17 Manfaat Ubi Kuning untuk Kecantikan dan Kesehatan

Sebagian besar masyarakat Indonesia pasti familiar dengan bahan pangan yang satu ini berbeda jika anda melihat manfaat ubi jalar putih, apalagi bagi anda yang menggemari jenis ubi- ubian. Ubi kuning atau biasanya dikenal dengan nama ubi jalar dan di sebagian daerah juga dikenal dengan nama ketela rambat. Ubi kuning sendiri merupakan salah satu jenis tanaman rambat yang dibudidayakan. Secara ilmiah ubi kuning memiliki nama ilmiah Ipomea batatas L. Selain dimanfaatkan umbinya, daun muda dari ubi kuning mampu dijadikan sebagai bahan pangan seperti sayur tumis dan tumbuhannya juga sering digunakan sebagai bahan dekorasi. Ubi kuning sendiri awalnya berasal dari Amerika Selatan, sedangkan di Indonesia sendiri awalnya banyak dijumpai di wilayah Papua.

Seiring dengan perkembangan IPTEK dan pertanian, ubi kuning dapat dibudidayakan di berbagai daerah di Indonesia. Adapun ciri dari ubi kuning, berbeda dengan jenis ubi lainnya ubi kuning memiliki warna coklat dengan daging ubi berwarna kuning terang. Jika dikukus aroma khasnya dengan mudah muncul dan daging ubinya berwarna kuning terang. Selain itu karena rasanya yang cenderung manis dan gurih berbeda jika anda melihat manfaat ubi alabio, ubi kuning banyak sekali dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai salah satu bahan pangan. Banyak pula orang yang berinovasi dengan membuat aneka jajanan ataupun masakan dari ubi kuning. Seperti keripik, mie, kue kering, donat, bakpao, hingga tepung. Selain karena rasanya, ternyata ubi kuning memiliki banyak sekali kandungan nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan bahkan kecantikan.

Kandungan Nutrisi Ubi Kuning

  • Karbohidrat
  • Lemak
  • Kalori
  • Natrium
  • Kalium
  • Serat
  • Glukosa
  • Protein
  • Zat besi
  • Kalsium
  • Magnesium
  • Vitamin A, B6, B12, C dan D

Dengan banyaknya kandungan nutrisi yang ada, ubi kuning menjadi semakin banyak digemari oleh masyarakat Indonesia. Selain itu ubi kuning juga memiliki harga yang sangat ekonomis, sehingga siapapun dapat mengkonsumsinya. Dan dengan banyaknya kandungan nutrisi yang ada pula berbeda jika anda melihat manfaat temulawak untuk maag, ubi kuning memiliki segudang manfaat. Tidak hanya seputar kesehatan tetapi juga kecantikan. Bagi anda yang penasaran dengan manfaat yang ada pada ubi kuning, berikut kami jelaskan sedikit manfaatnya.

Manfaat Ubi Kuning

  1. Menjaga Kesehatan Mata

Memiliki kandungan vitamin A tentunya ubi kuning sangat bermanfaat bagi anda yang ingin menjaga kesehatan mata anda.

  1. Menjaga Kesehatan Gusi dan Gigi

Adanya kandungan fosfor serta kalsium pada ubi kuning sangat baik untuk menjaga kesehatan gigi dan gusi anda.

  1. Menguatkan Tulang

Kandungan fosfor dan kalsium pada ubi kuning juga baik bagi anda terutama anak anak yang sedang memasuki masa pertumbuhan agar tulang lebih kuat dan sehat.

  1. Mencegah Osteoporosis Dini

Selain dapat menjaga kesehatan gigi ataupun menguatkan tulang, ubi kuning juga sangat bermanfaat untuk anda terutama bagi wanita yang ingin mencegah proses osteoporosis dini.

  1. Mengatur Kadar Kolesterol

Selain dapat menjaga kadar kolesterol, ubi kuning juga dapat mengatur kadar kolesterol anda agar stabil.


  1. Menjaga Kesehatan Jantung

Ubi kuning sangat bagus bagi anda yang ingin memiliki jantung sehat dan kuat agar tidak mudah terkena gangguan ataupun penyakit.

  1. Mengontrol Tekanan Darah

Selain dapat menjaga kesehatan jantung dan berbeda jika anda melihat manfaat kunyit asam sirih, ubi kuning juga dapat mengontrol tekanan darah anda agar selalu stabil.

  1. Meredakan Stress

Ubi kuning sangat bermanfaat bagi anda yang ingin meredakan stress, aroma serta rasa yang ada pada ubi kuning dapat menenangkan pikiran dan saraf anda.

  1. Menghilangkan Keriput

Bagi anda yang ingin tampil awet muda tanpa ada keriput sedikit pun di wajah, anda bisa mengkonsumsi ubi kuning secara teratur.

  1. Mengencangkan Kulit

Tidak hanya tampil awet muda, bagi anda yang memiliki kulit sedikit bergelambis dapat mengatasinya dengan mengkonsumsi ubi kuning secara teratur agar kulit anda lebih kencang.

  1. Menstabilkan Gula Darah

Memiliki kadar gula darah berlebihan ataupun rendah sangat berbahaya untuk kesehatan anda, untuk mengatasinya anda bisa mengkonsumsi ubi kuning secara berkala.

  1. Mencegah Kanker

Ubi kuning juga memiliki kandungan antioksidan yang sangat baik untuk mencegah kanker, terutama kanker serfiks, kanker usus besar, dan kanker payudara.

  1. Meningkatkan Sistem Imun

Jika anda mengkonsumsi ubi kuning secara berkala, anda dapat meningkatkan sistem imun tubuh sehingga anda tidak mudah terserang berbagai macam penyakit.

  1. Melancarkan Pencernaan

Kandungan serat pada ubi kuning sangat baik bagi anda yang sering mengalami susah BAB ataupun sembelit, sehingga pencernaan anda akan lebih lancar.

  1. Melembutkan Kulit

Memiliki kulit lembut dan sehat merupakan salah satu pendukung cantiknya penampilan anda, untuk mewujudkannya anda bisa mewujudkannya dengan mengkonsumsi ubi kuning.

  1. Mengatasi Kulit Kering

Selain dapat melembutkan kulit, ubi kuning juga dapat mengatasi kulit kering dan pecah- pecah.

  1. Mencerahkan Kulit

Bagi anda yang ingin memiliki kulit cerah dan berkilau, anda bisa mengkonsumsi ubi kuning secara rutin.

Itulah berbagai manfaat dari ubi kuning yang dapat kami sampaikan dan berbeda jika anda melihat manfaat kunyit untuk kesehatan rahim wanita, semoga informasi di atas dapat bermanfaat serta menambah wawasan anda.

, ,
Oleh :
Kategori : Makanan
Doctors Talks

Gigi berlubang bagian atas bisa menyebabkan Penyakit meningitis, Gigi berlubang bagian bawah bisa menyebabkan penyakit yang menyebabkan kematian mendadak, apa itu ? Simak penjelasan Drg. Albertus Andika berikut ini.