8 Manfaat Senam Nifas Setelah Melahirkan

Senam nifas dilakukan khusus untuk ibu hamil yang telah melewati masa persalinan. Setelah persalinan ibu akan memasuki masa nifas. Sebelum melakukan senam nifas kondisi kesehatan ibu juga penting di perhatikan karena jika kondisi ibu tidak baik maka senam ini belum bisa di lakukan dan harus menunggu kondisi ibu menjadi lebih baik.

Adapun manfaat senam nifas ini bagi ibu adalah :

1. Membantu penyembuhan rahim

Saat masa kehamilan ukuran rahin yang semulanya kecil akan semakin bertambah besar dari bulan ke bulan sebagai tempat hidup bayi dalam rahim ibunya. Dan setelah ibu melewati masa persalina ukuran rahim yang membesar tersbut akan mengkerut namun belum berubah seperti keadaannya semula. Jadi manfaat dari senam nifas ini adalah untuk membantu penyembuhan yang terjadi pada rahim bisa saja rahim terluka saat proses persalinan.

Artikel terkait :

2. Menormalkan sendi sendi

Manfaat senam nifas yang lain adalah untuk menormalkan kembali sendi – sendi yang mengalami pelonggaran saat melakukan pengejanan proses melahirkan. bagaimanapun ketika seorang ibu menghadapi proses kelahiran maka sendi sendinya akan mengalami pergeseran sedikit dan ini dapat di atasi agar sendi kembali normal dengan melakukan gerakan senam nifas.

Artikel terkait :

3. Mengelola stres

Senam nifas juga berguna untuk mengelola stres yang di alami oleh ibu. Biasanya untuk kelahiran anak pertama ibu bisa saja mengalami stres karena belum terbiasa dengan kondisi tubuh dan jiwanya. Jadi guna manfaat dari senam sehat ini adalah untuk mengelola stres yang di alami oleh ibu. Sebenarnya tidak semua ibu mengalami stres menghadapi kehamilan oleh karena itu diperlukannya dukungan dari pihak keluarga ibu dan pihak keluarga suami untuk memberikan semangat kepada ibu secara teru menerus. Disamping itu dukungan yang paling di perlukan oleh ibu adalah dukungan dari sang suami. Oleh sebab itu di anjurkan agar suami senantiasa di sisi ibu dan tidak pernah meninggalkan ibu sebelum persalinan maupun setelah melewati masa pesalinan yaity masa nifas (Baca juga : Manfaat berfikir positif bagi fisik dan mental)

4. Mengurangi rasa sakit

Rasa sakit bisa saja terjadi karena persalinan yang panjang, dan banyak juga ibu ibu yang telah mengalaminya mengatakan bahwa persalinan memerlukan banyak tenaga dan sepeti dua puluh tujuh tulang yang di patahkan sekaligus karena itulah untuk mengurangi rasa sakit pasca persalinan ibu di anjurkan untuk melakukan senam nifas. Senam nifas dapat di lakukan secara perlahan dan santai agar ibu tidak merasakan sakit yang terlalu saat melakukan gerakan. Jika terasa sakit ibu dapat berhenti sejenak untuk menarik nafas dan jangan terlalu di paksakan karena takut nanti akan membebani ibu.

5. Mencegah komplikasi

Manfaat senam nifas yang paling penting adalah untuk mencegah terjadinya komplikasi, pasca persalinan dengan kondisi ibu yang lemah memungkin berbagai macam penyakit datang untuk itu ibu di wajibkan senam agar menjaga kebigaran dan kesehatan ibu untuk mencegah komplikasi

6. Melancarkan sirkulasi darah

Sirkulasi darah yang lancar menjadikan tubuh awet muda dan sehat selalu. Badan yang sehat membuat aktivitas sehari – hari menjadi lancar jadi sirkulasi darah ibu selama masa nifas haruslah lancar agar ibu dapat dengan tenang memberikan manfaat asi ekslusif bagi ibu dan anak.

