Sponsors Link

4 Manfaat Biji Rambutan Untuk Tubuh – Diabetes – Sariawan

Sponsors Link

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan buah yang satu ini yaitu rambutan. Ya buah yang sesuai dengan namanya ini memang memiliki bentuk rambut di bagian luarnya dan sangat banyak ditemukan di Indonesia. untuk mendapatkan buah rambutan tidaklah sulit karena hampir di seluruh Indonesia ada pohon rambutan. Namun anda tetap harus menunggu saat musimnya datang ya. buah rambutan termasuk dalam jenis tanaman tropis yang termasuk dalam suku sapinicia, atau lerak-lerakan. Pohon rambutan tumbuh di daerah tropis terutama di daerah asia tenggara seperti Indonesia, Thailand, maslaysia dan Vietnam serta lainnya.

Selain rasanya yang enak, kandungan yang ada di dalam buah rambutan ini pun sangat banyak dan menyehatkan bagi tubuh. di dalam rambutan terdapat kalsium, vitamin C, lemak, protein, karbohidrat, fosfor, zat besi. Semua kandungan nutrisi yang ada di dalam buah rambutan tersebut bisa anda nikmati dengan rasa yang enak dank has rambutan. Bukan hanya bagian buahnya saja ternyata yang memiliki kandungan gizi tinggi namun juga di dalam kulit, biji buah rambutan, kulit batang serta daunnya. Jadi jika anda makan buah rambutan sebaiknya kulit dan bijinya jangan dibuang karena anda masih bisa mengolahnya menjadi beberapa aneka makanan yang sehat dan penuh gizi.

artikel terkait manfaat biji buah:

Manfaat biji rambutan

Mungkin banyak masyarakat sampai saat ini yang masih beranggapan bahwa biji rambutan itu tidak boleh dimakan karena beracun dan rasanya pahit. Padahal hal tersebut sangatlah tidak benar. Di dalam biji buah rambutan terdapat beberapa kandungan nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh diantaranya adalah lemak, vitamin, karbohidrat dan protein. Yang terbesar di dalam biji rambutan ini adalah lemak, serat, pati dan kerbohirat yang hampir 40% di dalamnya. komposisi nutrisi yang ada di dalam biji rambutan ini sangat cocok sebagai pengendali kadar gula yang normal bagi tubuh.

artikel terkait: manfaat biji durianmanfaat tanaman bijimanfaat biji pinang

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa yang memiliki kandungan nutrisi tinggi dan bermanfaat bagi tubuh bukan hanya bagian buahnya saja. nah, salah satunya juga dapat ditemukan di dalam biji rambutan. Ternyata biji rambutan ini memiliki manfaat yang tak kalah baik dengan buahnya. Di dalam biji rambutan memiliki kandungan fenolik dan falvonoid yang kemudian diubah menjadi ekstrak methanol. Kasiatnya sangat bagus bagi tubuh terutama untuk mengobati berbagai jenis penyakit. Seperti misalnya penyakit diabetes dan juga penyakit kencing manis. Selain itu manfaat biji rambutan lainnya adalah untuk meredakan sakit pinggang.

Berikut ini adalah beberapa manfaat dari biji buah rambutan yang dapat anda dapatkan untuk meredakan berbagai jenis penyakit:

1. Mengobati diabetes

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa salah satu manfaat dari biji buah rambutan ini adalah untuk mengobati gula darah tinggi atau yang lebih dikenal sebagai penyakit diabetes. Diabetes memang saat ini tengah menjadi salah satu penyakit yang umum dialami oleh masyarakat karena pola hidup yang tidak sehat. penyakit ini termasuk dalam penyakit keturunan sehingga apabila anda memiliki riwayat keluarga yang mengidap penyakit diabetes maka harus segera waspada dan antisipasi dengan kondisi kesehatan anda supaya resiko mengalami diabetes dapat diturunkan.

Lalu bagaimana cara menggunakan biji rambutan ini menjadi obat? Caranya sebenarnya mudah dan anda tidak akan bingung serta repot untuk membuatnya. Anda hanya perlu menyiapkan biji rambutan dan jangan lupa untuk mengelupas kulitnya yang agak keras seperti kayu. setelah itu iris tipis-tipis biji rambutan dan sangrai tanpa minyak menggunakan api sedang tidak boleh terlalu besar karena nantinya biji rambutan bisa gosong. Setelah dirasa kering dan matang maka selanjutnya adalah menumbuk biji rambutan yang telah disangrai tadi. Setelah tumbukan halus kemudian seduh serbuk biji rambutan dengan menggunakan air panas dan anda bisa meminumnya sebanyak 2 kali dalam sehari secara rutin untuk mendapatkan hasil yang optimal. Jika anda kurang suka dengan rasanya maka anda bisa menambahkan gula jawa atau gula batu, madu dan daun sereh untuk mendapatkan rasa dan aroma yang lebih enak.

artikel terkait: manfaat buah naga bagi penderita diabetesmanfaat jus manggamanfaat jamu kunyit asam

2. Sebagai camilan sehat

Selain dijadikan obat, manfaat lainnya yang bisa diperoleh dari biji rambutan ini adalah menjadikannya sebagai camilan sehat. ada beberapa resep sederhana yang bisa anda  gunakan untuk membuat camilan sehat dari biji rambutan. Saat anda ngemil di depan TV menonton acara kesukaan anda maka anda juga sedang membuat tubuh anda menjadi lebih sehat dengan camilan biji buah rambutan ini.

artikel terkait: manfaat tape ketan hitammanfaat kolang-kaling untuk lututmanfaat vitamin C untuk kulit

