8 Manfaat Beras Ketan Hitam Untuk Kesehatan Tubuh

Pernahkah Anda mengkonsumsi beras ketan hitam? Beras ketan hitam merupakan beras ketan yang berwarna hitam. Siapa yang menyangka bahwa beras jenis ini memiliki segudang nutrusi dan manfaat yang berguna bagi tubuh. Berikut merupakan ulasannya.

artikel terkait:

Kandungan Beras Ketan Hitam

Beras ketan hitam memiliki kandungan nutrisi yang sangat bermanfaat. Selain itu, beras ketan hitam juga dipercaya memiliki kandungan zat lain berupa anthocyanin yang merupakan zat alamiah antioksidan yang memiliki fungsi dasar melindungi tanaman ketan hitam dari radiasi sinar ultraviolet. Berikut merupakan informasi kandungan nutrisi yang terdapat dalam 100 gram beras ketan hitam dalam berbagai kondisi yang diterangkan dalam tabel berikut.

Tabel 1. Kandungan Nutrisi Beras Ketan Hitam per 100 gram

Kandungan Nutrisi Jumlah
energi 356 kkal
protein 7 gr
lemak 0,7 gr
karbohidrat 78 gr
kalsium 10 mg
fosfor 148 mg
Zat besi 1 mg
Vitamin A 0 IU
Vitamin B1 0,2 mg
Vitamin C 0 mg

Tabel 2. Kandungan Nutrisi Beras Ketan Hitam Kukus per 100 gram

Kandungan Nutrisi Jumlah
energi 181 kkal
protein 4 gr
lemak 1,2 gr
karbohidrat 37,3 gr
kalsium 9 mg
fosfor 144 mg
Zat besi 1,7 mg
Vitamin A 0 IU
Vitamin B1 0,06 mg
Vitamin C 0 mg

Tabel 3. Kandungan Nutrisi Beras Ketan Hitam Tumbuk per 100 gram

Kandungan Nutrisi Jumlah
Energi 360 kkal
Protein 8 gr
Lemak 2,3 gr
karbohidrat 74,5 gr
Kalsium 10 mg
Fosfor 347 mg
Zat besi 6,2 mg
Vitamin A 0 IU
Vitamin B1 0,24 mg
Vitamin C 0 mg

artikel terkait: manfaat beras organikmanfaat bedak dingin berastagu astagina

Manfaat Beras Ketan Hitam

Beras ketan hitam populer dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai obat alami diabetes. Diabetes merupakan penyakit yang terjadi karena ketidakmampuan tubuh dalam memproduksi insulin dalam darah maupun ketidakmampuan tubuh untuk menggunakan insulin secara efektif. Adanya penyakit ini ditandai dengan tingginya kadar gula dalam darah. Biasanya, diabetes disebabkan karena kurangnya olahraga, gaya hidup yang buruk, merokok maupun konsumsi alkohol yang tinggi, kegemukan bahkan faktor keturunan.

Terkadang, untuk membantu menurunkan kadar gula dalam darah diperlukan perawatan dan obat-obatan yang mahal. Namun sekarang tidak perlu khawatir karena Anda dapat menggunakan obat alami dari beras ketan hitam. Cara pemanfaatannya adalah sebagai berikut.

Bahan-bahan:

  • Beras ketan hitam murni tanpa campuran, cuci bersih
  • Sendok makan dan gelas belimbing
  • Air panas secukupnya

Cara membuat ramuan:

  • Masukkan 2-3 sendok beras ketan hitam ke dalm gelas
  • Seduh beras ketan hitam dengan air panas hingga gelas penuh, tutup dan biarkan hingga dingin (kira-kira 1 jam lamanya)
  • Minum air seduhan beras ketan hitam sebanyak 3 kali sehari pada pagi, siang dan malam sebelum makan
  • Biarkan ampas beras ketan hitam tetap berada dalam gelas dan gunakan untuk seduhan berikutnya sebanyak 2 kali.
  • Setelah gula darah dirasa kembali normal, Anda masih dapat mengkonsumsi seduhan beras ketan hitam sebanyak 2 kali dalam seminggu untuk menjaga kestabilan gula darah Anda.

