar

Secara lebih rinci berikut kami paparkan kandungan gizi dalam buah lontar menurut (Davish and Jhonson, 1987). Buah lontar mengandung 10,93 g/100cc gula total, 0,97 g/100cc gula reduksi, 0,35 g/100cc protein, 0,057 nitrogen, 0, 55 g/100c mineral sebagai abu, 1,07 g/100cc spesific grafity, 0,15 9/100cc fosfor, o, g/100 cc zat besi, 13,25 mg/100cc vit C, 3,9 IU vit B1, vit B kompleks dan sedikit kalsium.

Manfaat lontar bagi kesehatan anda

Berikut ini adalah beberapa manfaat buah lontar bagi kesehatan yang dapat berperan penting untuk tubuh.

1. Sebagai Isotonik

Larutan isotonik merupakan minuman yang memiliki tekanan osmolaritas  atau memiliki konsentrasi zat terlarut yang sama dengan cairan tubuh. Manusia membutuhkan 2 liter cairan atau sekitar 8 gelas setiap hari dan dalam beraktifitas mengeluarkan cairan tubuh sebanyak 2-3 liter dalan sehari. Untuk menganti cairan tubuh yang hilang itulah kita harus mencukupi kebutuhan cairan kita agar tidak dehidrasi. Jika anda selama ini hanya mengenal isotonik dalam bentuk minuman kemasan maka perlu anda ketahui bahwa nira lontar juga dapat berperan sebagai minuman isotonik. Kandungan mineral nira lontar yang tinggi dan mirip dengan cairan tubuh lah yang membuat ia dapat dikatakan sebagai isotonik. Minuman isotonik memiliki kelebihan dibandingkan air putih biasa, yaitu mampu mengantikan cairan tubuh lebih cepat dibandingkan air putih biasa.

2. Melancarkan pencernaan

Banyak sekali masalah pencernaan yang sering kita alami, dan salah satunya adalah susah buang air besar atau sembelit.  Selama ini yang sering direkomendasikan untuk melancarkan pencernaan adalah konsumsi buah yang cukup. Hal itu benar karena buah memiliki kandungan serat yang tinggi sehinggga dapat melancarkan pencernaan seperti buah lontar.  Tidak hanya buahnya saja, nira lontar juga dapat membantu pencernaan. Agar pencernaan lancar yang harus dicukupi tidak hanya serat tapi asupan cairan pun harus sesuai kebutuhan kita.

Sifat nira lontar yang seperti cairan tubuh (isotonik) sangat membantu melancarkan pencernaan lebih cepat dibandingkan air biasa. Kemudian kandungan fosfor lontar mampu membantu proses pencernaan riboflavin (vitamin B2) dan niasin (vitamin B3). Vitamin B1 lontar juga dapat membantu pencernaan karena berperan dalam pengeluaran asam hidroklorat yang penting untuk pencernaan dalam tubuh kita.

3. Menyejukkan tubuh

Cuaca panas sangat menganggu aktivitas kita karena tak jarang ia membuat tubuh kita merasa kepanasan dan gerah. Jika anda ingin segera menyejukkan tubuh maka dengan mengkonsumsi  buah lontar dapat membantu anda. Tekstur buah lontar yang kenyal seperti gel dan dingin mampu membantu menyejukkan tubuh anda setelah mengkonsumsinya.

4. Baik bagi penderita diabetes

Diabetes merupakan penyakit karena kadar gula dalam darah yang melebihi nilai normal, yaitu <110 mg/dl untuk dewasa dan <100 mg/dl untuk anak. Sangat penting bagi penderita diabetes untuk mengatur pola makannya, tentunya asupan gula harus dibatasi. Nira lontar baik bagi penderita diabetes karena memiliki indeks glikemik yang rendah. Indeks glikemik merupakan nilai yang menunjukkan potensi peningkatan gula darah pada suatu bahan makanan. Jika selama anda sudah mengenal gula jagung  baik bagi penderita diabetes maka kini juga telah dikembangkan gula dari nira lontar yang rendah indeks glikemiknya sehingga dapat membantu mengontrol gula darah. Selain itu dalam sebuah jurnal 2013 “Pakistan Journal Pharmaceutical Sciences” mengungkapkan bahwa ekstrak akar lontar juga mampu mengendalikan kadar gula darah.

