Sponsors Link

18 Manfaat Tertawa Bagi Kesehatan

Sponsors Link

Manfaat tertawa sering disepelekan oleh banyak orang karena dianggap tidak memiliki fungsi dalam kesehatan ataupun dalam psikologis. Kebanyakan orang mengira bahwa tertawa hanya bisa membuat seseorang terlepas dari penatnya. Namun manfaat dari tertawa tidak hanya itu saja, tertawa ternyata memiliki dampak bagi kesehatan. Dampak kesehatan itu sering tidak disadari oleh banyak orang. Di saat kondisi serba sulit seperti saat ini,banyak orang yang memilih cemberut dibandingkan dengan tertawa.

Efek Cemberut

Cemberut memiliki dampak buruk terhadap kesehatan. Penyebabnya adalah :

  • Saat cemberut, otot-otot di otak dan juga kulit wajah ikut mengkerut.
  • Mudah terjadi penuaan pada kulit dan juga syaraf otak mengalami pengerutan.
  • Orang cemberut paling mudah stress. Hormon kortisol yang berlebihan di dalam tubuh bisa membuat stres berlarut-larut.
  • Hormon itu bisa menyebabkan hipertensi, gula darah meningkat dan sistem imun menurun.
  • Hormon epinephrine juga akan dikeluarkan. Hormon ini menyebabkan banyak orang insomnia.
  • Orang yang insomnia akan terlihat lebih tua.
  • Dalam kondisi senang maupun sedih, berusahalah untuk tertawa. Namun jangan tertawa sendiri, jika tertawa sendiri banyak orang yang akan mengira Anda terkena gangguan mental dan jiwa.

Tertawa

Manfaat tertawaTertawa adalah ekspresi kebahagiaan seseorang bisa muncul secara spontan tanpa dengan rekayasa. Tertawa bisa dijadikan sebagai obat terbaik bagi kesehatan, kondisi psikis seseorang dan obat terbaik bagi hati. Tertawa juga diidentikkan dengan rasa bahagia yang ada di dalam diri seseorang. Misalnya saja saat dia berhasil meraih sesuatu, dia akan tertawa lepas dan tidak hanya tersenyum saja.

Bersama teman-teman dekat dan sahabat karib, seseorang bisa mudah tertawa dengan lepasnya tanpa beban. Tertawa memiliki banyak manfaat, terutama buat kondisi psikis seseorang. Untuk membuat psikis lebih sehat dan lebih baik, sering-seringlah tertawa. Kondisi psikis yang sehat akan membuat kondisi raga menjadi sehat pula.

Banyak sekali manfaat dari tertawa yang belum diketahui oleh banyak orang. Jika banyak orang tahu apa saja manfaat dari tertawa, tentu mereka akan memilih tertawa dibandingkan dengan cemberut. Masalah di dalam hidup ini memang banyak. Namun alangkah baiknya jika kita tidak menyikapinya dengan cemberut, sebab cemberut bisa menimbulkan masalah baru bagi kehidupan. Berikut ini berbagai macam manfaat dari tertawa :

  1. Membuat Perasaan Lebih Baik

Tertawa banyak berhubungan dengan psikis seseorang. Saat seseorang tertawa, perasaannya akan terasa lebih baik. Ketika kita sedang dilanda stress dan suntuk, kemudian ada teman kita yang bisa membuat kita tertawa. Kita bisa tertawa dengan lepas dan bisa merasakan perasaan kita lebih baik.

  1. Tertawa Bisa Mengubah Bad Mood Menjadi Good Mood

Saat seseorang sedang malas mau melakukan aktivitas, hawanya selalu ingin uring-uringan hal itu menandakan jika dirinya sedang dilanda bad mood. Mood yang buruk akan bepengaruh pada aktivitas seseorang. Mendadak jadi pemalas dan pemarah adalah ciri orang terkena bad mood. Ketika orang dilanda bad mood dan ada yang bisa membuatnya tertawa, orang tersebut akan berubah moodnya menjadi lebih baik. Sehingga dia melupakan bad mood yang tadi melandanya.

  1. Mencegah Timbulnya Stress

Salah satu manfaat tertawa paling nyata adalah bisa mencegah timbulnya stress. Hormon penyebab stress tidak akan menyerang orang yang perasaannya selalu gembira dengan tertawa. Saat tertawa hormon penyebab stress seperti epinephrine dan juga cortisol akan menurun saat Anda tertawa. Berikut ini dampak buruk dari kedua hormon tersebut :

  • Menurunkan sistem imun tubuh, sehingga membuat tubuh rentan terkena penyakit.
  • Hormon epinephrine dan juga cortisol bisa membuat seseorang mudah terkena infeksi.
  • Memperburuk kesehatan.
  • Jika kedua hormon tersebut dominan di dalam tubuh, akibatnya adalah kedua hormon tersebut bisa menghambat keluarnya dari hormon prolaktin, insulin dan juga tiroid. Ketiga hormon tersebut, memiliki fungsi kebalikan dari kedua hormon tersebut.
  1. Menghilangkan Kesedihan

Salah satu manfaat dari tertawa adalah bisa menghilangkan kesedihan. Hidup itu banyak hal yang tidak bisa disangka oleh manusia. Jika manusia sedang bersedih, tertawa adalah salah satu kunci untuk menghilangkan dan mengatasi rasa sedih. Dengan tertawa akan didapatkan pikiran tenang, jiwa tenang dan juga nyaman.