7. Memperlancar buang air seni

Senam nifas juga memberikan manfaat untuk memperlancar buang air seni dan juga buang air besar bagi ibu pasca persalinan. Setelah persalinan kondisi ibu yang kurang sehat kadang ibu juga mengalami kesusahan untuk buang air seni dan juga buang air besar. Untuk buang air besar ibu di wajibkan untuk banyak mengonsumsi serat yang terdapat pada manfaat buah – buahan dan manfaat sayur – sayuran.

8. Memperbaiki postur tubuh

Senam juga dilakukan untuk memperbaiki postur tubuh, Tubuh ibu setelah hamil kadang mengalami kenaikan berat badan jadi untuk melakukan tubuh kembali normal di perlukan senam agar tubuh kembali fit dan sehat. Senam nifas ini penting bagi ibu untuk menjaga kesehatan dan juga menunjang penampilan.

Artikel terkait :

Jadi manfaat senam nifas ini berguna untuk menjaga kesehatan dan juga menunjang penampilan ibu kembali saat masih belum melahirkan.

Gerakan Senam Nifas

Senam nifas juga memiliki beberapa jenis gerakan yang akan di lakukan secara bertahap bagi ibu berikut ini gerakan senam nifas adalah sebagai berikut :

1. Pernafasan perut

Untuk melakukan senam pernafasan perut ini langkah yang harus dilakukan ibu adalah :

  • Ibu ambil posisi berbaring dengan lutut yang di tekuk.
  • Tarik nafas dalam dalam dan biarkan perut mengembang keatas.
  • Pertahankan tulang iga sambil mengeluarkan nafas secara pelan – pelan  ulang sbanyak sepuluh kali dengan menahan nafas selama tiga sampai lima detik dengan tenang dan santai.

2. Pernafasan perut campuran

Berbaring dengan lutut di tekuk sambil menahan nafas kemudian putar punggung bagian pelvis dengan menyamaratakan punggung bawah diatas tempat tidur. Kemudian ibu dapat mengeluarkan nafas dengan perlahan lahan dan menggunakan tenaga sambil kontraksikan otot perut dan mengencangkan bokong selama tiga sampai dengan lima detik sebanyak 10 kali.

3. Menyentuh lutut

Cara melakukan gerakan ini adalah dengan :

  • Mengambil posisi terbaring dan lutut di tekuk
  • Lakukan penarikan nafas dan sentuh bagian bawah dagu ke dada sambil mengeluarkan nafas.
  • Angkat kepala dan bahu dengan perlahan dan halus
  • Naikkan tubuh hanya sampai bagian punggung sementara pinggang tetap di lantai ulangi sebanyak sepulu kali.
4. Angkat bokong
Lakukan gerakan dengan menggunakan bantuan lutut dan kaki dengan posisi mendatar kemudian bantuan lengan. Secara perlahan naikkan bokong dan lengkungan punggung dengan santai dan tenang sebanyak sepuluh kali. Gerakan ini banyak di lakukan dan di pilih oleh para ibu karena dapat mengencangkan bokong kembali seperti sebelum melahirkan jika di lakukan secara rutin dan memberikan efek yang baik bagi ibu dalam menunjang penampilannya di luar dan dalam rumah untuk suami.
5. Memutar lutut
Untuk gerakan yang satu ini lakukan dengan berbaring kemudian tungkai kanan di luruskan dan tungkai kiri di tekuk pada lutut. Pertahankan dengan bahu yang datar dan lakukan perlahan dengan memutar lutut kiri dan kekanan sampai menyentuh lantai. Lakukan sampai posisi semula dan sebanyak sepuluh kali.
Jadi banyak jenis gerakan untuk senam nifas ini dapat dipilih jenis gerakan yang terasa tidak meberatkan bagi ibu. Dan untuk senam nifas ini di lakukan pada hari pertama siap melahirkan sampai dengan hari kesepuluh. Untuk gerakan senam ini waktu yang cocok di lakukan adalah satu jam setelah makan, sehingga kondisi perut ibu tidak terlalu terasa penuh.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Thursday 04th, August 2016 / 07:01 Oleh :
Kategori : Solusi Kesehatan