Sponsors Link

26 Manfaat Adas Bagi Kesehatan (Pria-Wanita)

Sponsors Link

Manfaat adas bagi masyarakat Jawa, khususnya Jogja tentu tidak asing dengan khasiat tanaman adas. Adas adalah tanaman obat yang biasa ditanam di halaman rumah dan berfungsi sebagai TOGA atau tumbuhan obat keluarga. Adas ditanam dengan tumbuhan TOGA lainnya misalnya saja jahe, kunyit kencur dan berbagai macam lainnya. Adas juga akan mudah didapatkan di penjual jamu tradisional. Adas sering diracik menjadi jamu karena dipercaya bisa bermanfaat untuk kesehatan. Untuk jamu, adas sering dipasangkan dengan pulowaras. Adas juga merupakan tanaman rempah yang bermanfaat untuk bumbu masakan.

ads

Kandungan Dalam Adas

adasTelah lama adas dipercaya sebagai tanaman obat yang bisa menyembuhkan berbagai penyakit. Hal itu dikarenakan kandungan adas bermanfaat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Berikut ini berbagai macam kandungan adas yang harus diketahui :

1. Minyak atsiri.
2. Vitamin C ( 12 mg / 100 gram ).
3. Niacin ( 0, 640 mg / 100 gram ).
4. Vitamin B6 ( 0,047 mg / 100 gram ).
5. Vitamin E ( 0,58 mg / 100 gram ).
6. Anetol.
7. Pinen.
8. Limonen.
9. Dipenten.
10. Felandren.

11. Metil.
12. Flavonoid
13. Alkaloid
14. Fenol
15. Cineole
16. Anetol
17. Potasium ( 50 MG / 100 gram )
18. Magnesium ( 17 mg / 100 gram ).
19. Kalsium ( 49 mg / 100 gram ).
20. Sodium ( 52 mg / 100 gram ).

21. Air ( 90,21 gram / 100 gram )
22. Energi ( 31 kcal ).
23. Protein ( 1,24 gram / 100 gram ).
24. Lemak ( 0,20 gram / 100 gram ).
25. Karbohidrat ( 7,30 gram / 100 gram ).
26. Gula ( 3,93 gram / 100 gram ).
27. Serat ( 3,1 gram / 100 gram ).
28. Zinc ( 0,20 mg / 100 gram ).
29. Riboflavin ( 0,032 mg / 100 gram ).
30. Anisaldehida.

31. Asam anisat.
32. Minyak lemak.
33. Minyak esensial.
34. Senyawa bergapten.
35. Stigmasterin.
36. Atenol.
37. Kalium.
38. Zat besi.
39. Gistidin.
40. Asam amino.

Manfaat Adas Untuk Kesehatan

Manfaat adas bagi kesehatan memang dapat diperhatikan untuk membantu tubuh tetap sehat. Adas pulosari memiliki berbagai macam kandungan yang lengkap untuk kesehatan. Tidak heran berbagai macam gangguan kesehatan bisa diobati menggunakan tanaman tersebut. Berikut ini berbagai macam manfaat yang bisa didapatkan dari tanaman adas :

  1. Mengobati Anemia

Anemia bisa disembuhkan menggunakan tanaman adas. Hal itu dikarenakan zat besi dan zat histidin di dalam adas bisa merangsang produksi hb dan juga membantu tubuh untuk bisa memproduksi sel darah merah di dalam tubuh. Jika hb meningkat dan cukup maka anemia pun bisa diatasi.

  1. Mengatasi Gangguan Sistem Pencernaan

Minyak esensial pada biji adas bisa bermanfaat untuk mengatasi berbagai macam gangguan di sistem pencernaan. Pada anak-anak, gangguan pencernaan bisa diatasi menggunakan biji adas. Caranya adalah dengan mengunyah biji adas setelah makan besar. Selain bermanfaat untuk melancarkan sistem pencernaan, adas juga bermanfaat merangsang sekresi dari asam lambung, mengurangi peradangan lambung dan juga peradangan usus.

  1. Mengatasi Perut Yang Kembung

Adas bersifat sebagai antiflatulent. Antiflatuent pada adas bisa mengurangi produksi gas yang ada di dalam perut.

  1. Mengatasi Sembelit

Adas juga bisa mengatasi sembelit dikarenakan biji adas yang dihaluskan bisa bermanfaat sebagai pencahar. Biji adas mengandung serat tinggi. Serat tersebut bisa menjaga pergerakan peristaltik di dalam usus. Sehingga sembelit bisa diatasi.