  1. Aliran Darah Lancar

Saat seseorang tertawa, hal itu sama saja dia sedang melancarkan peredaran darah di dalam tubuhnya. Dengan tertawa, otot dan pembuluh darah akan merengangg. Dengan begitu peredaran darah menjadi lancar. Berbeda dengan cemberut, cemberut akan menyebabkan otot saraf dan juga pembuluh darah menyempit. Akibatnya adalah berbagai macam penyakit akan muncul.

Untuk darah lancar:

  1. Membuat Kepercayaan Diri Meningkat

Ketika ada seseorang membuat lelucon menggunakan anda sebagai obyek dan anda juga ikut tertawa, hal itu akan memberikan keuntungan bagi anda. Keuntungan itu adalah menghindarkan anda dari sifat pemarah, tidak peduli seberapa buruk lelucon yang mereka buat. Anda ikut tertawa bersama mereka berarti anda juga memiliki kepercayaan diri yang kuat, sebab anda bisa menertawakan diri anda sendiri.

  1. Membakar Kalori

Kalori merupakan sesuatu yang bisa membuat tubuh menjadi gemuk dan tidak sehat. Manfaat yang ajaib dari tertawa adalah ternyata tertawa bisa membakar kalori yang ada di dalam tubuh kita. Tidak tanggung-tanggung, kalori yang dibakar sebanyak 10-40 kalori dalam 15 menitnya.

Baik untuk kalori:

  1. Menyehatkan Orang Lain

Tertawa juga bisa menyebabkan orang lain ikut sehat bersama kita. Alasannya adalah sebagai berikut :

  • Tidak mungkin kita tertawa sendiri, pasti kita tertawa bersama teman-teman.
  • Dengan kita tertawa, kita bisa menularkan tertawa kita kepada orang lain.
  • Dengan tertawa bersama kita, stres yang mereka alami akan hilang. Sehingga mereka juga ikut sehat.
  1. Memberikan Pikiran Positif

Dengan tertawa, kita telah menanamkan pikiran positif di dalam diri kita. Hal itu dikarenakan dengan tertawa, kita bisa menghilangkan perasaan marah, kesal dan pikiran negatif di dalam diri kita.

Untuk pikiran positif:

  1. Menghilangkan Perasaan Takut

Saat kita tertawa, kita bisa mengubah perasaan takut menjadi sebuah perasaan ingin menghadapi tantangan. Mengubah perasaan takut menjadi sebuah tantangan bisa membuat kita tidak takut lagi terhadap tantangan itu.

Baik untuk menghilangkan perasaan takut

  1. Jantung Lebih Sehat

Saat tertawa, otot diafragma di dalam jantung juga ikut bergerak. Akibatnya adalah otot diafragma jantung yang ikut bergerak akan membuat jantung lebih sehat.

Baik untuk jantung:

  1. Memiliki Umur Panjang

Umur memang di tangan Tuhan dan kita tidak pernah tahu sampai kapan umur kita di dunia ini. Namun sejumlah fakta ditemukan bahwa orang yang mudah dan sering tertawa jauh lebih sehat dibandingkan dengan orang yang cemberut. Hal itu dikarenakan tertawa bisa membuat lebih sehat jiwa dan raga.

Agar umur panjang :

  1. Penurun Kadar Gula Darah

Bagi penderita diabetes, bisa menurunkan kadar gula darah dengan tertawa. Caranya adalah sebagai berikut ini:

  • Tertawa dengan lepas bisa berpengaruh terhadap sistem neuroendokrin.
  • Sistem neuroendokrin yang berfungsi secara optimal bisa mempercepat penurunan kadar gula di dalam tubuh.

Baik untuk menurunkan gula darah:

  1. Memperbaiki Hubungan Sosial
sponsored links

Dengan tertawa secara bersama-bersama, kita bisa memperbaiki hubungan di lingkungan sosial. Baik di lingkungan kerja, lingkungan rumah maupun di lingkungan pergaulan. Orang kebanyakan suka dengan orang yang mudah diajak tertawa dibandingkan dengan orang yang susah untuk diajak tertawa.

  1. Menghilangkan Perasaan Emosi

Saat kita bertengkar dengan orang lain namun setelahnya kita tertawa. Ternyata kita akan terkena dampak psikologis yang besar. Hal itu dikarenakan tertawa bisa membuat otot-otot emosi menjadi lemas dan tidak tegang kembali.

  1. Meningkatkan Daya Ingat

Tertawa bisa meningkatkan daya ingat di memori seseorang. Penyebabnya adalah tertawa bisa menyebabkan aliran oksigen ke otak menjadi lancar. Dengan begitu, pasokan oksigen yang cukup membuat memori dan daya ingat seseorang menjadi meningkat.

Baik untuk daya ingat:

  1. Terapi Kesehatan Gratis

Tertawa merupakan salah satu terapi yang bisa kita lakukan secara gratis. Saat kita stress cobalah terapi tertawa, saat bad mood cobalah terapi tertawa. Pastinya untuk terapi tertawa kita tidak perlu membayarnya.

  1. Awet Muda

Bonus lainnya saat kita sering tertawa adalah membuat menjadi lebih awet muda. Tidak perlu perawatan ke salon untuk awet muda, kita cukup tertawa maka kita akan awet muda. Penyebabnya adalah saat tertawa, stress akan hilang. Orang dengan stress rendah bisa awet muda.

Untuk awet muda :

Manfaat tertawa cukup mengejutkan memang bagi kesehatan, namun kegiatan sepele ini dapat kita lakukan secara rutin kan? tidak ada ruginya kita melakukannya.

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Wednesday 25th, March 2015 / 09:59 Oleh :
Kategori : Kebiasaan