Sponsors Link

15 Manfaat Senam Kegel Bagi Pria dan Wanita

Sponsors Link

Senam kegel adalah latihan kontraksi kecil yang terjadi di dalam otot dasar panggul yang menguatkan uretra, kandung kemih, rahim, dan dubur. Senam kegel pertama kali dikembangkan oleh Dr. Arnold Kegel seorang dokter spesialis kebidanan dan penyakit kandungan di Los Angeles sekitar tahun 1950-an. Pengembangan senam ini dilatar belakangi oleh pasien wanita saat proses persalinan sering tidak mampu menahan keluarnya air seni. Melihat hal itu, timbullah inisiatifnya untuk menemukan exercise agar pasiennya tidak mengalami hal tersebut.

ads

Senam kegel dapat dilakukan oleh wanita maupun pria. Bisa pula oleh yang sudah memiliki pasangan, atau pun belum memiliki pasangan. Hal ini karena tujuan senam kegel selain meningkatkan kualitas kehidupan seksual, juga mampu menyehatkan organ intim dan membantu mengatasi gangguan saluran kemih.

Cara Sederhana Melakukan Senam Kegel

senam kegelCara melakukan senam kegel begitu sangat mudah. Yaitu dengan cara ketatkan otot-otot di sekitar alat kelamin seperti saat ingin menahan buang air kecil. Tahan hingga hitungan ke empat, lalu lepaskan. Kegiatan ini sebaiknya dilakukan hingga 10 kali.

Ulangi kegiatan senam tersebut sebanyak 3 kali dalam sehari. Senam kegel dapat dilakukan di mana saja, misalnya saat duduk sambil menonton, maupun membaca santai. Manfaat senam kegel ini pun begitu banyak dapat dirasakan khasiatnya, terutama bagi pasangan yang telah menikah. Adapun beberapa manfaat senam kegel bagi pria dan wanita adalah:

  1. Menjaga Kebugaran Tubuh. Dengan berlatih senam kegel secara teratur, kebugaran tubuh akan tetap terjaga. Sebab, senam kegel dapat menguatkan otot panggul. Sehingga, otot panggul yang kuat akan membuat tubuh kita lebih sehat dan tubuh kita akan terlihat selalu bugar.
  2. Mengurangi Masalah Inkontinensia Urine. Inkontinensia urine adalah masalah karena hilangnya kontrol pada kandung kemih sehingga akan terjadi masalah ngompol akibat susah untuk menahan buang air kecil. Semakin bertambahnya usia, pria dan wanita akan mengalami yang namanya inkontinensia urine yang mengakibatkan melemahnya otot dasar panggul. Jika otot ini melemah, maka aliran urin akan semakin sulit ditahan dan menjadi beser. Oleh karena itu senam kegel ini begitu membantu untuk mengurangi masalah inkontinensia urine, karena senam ini mampu menguatkan otot dasar panggul sehingga buang air kecil dapat terkontrol dengan baik.
  3. Mencegah “Ngompol Kecil”. Terkadang ketika sedang tertawa atau batuk, banyak dari pria maupun wanita bisa mengalami yang namanya “ngompol kecil” yang tidak dapat ditahan keluarnya. Jika senam kegel dilakukan secara rutin, “ngompol kecil” tersebut pun dapat teratasi karena bisa memperbaiki otot panggul yang sangat erat kaitannya dengan kandung kemih.
  4. Mencegah Turunnya Rahim. Istrilah rahim turun sering dikenal dengan istilah prolaps uterus. Keadaan ini terjadi disaat rahim sedang dalam keadaan tidak pada tempat yang seharusnya. Dimana hal ini diakibatkan oleh kendornya atau tipisnya otot dasar panggul. Wanita sehabis melahirkan dan wanita postmenopause-lah yang sangat rentan mengalami turunnya rahim dari posisinya ini. Oleh karena itu dengan rutin berlatih senam kegel, maka turunnya rahim ini dapat dicegah karena mampu mengembalikan kencangnya otot dasar panggul yang sebelumnya mengendor.
    ads
  5. Mencegah Ambeien Atau Wasir. Ambeien atau wasir adalah penyakit yang disebabkan melebarnya pembuluh darah (vena) di daerah dubur. Penyakit ini timbul akibat kurangnya jumlah serat yang masuk ke tubuh, sehingga menyebabkan konsistensi tinja menjadi keras. Tentu saja ini menjadi hal yang begitu mengganggu jika dialami. Maka dengan senam kegel, resiko penyakit ambeien atau wasir dapat dikurangi karena senam ini dipercaya mampu bisa menguatkan otot panggul yang begitu berhubungan dengan dubur.
  6. Meningkatkan Kepuasan Berhubungan Intim. Senam kegel dapat meningkatkan kepuasan pada saat berhubungan intim karena daya cengkeram vagina akan semakin kuat bagi wanita, dan akan meningkatkan daya tahan kelamin bagi pria.
  7. Tahan Lama Saat Berhubungan Intim. Otot-otot dasar panggul sangat berhubungan dengan fungsi ereksi dan ejakulasi pria. Oleh karena itu dengan memperkuat otot-otot ini, maka fungsi seksual pada pria pun akan meningkat. Senam kergel pun bisa membantu pria menguatkan kekuatan ereksi penis sehingga hubungan intim dapat bertahan lama.
  8. Mencapai Orgasme yang Dahsyat. Pada wanita yang rutin melakukan senam kegel akan lebih mudah mengalami rangsangan seksual, bahkan dapat mencapai orgasme hanya dengan menerima rangsangan pada titik yang tepat. Sedangkan pada pria akan dapat mencapai orgasme yang dahsyat karena pengaruh otot panggul yang kuat.
  9. Mengatasi Ejakulasi Dini. Dalam mengatasi ejakulasi dini, senam kegel bertujuan untuk melatih pria dalam mengontrol kemampuan otot panggulnya. Meningkatkan kemampuan dalam mengontrol dan mengatasi ejakulasi dini inilah juga yang dapat membuat ereksi menjadi lebih lama dan keras.
  10. Dapat Memperbesar Penis. Senam kegel bagi pria memiliki manfaat dalam membantu memperbesar penis. Sebab, senam kegel sangat mempengaruhi pria dalam memperkuat otot panggul dan sekitar panggul termasuk otot pada penis pria.
  11. Mengatasi Masalah Prostat. Senam kegel mampu mengatasi masalah prostat pada pria. Seperti memperbaiki kondisi kelenjar prostat dan masalah kesehatan yang berhubungan dengan kelenjar prostat. Senam ini sesungguhnya begitu sangat dianjurkan bagi pria yang mengalami operasi pengangkatan kelenjar prostat karena senam kegel ini akan memperkuat kembali otot dasar panggul serta mengurangi efek samping operasi.
  12. Mengendalikan Keluarnya Urin Saat Berhubungan Intim. Sangat menyebalkan jika saat sedang berhubungan intim, tiba-tiba tidak dapat menahan keluarnya urin. Dengan melakukan senam kegel secara rutin kita dapat mengendalikan keluarnya urin saat berhubungan intim.
  13. Memudahkan Proses Persalinan Normal. Senam kegel bisa memudahkan proses persalinan karena senam ini mampu menguatkan otot-otot dasar panggul sehingga sirkulasi darah di sekitar daerah vagina dan dubur berlangsung lebih lancar. Dengan otot panggul yang kuat, waktu mengejan yang dibutuhkan oleh ibu hamil ketika melahirkan akan lebih singkat sehingga memudahkan kelahiran bayi tanpa banyak merobek jalan lahir.
  14. Mempercepat Penyembuhan Episiotomy. Bagi wanita yang rutin melakukan senam kegel, penyembuhan episiotomy dapat terlaksana dengan cepat. Episiotomy adalah prosedur di mana kulit antara vagina dan anus dipotong untuk memperbesar jalan lahir sebelum persalinan. Episiotomy ini dilakukan untuk mencegah sobekan vagina selama melahirkan.yang dirasakan ibu hamil selama proses persalinan. Luka episiotomy kemudian dijahit atau ditutup kembali setelah bayi dan plasenta keluar.
  15. Mencegah Terjadinya Kematian Ibu Hamil Akibat Hemorrhoid. Salah satu penyakit yang biasa terjadi pada ibu hamil adalah hemorrhoid atau wasir yang merupakan penyakit yang sangat sederhana dan sering ditemui di sekitar. Tetapi penyakit ini dapat mengakibatkan kematian jika tidak ditanggulangi dengan baik karena hemorrhoid itu dapat beresiko pecah. Senam kegel akan membantu hemorrhoid ibu hamil tetap sehat dan normal.

Manfaat senam kegel bagi pria dan wanita cukup banyak bukan, cara melakukannya juga sangat sederhana, jadi tunggu apa lagi, segera lakukan senam ini secara rutin.

Baca juga : Manfaat senam aerobik

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Sunday 22nd, February 2015 / 02:34 Oleh :
Kategori : Olahraga