artikel terkait: manfaat beras ketan untuk kesehatanmanfaat beras kencur

Selain sebagai obat alami diabetes, konsumsi beras ketan hitam memiliki beberapa manfaat yang menguntungkan sebagai berikut :

1. Sebagai bahan olahan makanan

Beras ketan hitam memang tidak populer untuk digunakan serta merta sebagai bahan makanan lansung konsumsi seperti beras lainnya. Namun beras ketan hitam dapat diolah menjadi berbagi penganan lezat yang tidak kalah menarik seperti bubur ketan hitam, tape ketan hitam, bugis ketan hitam, martabak ketan hitam maupun bolu ketan hitam.

2. Sebagai cadangan bahan makanan bagi tubuh

Kandungan energi dan karbohidrat yang tinggi pada beras ketan hitam dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama dikarenakan makanan ini dapat dijadikan sebagai cadanga bahan makanan yang sewaktu-waktu dibutuhkan oleh tubuh.

3. Membantu menjaga kesehatan kulit

Beras ketan hitam dapat digunakan untuk menjaga kelembabab kulit seperti jenis beras lainnya karena bersifat mendinginkan kulit dan membuat kulit tampak lebih halus dan cerah. Cara memanfaatkannnya adalah dengan menggunakannya sebagai lulur maupun masker wajah untuk mengangkat sel-sel kulit mati guna menggantikannya dengan sel-sel kulit yang baru.

4. Membantu mencegah anemia

Kandungan zat besi dalam beras ketan hitam dapat membantu Anda dalam mencegah penyakit anemia. Anda dapat mendapatkan manfaat ini dengan cara mengkonsmsi beras ketan hitam sesekali sebanyak 2-3 kali dalam dalam seminggu. Hal ini dikarenakan zat besi yang juga terkandung dalam beras ketan hitam dapat berguna untuk membantu memproduksi hemoglobin dalam darah yang dibutuhkan oleh penderita anemia.

5. Membantu menjaga kesehatan otak

Konon, konsumsi beras ketan hitam dapat membantu fungsi otak agar tetap baik yang berguna dalam pertumbuhan kognitif dan perkembangan otak. Menurut penelitian yang telah ada, kekurangan fosfor dalam tubuh dapat menimbulkan resiko masalah kognitif dan masalah neurologis lain pemicu penyakit alzhemeir dan dimensia.

6. Membatu menjaga kesehatan tulang dan gigi

Kandungan fosfor dan kalsium pada beras ketan hitam dapat berguna untuk membantu menjaga kesehatan tulang dan gigi. Fosfor dan kalsium ini memiliki peranan penting dalam membuat tulang dan gigi menjadi kuat, bahkan kekurangan fosfor dalam menyababkan penyakit tulang keropos atau osteoporosis pada orang dewasa.

7. Membantu dalam proses penyembuhan luka

Konsumsi beras ketan hitam dapat membatu tubuh dalam mencukupi kebutuhan protein sehingga dapat membantu tubuh dalam proses penyembuhan luka maupun regenerasi sel dalam tubuh,

8. Sebagai antioksidan

Kandungan antioksidan pada beras ketan hitam dapat berguna bagi tubuh manusia untuk menjaga daya tahan tubuh serta mengobati dari beberapa macam penyakit. Selain itu kandungan antioksidan ini juga sangat berguna untuk menangkal radikal bebas dan membantu tubuh untuk mencegah tumbuhnya sel-sel dalam tubuh yang memicu penyakit kanker dan tumor. Ohya, antioksidan juga sangat membantu dalm mencegah terjadinya penuaan dini pada seseorang.

artikel terkait: manfaat jagung hitammanfaat beras merah11 manfaat air beras bagi kesehatanmanfaat beras ketan untuk kesehatan

Demikian merupakan informasi yang dapat kami sampaikan mengenai manfaat beras ketan hitam. Meskipun kurang begitu populer, setelah membaca artikel ini silahkan Anda mulai membiasakan diri untuk mengkonsumsi beras ketan hitam yang kaya manfaat ini. Terimakasih telah membaca dan semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

, ,
Post Date: Sunday 30th, October 2016 / 14:10 Oleh :
Kategori : Makanan