Manfaat Cinta Dalam Kehidupan Manusia

Cinta tentunya adalah sebuah perasaan yang tidak bisa dipungkiri dimiliki oleh semua makhluk hidup. Tentu bukan menjadi rahasia umum lagi bahwa cinta memiliki banyak dampak positif dalam kehidupan manusia. Namun masih jarang orang yang mengetahuinya. Untuk itulah dibawah ini dijelaskan beberapa manfaat cinta dalam kehidupan :

1. Menjadi Lebih Bahagia

Pernahkah anda ketika menjalin sebuah hubungan asmara dengan seseorang yang begitu anda cintai, tanpa alasan yang jelas anda sering kali merasa bahagia? Hal itu dikarenakan ketika anda menjalin hubungan tersebut, secara otomatis tubuh anda memproduksi hormon oksitosin. Oksitosin bisa dibilang adalah hormon yang memacu tubuh dan pikiran anda untuk merasa lebih bahagia dari biasanya. Hormon Oksitosin adalah hormon yang hanya bisa dihasilkan dari interaksi dengan orang yang dicintai atau bisa disebut juga dengan hormon cinta.

Berikut ini ada beberapa manfaat hormon oksitosin bagi tubuh manusia :

  • Mengurangi rasa sakit
  • Menghilangkan rasa nyeri
  • Meringankan stress
  • Memperkuat ingatan
  • Pemicu gairah seksual
  • Membantu untuk bisa tidur lebih nyenyak
  • Mengurangi ketagihan narkotika dan nikotin

2. Lebih Mengenal Diri Sendiri

Tak jarang orang yang sedang jatuh cinta sering kali mengabaikan logikanya. Bahkan sampai di titik rela menyerahkan segalanya bahkan melupakan jati diri. Padahal sebenarnya, rasa cinta yang sejati akan membawa pelakunya untuk bisa mengenali pribadi diri sendiri dengan lebih mendalam. Hal tersebut tidak lepas karena memiliki hubungan cinta yang tepat dengan seseorang adalah tempat refleksi pribadi. Karena pasangan akan selalu bisa menunjukan kepada kita siapa diri anda yang sebenarnya.

Penelitian menunjukan bahwa seseorang yang sudah memiliki cinta yang tepat dalam hidupnya memiliki presentase menjadi pribadi yang lebih kuat. Serta lebih tahu tentang tujuan hidup yang dia miliki.

3. Meningkatkan Daya Konsentrasi

Daya konsentrasi adalah sesuatu yang sangat dibutuhkan oleh tiap manusia. Entah untuk kepentingan pekerjaan maupun kepentingan kehidupan sehari-hari tiap manusia. Dan nyatanya manusia yang memiliki hubungan cinta yang stabil dan bahagia secara otomatis maka daya konsentrasinya dapat meningkat. Hal tersebut tidak lepas karena perasaan aman dan nyaman yang ditimbulkan dari hubungan cinta tersebut.

Seperti yang pernah dikatakan oleh H’Vovi Bhagwagar yang tidak lain adalah psikolog klinis yang berasal dari India. Menurut H’Vovi Bhagwagar bahwa orang yang memiliki perasaan bahagia karena dicintai juga mencintai bisa meningkatkan daya konsentrasi yang berada di dalam otak, sekaligus memicu ide kreativitas untuk bisa muncul.
“ Perasaan bahagia karena cinta akan mampu meningkatkan daya konsentrasi dan daya kreativitas sekaligus. ” Jelas H’Vovi Bhagwagar

Berikut ini sejumlah aktivitas kehidupan yang memacu kebahagiaan :