3. Mengatasi sariawan

Di dalam biji buah rambutan juga mengandung vitamin C yang cukup tinggi sehingga sangat cocok bagi anda yang sedang menderita sariawan. Terkena sariawan memang tidak mengenakan dan membuat anda susah makan bahkan bicara. Oleh karena itu anda sebaiknya tidak membiarkan sakit sariawan karena nantinya sembuhnya bisa membutuhkan waktu yang cukup lama dan membuat anda menjadi kesulitan melakukan berbagai aktivitas. Anda bisa menggunkana biji buah rambutan dengan menjadikannya berbagai camilan sehat yang enak atau air rebusan dari biji buah rambutan yang telah ditambahi madu atau gingseng supaya rasanya lebih enak.

artikel terkait: manfaat jeruk babymanfaat manggismanfaat albothyl

4. Melancarkan pencernaan

Pencernaan yang sehat merupakan dambaan setiap orang karena dengan memiliki organ pencernaan yang sehat akan membuat anda menjadi lebih sehat dan pastinya dapat mengontrol berat badan. Di dalam biji rambutan juga mengandung serat tinggi sehingga bisa membuat tumpukan makanan yang ada di dalam perut menjadi terurai dengan baik dan menjadi lebih lancar. Selain itu khasiat lainnya dari serat adalah dapat membuat anda menjadi lebih kenyang lebih lama dan tidak mudah lapar sehingga sangat cocok bagi and ayang saat ini sedang dalam proses penurunan berat badan atau diet.

artikel terkait: manfaat teh hijau untuk dietmanfaat alpukat untuk dietmanfaat buah nanas untuk diet

Membuat Aneka Makanan Sehat Dari Biji Rambutan

Setelah anda mengetahui apa saja manfaat dari biji buah rambutan ini mungkin anda akan tergugah untuk mengonsumsi biji buah rambutan. Namun mungkin anda masih bingung bagaimana cara memakannya karena tidak mungkin langsung memakan biji buah rambutan karena keras dan rasanya pun pahit serta memiliki getah yang sebenarnya tidak baik bagi tubuh. nah untuk mensiasatinya anda bisa membuat berbagai olahan makanan sehat dari biji buah rambutan. Bagaimana caranya? Selengkapnya simak berikut ini :

sponsored links

1. Membuat emping biji rambutan

Bukan hanya buah melinjo saja yang bisa digunakan menjadi makanan emping namun biji buah rambutan pun bisa dibuat emping lho. Bagaimana caranya? Berikut ini simaklah dengan seksama.

  • Pertama kali anda harus menyiapkan biji buah rambutan yang masih segar kemudian cucilah sampai bersih.
  • Bersihkanlah juga bagian kulit bijinya yang keras seperti kayu, kupas sampai bersih.
  • Kemudian setelah bersih, gorenglah biji buah rambutan tanpa menggunakan minyak atau disangari dengan menggunakan api sedang sampai biji rambutan kering dan matang.
  • Setelah matang, saat keadaan masih panas kemudian biji buah rambutan digepengkan dengan bantuan tumbukan yang bisa anda buat dari kayu atau batu.
  • Setelah selesai digepengkan kemudian jemur sampai kering benar
  • Sebelum anda menggorengnya anda harus merendamnya dulu dengan menggunakan air garam yang sudah dicampur bawang putih juga supaya rasanya lebih enak dan cepat meresap.
  • Setelah itu goreng, tiriskan dan anda siap memakan camilan emping sehat dari biji buah rambutan.

Anda mungkin akan sedikit asing dengan rasanya karena memang tidak akan sama dengan rasa emping melinjo. Namun rasa gurih dan nikmat dari emping buah rambutan ini akan membuat hari-hari anda menjadi lebih berwarna.

artikel terkait: mafaat buah tomat mentahmanfaat buah rambutan dan kandungan gizinyamanfaat daun rambutan

2. Camilan sehat biji rambutan

Selain menjadikannya sebagai emping, biji buah rambutan juga bisa disulap menjadi camilan sehat lainnya yang cukup mudah dibuat. Berikut ini adalah beberapa caranya.

  • Pertama kali siapkanlah biji buah rambutan yang masih segar dan cucilah sampai bersih
  • Selanjutnya yang harus anda lakukan adalah merebusnya dengan menggunakan air panas namun tidak sampai 100 derajat atau belum sampai mendidih.
  • Tambahkanlah garam secukupnya
  • Perhatikan biji buah rambutan sampai berubah warna menjadi kecoklatan atau anda bisa mencobanya dengan menusuk buah rambutan apakah sudah empuk ataukah belum.
  • Jika saat perccobaan biji rambutan sudah empuk maka selanjutnya anda bisa mengangkat biji rambutan dan ditiriskan.
  • Setelah agak kering kemudian anda bisa memakannya sambil ditemani dengan segelas kopi atau susu hangat yang akan semakin menambah kelezatan camilan biji buah matahari.

Camilan ini mugkin akan menjadi asing bagi anda namun rasanya tidak kalah enak dengan camilan dari kacang seperyi kacang tanah, kacang almond dan lainnya. selain itu anda mendapatkannya dengan harga yang lebih murah bukan? (baca juga : manfaat jus wortelmanfaat bunga asokamanfaat bangle)

Demikian ulasan mengenai manfaat biji buah rambutan yang dapat anda dapatkan. Semoga bisa menjadi salah satu alternatif pengobatan herbal bagi anda yang sedang memiiliki berbagai jenis gangguan kesehatan. Sekian dan terimakasih.

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Monday 30th, May 2016 / 02:17 Oleh :
Kategori : Herbal