  1. Mengobati Sakit Jantung

Adas juga bisa mengobati penyakit jantung, hal itu dikarenakan kandungan serat yang ada dalam biji adas menjaga kestabilan kolesterol baik atau HDL di dalam tubuh. LDL di dalam tubuh juga bisa diturunkan menggunakan biji adas. Kestabilan kolesterol bisa menjaga tubuh dari berbagai macam penyakit kronis misalnya jantung dan juga stroke.

  1. Mencegah Kanker

Adas bisa mencegah timbulnya penyakit kanker di dalam tubuh. Zat flavonoid, alkaloid dan juga fenol sangat bermanfaat untuk melindungi sel tubuh dari pertumbuhan sel kanker. Ekstra biji adas dipercaya bisa mencegah timbulnya sel kanker payudara dan juga kanker hati.

  1. Menormalkan Tekanan Darah

Adas mengandung zat potasium. Potasium adalah nutrisi penting bagi tubuh kita. Potasium bermanfaat untuk mengendurkan ketegangan yang ada di dalam pembuluh darah. Ketegangan itu bisa meninggikan tekanan darah. Semakin sedikit ketegangan pembuluh darah maka tekanan darah akan semakin normal.

  1. Meningkatkan Fungsi Otak

Kandungan kalium dalam adas bisa meningkatkan konduksi listrik yang ada di seluruh tubuh. Termasuk konduksi listrik dari tubuh ke otak. Kalium dalam otak bisa meningkatkan fungsi dari otak dan kemampuan kognitif dari otak. Kalium pun bisa melancarkan aliran oksigen ke otak, akibatnya adalah fungsi dan memori otak akan semakin meningkat.

  1. Mengobati Diare

Minyak esensial yang ada dalam tumbuhan adas bisa bermanfaat untuk penyembuhan diare. Diare disebabkan oleh adanya infeksi bakteri. Infeksi bakteri bisa disembuhkan oleh minyak esensial yang ada dalam tanaman adas.

  1. Mengobati Kolik

Minyak esensial pada tanaman adas bermanfaat untuk penyembuhan kolik penyakit ginjal.

  1. Meningkatkan Sistem Imun

Tanaman adas bermanfaat untuk meningkatkan sistem imun tubuh dikarenakan kandungan vitamin C yang ada didalamnya bermanfaat untuk meningkatkan sistem imun sehingga kekebalan tubuh akan meningkat.

  1. Melancarkan Haid

Adas bisa melancarkan hormon wanita yang sedang menstruasi. Hormon yang lancar bisa membuat menstruasi pada wanita juga lancar dan teratur. Caranya adalah dengan merebus biji adas dan meminum ramuannya saat menstruasi.

  1. Menyehatkan Mata

Tanaman adas terbukti memiliki kandungan yang bisa menyehatkan mata. Antioksidan yang tinggi pada tanaman adas bermanfaat untuk mencegah peradangan yang terjadi di dalam mata dan mengurangi adanya gangguan penglihatan di dalam mata.

  1. Mencegah Penuaan

Vitamin C dan asam amino yang ada dalam tanaman adas bisa bermanfaat untuk mencegah penuaan dini dan juga meremajakan kulit. Mata panda pun bisa diobati menggunakan adas. Caranya adalah dengan menghancurkan daun adas menggunakan blender dan meminumnya. Menghilangkan mata panda bisa dengan cara menumbuk biji adas, menaruhnya pada kain dan mencelupkan kain itu pada air hangat. Tempelkan pada mata panda secara teratur.

  1. Mengatasi Berbagai Macam Gangguan Pernapasan

Tanaman adas juga bisa mengatasi berbagai macam gangguan pernapasan misalnya saja pernapasan tersumbat, penyakit bronkitis, batuk dan masih banyak lagi lainnya. Kandungan Cineole dan anetol pada tumbuhan adas bisa menghilangkan dahak dan juga membuat longgar saluran pernapasan. Sehingga gangguan pernapasan pun bisa diatasi. Cara mengatasi gangguan pernapasan menggunakan adas adalah dengan mengkonsumsi secara teratur ramuan rebusan dari tanaman adas. Sehingga berbagai macam gangguan pernapasan bisa diatasi.

  1. Melancarkan Buang Air Kecil.

Adas juga bermanfaat untuk melancarkan buang air kecil dikarenakan adas bersifat sebagai diuretik.


Baik juga untuk melancarkan buang air kecil

  1. Mengobati Penyakit Ambeien

Ambeien atau wasir berdarah bisa diobati menggunakan adas. Caranya adalah sebagai berikut ini :

  • 3 sendok teh adas.
  • 1 butir bawang merah.
  • 1 cangkir daun patikan cina.
  • Setengah cangkir daun meniran.
  • 1 sendok teh jintan warna putih.
  • Cara pembuatannya adalah semua bahan dicuci bersih, campurkan menggunakan seliter air. Rebus dan sisakan setengahnya.
  • Saring dan minum air rebusannya secara teratur. Minum sebanyak 5 kali sehari.
  1. Mengobati Biduran

Biduran atau gatal bisa diobati menggunakan tanaman adas. Hal itu dikarenakan adas memiliki zat metil yang bisa menghilangkan rasa gatal dan pembengkakan akibat biduran.

