13 Manfaat Tolong Menolong Antar Sesama Dalam Kehidupan Sehari Hari

Salah satu kegiatan bersosial yang harus dilakukan antar sesama dari dulu sampai sekarang dan seterusnya adalah tolong menolong. Kegiatan tolong menolong sudah menjadi keharusan khususnya bagi yang sanggup untuk melaksanakannya. Tidak hanya membantu sesama seperti teman, tetangga, keluarga bahkan orang yang tidak dikenal, namun kegiatan tolong menolong juga memiliki banyak manfaat lain untuk diri sendiri dan tentunya bagi orang lain. Berikut ini akan kami jelaskan secara lengkap mengenai manfaat tolong menolong yang bisa anda dan orang sekeliling anda dapatkan dengan menjalankan kegiatan ini sesering mungkin.

Artikel terkait:

  1. Menyelesaikan Masalah Lebih Cepat

Karena sebuah masalah atau kegiatan dikerjakan bersama-sama tidak hanya melibatkan satu orang saja yakni yang mengalami masalah tersebut, maka masalah atau kegiatan itu akan lebih cepat diselesaikan dalam waktu yang singkat sehingga membuat kegiatan tolong menolong ini juga sangat dianjurkan untuk agama apa pun.

  1. Menurunkan Tekanan Darah

Untuk anda yang memiliki resiko penyakit jantung atau hipertensi, cara mengatasi penyakit tersebut yang biasa dilakukan adalah dengan mengurangi asupan daging merah atau menjauhi stress dari kehidupan sehari-hari. Akan tetapi, dengan melakukan kegiatan tolong menolong sebagai salah satu rutinitas, maka bisa menurunkan hipertensi hingga mencapai 40 persen yang setidaknya dilakukan 200 jam dalam satu tahun. Hal ini bisa terjadi karena lebih banyak kesempatan yang bisa digunakan untuk bersosialisasi sekaligus membantu meringankan kesepian serta rasa stress seseorang.

  1. Meningkatkan Harga Diri

Lebih sering melakukan kegiatan tolong menolong juga bisa meningkatkan harga diri. Penjelasan para ahli menyangkut hubungan antara harga diri dan kegiatan tolong menolong adalah karena terjadinya peningkatan hubungan sosial sehingga dengan lebih sering menolong sesama secara teratur, maka anda bisa semakin berkultivasi lebih baik lagi.

Artikel terkait:


  1. Menjalin Persahabatan Erat

Berbuat kebaikan seperti menolong juga akan membangun ikatan persahabatan supaya lebih langgeng sekaligus juga memberikan energi positif untuk orang lain yang nantinya juga akan mempengaruhi teman atau sahabat anda sehingga persahatan juga semakin meningkat. Antara pihak yang menolong dan ditolong tersebut akan berkontribusi sama banyaknya dalam mempererat persahabatan dan juga saling menguntungkan satu sama lain.

  1. Lebih Menghargai Diri Sendiri

Dengan melakukan kegiatan tolong menolong orang lain, kita tidak hanya menghargai orang yang sedang atau akan kita tolong, akan tetapi juga berarti kita menghargai diri sendiri. Menghargai diri sendiri yang dimaksud adalah menghargai dalam bentuk makhluk sosial yang mempunyai banyak teman, mempunyai hubungan baik dengan orang lain dan lebih berguna untuk kehidupan di dunia dan ini sekaligus akan menumbuhkan rasa percaya diri untuk kehidupan sehari-hari.

  1. Menciptakan Rasa Nyaman di Hati

Saat kita melakukan kegiatan tolong menolong, maka akan timbul perasaan yang senang, nyaman dan juga bangga sebab secara alamiah manusia selalu ingin memiliki manfaat bagi sesama walau hanya dalam bentuk bantuan kecil. Dari sebuah studi psikologi juga menyebutkan jika perbuatan tolong menolong juga akan memicu bagian dari otak untuk menciptakan rasa penghargaan dan juga nyaman pada diri sendiri.

