12 Manfaat Jus Mangga Campur Tomat yang Tinggi Nutrisi

Mangga merupakan salah satu jenis buah tropis yang memang lumrah dibikin jus, begitupun dengan tomat walaupun tomat cenderung dikelompokkan dalam kelompok sayuran tapi pada hakikatnya tomat juga merupakan salah jenis buah yang ternyata kalau dicampur dengan mangga menghasilkan rasa yang sangat enak dengan manfaat jus mangga campur tomat yang banyak sekali bagi kesehatan.

Manfaat Jus Mangga Campur Tomat                              

Tentunya Anda sudah menebak apa saja yang menjadi manfaat dari kedua jenis buah-buahan yang terkenal sehat tersebut. Namun demikian untuk mencari tahu lebih jauh daftar berikut akan membahas sedikit lebih detail mengenai manfaat jus mangga campur tomat yang belum banyak orang ketahui.

  1. Kaya Kandungan Vitamin A

Warna kuning atau orange cerah pada mangga serta warna merah cerah pada tomat merupakan indikator kuat bahwa kedua buah ini sangat kaya kandungan dan manfaat vitamin A serta beta karoten yang merupakan pro vitamin A. Vitamin ini juga berfungsi sebagai antioksidan yang menghambat proses penuaan dengan cara mengoptimalkan proses regenerasi sel.

  1. Membantu Memenuhi Kecukupan Vitamin C Harian

Siapa bilang hanya jeruk yang kaya kandungan vitamin C. Ternyata ada jenis buah-buahan lain yang juga kaya manfaat vitamin C diantaranya adalah mangga dan tomat. Vitamin C sangat baik untuk menjaga kesehatan karena berperan penting dalam meningkatkan imunitas, mengoptimalkan penyerapan nutrisi serta baik untuk kesehatan kulit.

  1. Tinggi Kandungan Antioksidan

Semua buah yang kaya kandungan vitamin C dan vitamin A pasti tinggi kandungan antioksidannya. Diantaranya adalah mangga dan tomat. Kombinasi keduanya akan memberikan Anda sumber antioksidan yang baik untuk kesehatan.

  1. Baik untuk Pencernaan

Mengkonsumsi jus buah-buahan secara rutin sangat baik untuk pencernaan apalagi jika jenis buah-buahan yang memang tinggi kandungan seratnya. Mangga dan tomat sangat tinggi kandungan seratnya, sehingga dapat mencegah segala jenis masalah pencernaan mulai dari konstipasi sampai diare karena juga mengandung zat antibakteri.

  1. Mengoptimalkan Fungsi Sistem Imun

Salah satu manfaat vitamin C dan antioksidan untuk tubuh adalah membantu mengoptimalkan fungsi sistem imun. Ketika sistem imun bekerja dengan baik maka Anda akan jadi jarang jatuh sakit karena tubuh terlindungi secara optimal.

  1. Tinggi Kandungan Potasium

Tidak banyak yang tahu bahwa tomat dan mangga juga kaya kandungan mineral esensial dan salau satunya adalah potasium. Potasium memiliki fungsi utama yang baik untuk menjaga kesehatan jantung serta merawat pembuluh darah. Jantung akan bekerja secara optimal tapi dalam waktu bersamaan risiko serangan jantung dan stroke akan diturunkan secara maksimal pula.

  1. Rendah Kalori

Mangga dan tomat walaupun merupakan sumber karbohidrat juga sangat rendah kalori. Bagi Anda yang membutuhkan tambahan energi segera terutama di pagi hari, mengkonsumsi jus mangga campur tomat sangatlah baik karena salah satu manfaat mangga dan tomat adalah sumber karbohidrat yang cukup untuk diubah menjadi energi.

  1. Cocok untuk Diet

Karena rendah kalori tapi kaya kandungan nutrisi, jus mangga dan tomat sangat cocok untuk Anda yang saat ini sedang menjalankan diet penurunan berat badan. Selain itu mangga juga kaya kandungan serat sehingga membuat Anda kenyang lebih lama dan mengurangi keinginan untuk ngemil.

  1. Baik untuk Penderita Diabetes

Salah satu masalah yang sering dihadapi oleh penderita diabetes adalah kesulitan mengontrol nafsu makan. Well, mengkonsumsi jus mangga dan tomat secara teratur sangat baik untuk mengontrol nafsu makan karena manfaat jus mangga dan tomat sangat tinggi serat sehingga membuat Anda kenyang lebih lama.

  1. Membantu Menurunkan Kolesterol

Hampir semua jenis buah yang mengandung serat alami sangat baik untuk membantu menurunkan kolesterol. Mangga mengandung antioksidan alami yang dapat mengontrol kadar kolesterol jahat dalam darah namun dalam waktu yang bersamaan tetap menjaga kadar kolesterol baik sehingga fungsi metabolisme tetap dapat bekerja optimal.

  1. Mencegah Kanker

Salah satu penyebab kanker adalah efek buruk dari radikal bebas yang menyebabkan sel teroksidasi sehingga muncullah sel-sel mutan yang dikenal dengan istilah kanker. Satu-satunya solusi terbaik untuk menangkal radikal bebas adalah dengan mengkonsumsi makanan kaya kandungan antioksidan karena manfaat antioksidan tak hanya menangkal efek buruk radikal bebas tapi juga menoptimalkan regenerasi sel.

  1. Mengandung Banyak Air

Cuaca yang panas dapat menyebabkan seseorang mudah terserang dehidrasi. Dehidrasi dapat berakibat buruk jika tidak ditangani dengan baik seperti pingsan, terkena heat stroke dan gangguang metabolisme lainnya. Jus mangga dan tomat merupakan jenis buah-buahan yang mengandung banyak air sehingga dapat membantu mencegah dehidrasi.

Perlu diingat ketika akan membuat jus mangga campur tomat adalah bahwa kedua jenis buah ini sangat tinggi kandungan airnya jadi sebaiknya jangan menambahkan air lagi tapi bisa diganti dengan menambahkan es batu ataupun yogurt rasa plain. Tambahan yogurt pada jus buah Anda akan menambah manfaat jus mangga campur tomat karena kandungan kalsium pada yogurt sama baiknya dengan kandungan kalsium pada susu.