5. Sebagai antibiotik

Antibiotik adalah senyawa yang dapat menghentikan pertumbuhan virus dan bakteri yang bisa menganggu kesehatan anda. Di dalam nira lontar terdapat enzim yang dipercaya dapat berperan sebagai antibiotik bagi tubuh. Bahkan sudah dilakukan uji coba pembuatan minuman probiotik dari siwalan dengan menambahkan susu skim. Minuman probiotik merupakan minuman yang mengangandung microorganisme baik yang bisa melawan bakteri merugikan dalam tubuh kita.

6. Mengatasi stres

Tak jarang berbagai masalah kehidupan menjadi beban fikiran kita sehingga membuat kita stres. Pernahkah anda berfikir kalau lontar mampu menurunkan stres kita? Ya, kesegaran lontar mampu membuat kita lebih tenang dan sejuk. Selain itu kandungan vit C lontar juga berperan dalam mengatasi stres kita. Sebuah penelitian yang dilakukan di Montreal menunjukkan bahwa suplementasi vit C mampu menaikkan mood pasien ramat inap di rumah sakit. Vit C juga berperan sebagai antioksidan yang mampu melawan radikal bebas atau senyawa yang berbahaya bagi kesehatan anda.

7. Baik bagi kesehatan ginjal

Ginjal merupakan organ yang sangat penting  tubuh kita. Ginjal berperan dalam proses ekskresi dalam tubuh. Beberapa tugas penting ginjal yaitu mengatur volume cairan dalam tubuh, mengatur hormonal dan ekskresi sisa-sisa metabolisme. Fosfor yang terkandung pada lontar dapat menjaga kesehatan ginjal dengan membantu proses urinasi atau proses buang air kecil.

8. Obat penyakit kulit atau dermatitis

Penyakit kulit tidak hanya menganggu kita dari rasa sakit atau gatal namun juga sangat menganggu kecantikan kulit kita. Meskipun belum banyak penelitian tentang khasiat lontar terhadap penyakit kulit namun buah lontar yang sudah tua dipercaya mampu mengobati beberapa penyakit kulit.

9. Sumber energi

Energi merupakan komponen yang sangat penting agar kita dapat beraktifitas dengan baik. Salah satu sumber energi adalah gula. Bahkan otak kita hanya menerima energi dalam bentuk glukosa. Dalam lontar terkandung gula sukrosa dan glukosa yang bisa menjadi sumber energi otak kita.

10. Sebagai Antioksidan

Antioksidan adalah zat atau senyawa yang dapat mencegah atau memperlambat oksidasi dalam tubuh kita. Vitamin C dapat berperan sebagai antioksidan yang dapat melawan radikal bebas yang berbahaya bagi tubuh kita. Kemudian vitamin B1 lontar juga dapat menjadi antioksidan dengan kemampuannya yang dapat menjaga sel dalam tubuh kita dari kerusakan atau penuaan.

Cara Menyimpan Buah Lontar Yang Tepat

Mengingat banyaknya kandungan gizi buah lontar maka kita harus pandai menjaga agar zat gizi itu tidak hilang sebelum dikonsumsi. Sebaiknya anda segera mengkonsumsi buah lontar setelah membukanya karena lontar sangat mudah teroksidasi. Jika anda ingin menyimpannya maka akan lebih baik buah lontar disimpan di lemari es dalam keadaan utuh masih terbungkus kulit luarnya yang berserat, ini akan bertahan selama dua sampai tiga hari. Begitu pula dengan nira lontar yang hanya bertahan kurang dari dua hari, jika disimpan dalam waktu lama maka nira lontar akan berubah sifat menjadi seperti alkohol atau tuak.

Banyak kan kandungan dan manfaat lontar bagi kesehatan kita. Begitulah bukti bahwa tuhan menciptakan semua yang di bumi ini tak ada satupun yang sia-sia. Untuk itu mari kita jaga semua ciptaannya, jaga lingkungan sekitar kita dan tentunya menjaga kesehatan kita dengan sebaik-baiknya. Memanfaatkan dan merawat alam sebaik-baiknya tanpa meruksaknya. Semoga bermanfaat. Terima kasih…

,
Post Date: Tuesday 15th, September 2015 / 09:35 Oleh :
Kategori : Buah Buahan