  1. Menularkan Perbuatan Baik Pada Orang Lain

Saat kita menolong seseorang, maka secara tidak langsung juga akan memacu orang lain untuk ikut berkegiatan tolong menolong dalam membantu sesama. Orang lain yang secara kebetulan melihat perbuatan tolong menolong yang kita lakukan pada orang lain akan mendapat energi positif untuk ikut melakukan perbuatan baik tersebut dan akan terus menularkan pada orang lain.

Artikel terkait:

  1. Memberikan Rasa Pembaruan

Melakukan kegiatan tolong menolong akan memberi pengajaran untuk membantu diri sendiri. Apabila anda sudah pernah mengalami kasus yang sulit atau pernah menolong orang lain yang sedang mengalami kesulitan, maka rasa pembaruan akan timbul secara otomatis. Dari penelitian yang dilakukan di University of Texas membuktikan jika tolong menolong yang dilakukan dengan sukarela akan lebih meningkatkan sumber daya sosial dan juga psikologis yang mampu melawan suasana negatif di dalam hati.

  1. Merasa Lebih Bersyukur

Tolong menolong juga akan memberikan perspektif untuk situasi yang dialami diri sendiri dan juga lebih memberi pengajaran untuk menghargai apa yang sudah kita miliki. Dalam Global One Foundation memberi gambaran relawan sebagai cara untuk memberikan rasa bersyukur lebih mendalam saat kita lebih mengenal banyak apa yang sudah menjadi sebuah pemberian atau berkat positif pada hidup kita saat sering melakukan kegiatan tolong menolong tersebut.

  1. Menemukan Kedamaian Batin

Semakin sering seseorang melakukan kegiatan tolong menolong, maka juga akan menjadi pembersih dari hati dan kepala. Dalam sebuah studi yang dilakukan oleh United Health Group membuktikan jika 78 persen sukarelawan yang melakukan kegiatan tolong menolong mendapatkan penurunnan tekanan pada diri mereka dan lebih tenang serta damai jika dibandingkan dengan orang yang tidak pernah melakukan kegiatan tolong menolong seumur hidup mereka.

  1. Memperluas Tujuan Hidup

Membantu seseorang untuk keluar dalam suatu situasi, permasalahan atau persoalan akan membuat diri sendiri lebih dihargai dan juga terpenuhi. Seseorang yang sering berpatisipasi dalam kegiatan tolong menolong secara sukarela akan merasa lebih berdaya dibandingkan dengan mereka yang tidak pernah melakukannya. Dari sebuah studi yang sudah dilakukan membuktikan jika kegiatan tolong menolong akan lebih memperkaya tujuan hidup mereka masing-masing sesudah akhirnya berhasil menolong sesama.

Artikel terkait:


  1. Meringankan Beban Orang Lain

Beban berat yang membuat seseorang menderita dan sedih akan terasa ringan apabila beban tersebut dibantu oleh orang lain sehingga membuat kesusahan dan kesedihan orang tersebut menjadi hilang.

  1. Mendapat Dukungan Saat Membutuhkan

Jaringan sosial kuat yang dihasilkan lewat memberikan perhatian serta pertolongan pada sesama juga akan memberikan manfaat tambahan. Saat kita melakukan kegiatan tolong menolong pada sesama, maka anda juga akan mendapatkan kemungkinan yang lebih besar saat anda sedang membutuhkan sebuah bantuan seperti contohnya sedang mengalami sebuah penyakit atau merasa kehilangan di dalam hidup. Sebuah riset yang sudah dilakukan di Universitas Harvard selama 20 tahun sudah berhasil memetakan ribuan orang dan memperlihatkan jika mereka yang sudah menolong orang lain cenderung berada di tengah lingkaran jaringan sosial mereka sedangkan bagi yang tidak akan berada jauh di pinggir jaringan sosial seiring dengan perubahan yang terjadi di jaringan sosial itu.

Bersikap tanpa pamrih dalam melakukan kegiatan tolong menolong terhadap orang lain sudah terbukti bisa memberikan dampak positif tidak hanya untuk kesehatan secara fisik, namun juga kesehatan mental yang akan membuat anda lebih panjang umur sehingga harus secara sering dilakukan mulai dari sekarang dan seterusnya.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Friday 18th, August 2017 / 09:41 Oleh :
Kategori : Sosial