10 Manfaat Triplek dalam Kehidupan Sehari-hari

Triplek sepertinya sudah merupakan salah satu benda asing yang kita temui. Triplek saat ini sudah sangat lekat dengan kehidupan masyarakat, terutama masyarakat Indonesia, dimana sudah banyak sekali pemanfaat dari triplek yang dinikmati oleh masyarakat Indonesia. Triplek sendiri merupakan salah satu bentuk dari olahan kayu. Triplek berbentuk papan yang terdiri dari lapisan-lapisan kayu atau layer. Dari segi ketebalan sendiri, triplek memilki ketebalan yang bervariasi, mulai dari yang tipis dan lentur, hingga papan triplek yang tebal dan kuat untuk menopang beban yang berat.

Bagian-bagian Pembuatan Rumah

Triplek juga merupakan bagian dari bahan-bahan pembuatan rumah, yang berarti bagian dari pondasi rumah dalam pembuatan atap. Berbagai jenis dari pembuatan atap untuk rumah yang dapat memberikan kenyamanan untuk penghuni rumah, hal ini tentu saja dimanfaatkan oleh pembuat rumah. Manfaat pondasi  rumah sendiri terbilang cukup simple dengan hanya menggunakan bahan batu, kayu, maupun gypsum.

Kebanyakan triplek dibuat dari hancuran kayu yang diolah kembali menjadi lapisan kayu, yang kemudian digabungkan menjadi suatu papan kayu yang berlapis-lapis. Triplek sendiri dapat dengan mudah kita temui, karena sudah sangat banyak dijual di pasaran. Saat ini, peran triplek masih belum tergantikan, terbukti dari banyaknya penggunaan tripel pada banyak sekali kebutuhan manusia.

Dapat juga dilihat dari:

Seperti sudah disinggung sebelumnya, triplek saat ini masih menjadi andalan bagi masyarakat, karena memberikan banyak sekali manfaat. Apa saja manfaat triplek? Berikut ini adalah beberapa manfaat triplek bagi masyarakat :

  1. Pembuatan Lantai Rumah

Manfaat triplek yang pertama adalah sebagai salah satu bahan pembuatan lantai rumah. Meskipun saat ini penggunaan keramik sebagai lantai dan juga alas rumah sudah sangat populer, namun demikian, penggunaan triplek masih sangat diminati. Biasanya triplek digunakan untuk alas lantai yang sering digunakan sebagai gudang, atau sebagai lantai dari rumah yang memilki konstruksi kayu.

Kelemahan dari lantai yang terbuat dari bahan triplek ini adalah kurang tahan terhadap air, dan juga memilki debu dan juga serbuk kayu yang dapat mengganggu kesehatan pernapasan dari pemilki rumah. Untuk itu salah satu alternatif kebanyakan orang menggunakan batu granit sebagai lantai rumah. Manfaat batu granit dapat membuat rumah menjadi berbeda dan lebih telihat menarik.

  1. Pembuatan Dinding Rumah

Selain dimanfaatkan sebagai alas rumah, alias lantai rumah, triplek juga seringkali dimanfaatkan sebagai dinding dari rumah. Selain sebagai dinding, triplek juga dimanfaatkan untuk pembuatan sekat-sekat pada bagian rumah. Penggunaan triplek sebagai sekat dan dinding rumah dilakukan untuk penghematan dan juga efiseinsi waktu, dimana apabila menggunakan batu bata dan juga semen akan memakan waktu dan juga biaya yang lebih tinggi. Selain itu, penggunaan triplek juga dinilai lebih praktis, karena dapat dibongkar dengn mudah apabila ingin mengganti konstruksi.

Meski begitu tak banyak yang menggunakan semen dalam pembuatan dinding, dengan alasan menggunakan semen akan membuat rumah menjadi tahan lebih lama. Manfaat semen ini banyak di gunakan di hampir seluruh bangunan, baik itu tempat tinggal, maupun tempat umum. Dinding yang terbuat dari triplek hanya sebatas sekat kecil ruangan besar yang terbagi atas beberapa bagian.

  1. Sebagai Plafon

Plafon atau apat rumah juga seringkali menggunakan triplek. Plafon merupakan bagian atap rumah, yang membatasi ruangan rumah dengan rangka atap dan juga genting rumah. Biasanya plafon rumah yang menggunakan tripleks akan menjadi lebih kuat dan jga kokoh, namun lebih rentan terhadap kebocoran, karena itu saat ini penggunaan plafon rumah suda jarang menggunakan triplek, dan lebih banyak menggunakan bahan gypsum, asbes dan juga fiber.