  1. Mengatasi Demam

Demam bisa diatasi menggunakan adas. Demam bisa diakibatkan virus dan juga bakteri. Demam adalah indikasi atau gejala dari suatu penyakit. Anggapan masyarakat tentang demam salah. Mereka menganggap jika demam adalah suatu penyakit namun fakta menunjukkan bahwa demam adalah gejala dari suatu penyakit. Cara membuat ramuan adas untuk mengobati demam adalah sebagai berikut ini :

  • Adas dihaluskan.
  • Ambil 2 sendok teh adas halus.
  • Campurkan dengan 4 cm dari batang pulasari, kemudian memarkan.
  • Campurkan 2 sendok makan madu dan juga labu air.
  • Rebus dengan segelas air, kemudian sisakan hanya menjadi setengahnya saja. Minum secara teratur.
  1. Mengatasi Kejang

Kejang disertai dengan demam disebut dengan stuip. Penyakit tersebut merupakan penyakit yang sering menyerang anak-anak. Demam tinggi biasanya disertai dengan kejang biasanya adalah ciri dari penyakit stuip. Untuk mengobatinya bisa menggunakan adas. Caranya adalah sebagai berikut ini :

  • Siapkan sebanyak 4 sendok teh adas yang telah dihaluskan.
  • Siapkan pulasari dengan batang 6 cm.
  • 7 biji anyang-anyang.
  • Caranya adalah dengan mencuci bersih semua bahan-bahan tersebut.
  • Rebus menggunakan 2 gelas air dan sisakan hanya menjadi setengahnya saja.
  • Saring dan kemudian minum secara teratur.
  1. Mengobati Batu Empedu
ads

Batu empedu merupakan kristalisasi dari asam urat yang telah mengeras dan mengkristal. Zat purin penyebab asam urat tinggi mengendap lama di dalam empedu. Mengendap lama kemudian mengkristal. Untuk mengobati batu empedu caranya adalah sebagai berikut ini:

  • Adas serbuk sebanyak 5 gram.
  • Seduhlah menggunakan air panas.
  • Minum selagi hangat.
  • Seduhan adas serbuk bisa memecahkan batu empedu menjadi partikel-partikel yang kebih kecil.
  • Partikel batu empedu yang telah menjadi butiran-butiran kecil itu bisa dikeluarkan melalui urin.
  • Massa dari batu empedu pun bisa semakin mengecil jika rutin meminum ramuan tersebut.
  1. Memperbesar Payudara

Biji adas bisa bermanfaat untuk memperbesar payudara, hal itu dikarenakan biji adas dapat memancing hormon estrogen yang bisa menahan berbagai cairan yang ada di payudara sehingga ukurannya bisa meningkat.

  1. Mengobati Kencing Batu

Kencing batu bisa menyumbat urin. Sehingga jika batu menghalangi saluran kencing bisa menimbulkan rasa sakit ketika akan melakukan sekresi urin. Mengkonsumsi seduhan adas secara teratur bisa mengecilkan ukuran batu di dalam saluran kencing etrsebut.

  1. Mengatasi TBC

TBC bisa diobati menggunakan adas. Kandungan dalam adas bernama anisaldehida bisa berkhasiat sebagai streptomycin yang efektif dalam pengobatan TBC.

  1. Keracunan Jamur

Adas bersifat sebagai anti jamur. Sehingga keracunan jamur bisa diobati menggunakan adas. Jamur tidak semuanya bisa dikonsumsi. Jika salah dalam mengkonsumsi jamur, maka tubuh akan keracunan. Untuk menetralisir keracunan jamur bisa dengan cara :

  • Ambil 5 gram dari adas yang telah jadi bubuk.
  • Seduh dengan air panas.
  • Minum saat masih hangat dan secara teratur.
  1. Membesarkan Penis

Cara membesarkan penis menggunakan adas sangatlah mudah. Caranya adalah sebagai berikut ini :

  • Siapkan 5 lembar daun adas.
  • Cuci bersih.
  • Bersihkan penis.
  • Bungkus batang penis menggunakan daun adas.
  • Diamkan selama 30 menit.
  • Cara tersebut efektif dilakukan saat malam hari.

Manfaat adas Pulosari memang tiada duanya, memberikan efek yang sangat penting bagi kesehatan tubuh manusia dan berbagai masalah untuk wanita ataupun pria.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

,
Post Date: Sunday 12th, April 2015 / 12:23 Oleh :
Kategori : Tumbuhan