7 Manfaat Timun Untuk Jantung Yang Dapat Memberikan Dampak Positif Bagi Kesehatan

Jantung menjadi salah satu bagian paling penting dalam tubuh manusia dimana fungsi utama jantung yang memompa darah ke seluruh tubuh berperan vital dalam hal distribusi nutrisi dan oksigen yang dibutuhkan oleh setiap organ, sel, dan jaringan untuk dapat hidup serta berproses dengan benar demi mendukung segala bentuk aktivitas tubuh. Mengingat pentingnya peran jantung bagi tubuh manusia maka perlu adanya proses menjaga kondisi kesehatan jantung selalu dalam keadaan yang optimal dan bebas dari permasalahan.

Dalam menjaga kesehatan jantung, ada beberapa hal yang dapat dilakukan mulai dari berolahraga ringan yang mendukung kesehatan jantung, menjalani pola hidup sehat, tidak merokok, tidak mengkonsumsi alkohol, menjaga pola makan dan pola istirahat, serta mengkonsumsi makanan tertentu. Salah satu jenis bahan makanan yang memiliki manfaat kesehatan tertutama bagi jantung adalah timun atau mentimun. Berikut beberapa manfaat timun untuk jantung dalam penjelasan di bawah ini.

1. Menurunkan resiko terjadinya penyakit jantung

Penyakit jantung merupakan salah satu jenis permasalahan kesehatan yang memiliki dampak berbahaya sehingga sangat ditakuti ketika kondisi tersebut terjadi. Penyakit jantung bahkan dikenal sebagai salah satu jenis permasalahan keseahtan sebagai pembunuh nomer satu di dunia terutama kondisi serangan jantung dan penyakit jantung koroner. Mengingat banyaknya bahaya yang mengancam tersebut menjadikan setiap orang pasti menghindari penyakit jantung. Salah satu cara traditional dan alami dalam mencegah terjadinya penyakit jantung adalah dengan mengkonsumsi jus mentimun setiap hari terutama bagi mereka yang memiliki faktor resiko tinggi mengalami penyakit jantung. Dampak positif ini merupakan satu diantaranya banyaknya manfaat mentimun untuk kesehatan dan kecantikan.

2. Membantu menurunkan tekanan darah

Kondisi hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan salah satu keadaan pada pembuluh darah yang berhubungan dengan jantung. Hipertensi menjadi salah satu bentuk permasalahan kesehatan yang dapat memberikan pengaruh buruk pada jantung ataupun sebaliknya. Untuk menghindari salah satu kondisi yang berpengaruh buruk pada jantung tersebut maka tekanan darah harus terkontrol dan diturunkan ketika terjadi hipertensi. Salah satu manfaat timun untuk jantung adalah membantu menurunkan tekanan darah dan menjaganya agar lebih stabil dan tidak naik meninggi. Dampak positif ini sama halnya dengan manfaat timun rebus.

3. Membantu menjaga hidrasi tubuh

Manfaat mentimun selanjutnya yang juga berkaitan dengan kinerja jantung secara tidak langsung adalah membantu dalam menjaga hidrasi tubuh atau jumlah cairan yang terdapat di dalam tubuh agar tidak kekurangan. Kondisi kekurangan cairan akan mengarahkan pada keadaan hipotensi dimana tekanan darah menurun dan kinerja jantung menjadi melambat ketika terjadi kebalikan dari keadaan hidrasi yakni dehidrasi. Dehidrasi bukan hanya dapat menyebabkan permasalahan kesehatan atau menjadikan penderitanya merasakan lemas dan lemah namun juga dapat mengancam jiwa terutama bagi anak anak. Menjaga hidrasi juga menjadi salah satu manfaat jus timun dan seledri.

4. Menurunkan kadar LDL dan meningkatkan kadar HDL

Penyakit kolesterol atau tingginya kadar lemak jahat di dalam tubuh masih berkaitan dengan kondisi jantung yakni kolesterol sebagai salah satu faktor pemicu terjadinya permasalahan pada jantung karena memiliki peluang untuk menghambat laju aliran pembuluh darah koroner yang memicu terjadinya penyakit jantung koroner. Untuk menghindari bahaya kolesterol tersebut maka sebaiknya konsumsi konsumsi manfaat timun untuk kolesterol setiap hari karena dapat membantu menurunkan kadar LDL sebagai lemak jaha di dalam tubuh dan meningkatkan kadar HDL yang merupakan lemak baik bagi tubuh.


5. Mencegah terjadinya serangan jantung

Serangan jantung menjadi salah satu bentuk permasalahan utama yang dapat menyebabkan jantung berhenti bekerja dan akan menimbulkan resiko kematian bagi penderitanya. Salah satu manfaat mengkonsumsi timun terutama dalam bentuk jus segar bagi para penderita jantung adalah membantu mencegah peningkatan tekanan darah yang cukup cepat karena adanya kandungan potas sehingga resiko terjadinya serangan jantung pada penderita tersebut tidak akan terjadi atau sangat kecil.

6. Membantu menjaga berat badan

Manfaat timun untuk jantung yang sebenarnya tidak berhubungan secara langsung lainnya adalah membantu menjaga berat badan dan mencegah terjadinya obesitas atau berat badan berlebih. Manfaat tersebut dapat membantu menghindari salah satu faktor resiko terjadinya serangan jantung dan permasalahan pada jantung yakni obesitas atau kegemukan. Dengan tubuh yang memiliki berat badan ideal juga dapat menghindari terjadinya berbagai penyakit lainnya.

7. Manfaat timun lainnya

Selain manfaat yang disebutkan diatas, ada beberapa manfaat lainnya yang perlu diketahui dari timun. Beberapa manfaat lain tersebut diantaranya seperti membantu meningkatkan kesehatan tulang, digunakan sebagai pembersih wajah, membantu dalam melembabkan kulit, membantu mengurangi rasa iritasi yang terjadi pada kulit, membantu mengurangi bau mulut yang menyengat, dapat membantu menghambat pertumbuhan sel kanker, menjaga kesehatan ginjal, mencegah sembelit, manfaat timun untuk asam lambung, serta membantu dalam pengeluaran racun yang terdapat di dalam tubuh.

Itulah beberapa manfaat timun untuk jantung yang perlu diperhatikan sebagai salah satu bahan alami yang dapat membantu menghindarkan tubuh dari bahaya penyakit jantung mengingat penyakit yang berhubungan dengan jantung merupakan salah satu faktor kematian tertinggi.

, , ,
Oleh :
Kategori : Sayuran