Manfaat plafon rumah ini banyak digunakan di berbagai bangunan rumah, terlebih yang membangun rumah sejak awal pastinya akan memilih plafon yang baik dengan kualitas yang bagus pula agar rumah tahan lebih lama. Namun tak sedikit juga yang menggunakan gypsum sebagai plafon, pasalnya bahan yang tergolong mahal ini memiliki hasil yang lebih menarik untuk dekorasi rumah. Manfaat gipsum selain untuk kerajinan juga dapat dijadikan plafon yang awet.

  1. Alas Untuk Memotong

Anda sering melakukan proses pemotongan kertas degnan cutter? Kalau begitu, anda pasti sudah sering memanfaatkan triplek untuk alas memotong anda. ya, triplek seringkali dimanfaatkan sebagai alat untuk memotong, agar pisatu dari cutter atau alat memotong tersebut tidak merusak lantai ataupun kayu lainnya. Selain itu, dengan menggunakan triplek sebagai alas, maka hasil potongan juga akan menjadi lebih rapih dan jga lebih baik, karena triplek memiliki permukaan yang rata dan halus.

  1. Pembuatan Kerajinan Tangan

Manfaat triplek yang lainnya adalah sebagai pembuatan kerajinan tangan. Biasanya kerajinan tangan yang menggunakan triplek ini kebanyakan dibuat sebagai mainan anak-anak. Namun demikian, banyaknya penggunaan plastic pada pembuatan mainan anak-anak membuat penggunaaan triplek sebagai bahan kerajinan tangan menjadi lebih jarang digunakan.

  1. Pembuatan Model

Bagi anda yang sering bergerak di bidang arsitektural, sudah pasti megenal manfaat penting dari triplek. Ya, triplek seringkali dimanfaatkan untuk pembuatan model suatu bangunan atau yang sering dikenal dengan istilah maket. Pembuatan model bangunan ini dibuat dengan menggunakan triplek yang berukuran kecil dan juga tipis, lalu kemudian dipotong hingga pada akhirnya dapat membentuk suatu model konstruksi dari bangunan.

  1. Sebagai Papan PCB

Pcb atau printed circuit board merupakan suatu papan yang dicetak untuk menyusun rangkaian kelistrikan. Saat ini papan PCB merupakan komponen wajib yang dimiliki oleh semua peralatan elektronik, karena dapat membuat suatu rangkaian elektronik berjalan dengan lancar. Papan yang digunakan untuk pembuatan pcb ini biasanya adalah papan yang terbuat dari bahan triplek.

  1. Sebagai Rak Lemari dan Laci

Rak pada lemari dan juga laci merupakan pemanfaatan lainnya dari triplek. Dengan menggunakan triplek, saat ini, triplek memang sudah menjadi salah satu bahan yang umum digunakan untuk pembuatan rak pada lemari dan juga laci. Hal ini terjadi karena triplek merupakan salah satu jenis bahan kayu yang cukup kuat dan juga tahan lama apabila tidak terkena air. Karena itu, saat ini penggunaan triplek sangat marak untuk rak pada lemari dan juga laci.

  1. Alas Tempat Tidur

Manfaat lainnya dari triplek adalah sebagai alas dari tempat tidur. Ya, apabila anda sering melakukan pembersihan tempat tidur, maka pasti anda akan mendapati tempat tidur anda memilki alas triplek. Dengan begitu, maka tempat tidur anda akan menjadi lebih kuat untuk menopang kasur dan juga bobot tubuh anda. selain itu, penggunaan triplek juga digunakan karena harga dari triplek yang lebih murah, sehingga hal ini dapat membantu menekan biaya produksi dari tempat tidur yang anda gunakan.

Meski kebanyakan orang tidur dengan menggunakan ranjang dari kayu maupun besi, akan tetapi juga terdapat kasur angin. Berbeda dari yang lainnya manfaat kasur angin ini dapat memberikan tidur yang maksimal dan lebih nyaman bagi sebagian orang dan juga tidak buruk bagi kesehatan.

  1. Pembuatan Bangunan Semi Permanen

Selain itu, manfaat triplek lainnya adalah sebagai salah satu bahan utama dari bangunan semi permanen. Bahan bangunan semu permanen, seperti warung makan membutuhkan biaya yang sangat besar apabila harus dibangun dengan menggunakan batu bata. Karena itu untuk alasan efisiensi san juga penghematan biaya, bangunan semi permanen memanfaatkan triplek untuk pembuatannya, seperti pembuatan dinding, atap dan juga bagian pintu-pintu.

Itulah 10 manfaat dari triplek. Semoga artikel mengenai manfaat triplek ini dapat membantu menambah wawasan anda dan juga dapat berguna bagi anda semua. Terima kasih.

, , ,
Oleh :
Kategori : Sosial