8 Manfaat Minum Teh Setiap Hari Untuk Kesehatan Tubuh

Kegiatan minum teh menjadi tradisi dan budaya yang diterapkan di beberapa negara, juga menjadi kebiasaan pada saat pagi maupun sore hari yang cukup sulit dihilangkan di Indonesia. Dan sekarang ini, minum teh tidak hanya sekedar menjadi teman bersantai saja karena beberapa orang memang sengaja mengkonsumsi teh untuk mendapatkan manfaatnya. Sudah menjadi rahasia umum jika banyak manfaat teh bagi kesehatan dan kecantikan, sehingga banyak orang yang mengkonsumsinya setiap hari. Terdapat berbagai manfaat minum teh setiap hari yang dapat diperoleh tubuh, seperti berikut ini:

1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Banyak jenis teh terutama teh hijau mengandung senyawa antioksidan yang tinggi, di mana memiliki fungsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan mencegah bahaya radikal bebas. Dengan meningkatnya kekebalan tubuh, dapat mencegah tubuh terserang berbagai penyakit dan dapat membuat kondisi tubuh menjadi lebih bugar.

2. Mengurangi lelah dan stress

Rasa lelah dan stress setelah beraktivitas juga dapat berkurang dengan menggunakan manfaat teh manis hangat bagi tubuh. Kandungan di dalam teh dapat mengurangi hormon dan kortisol yang menyebabkan stress, juga memberikan efek yang nyaman bagi tubuh dan membantu tidur menjadi lebih lelap.

3. Mencegah gangguan pada jantung

Di dalam teh mengandung zat flavonoid yang mana merupakan senyawa yang dapat menjaga kesehatan jantung dan membantu mencegahnya terserang gangguan. Dengan khasiat ini, manfaat minum teh setiap hari juga dapat mengendalikan tekanan darah juga baik untuk pasies hipertensi karena dapat menjaga fungsi dari pembuluh darah.

4. Mengatasi gangguan pencernaan

Sama halnya dengan manfaat daun senna untuk pencernaan, mengkonsumsi teh dapat  mencegah gangguan pencernaan dengan baik seperti sembelit atau perasaan mual. Kandungan di dalamnya dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh dan menjaga kesehatan usus sehingga bisa melancarkan pencernaan.

5. Membantu menurunkan berat badan

Dengan khasiatnya dalam melancarkan pencernaan, secara tidak langsung juga dapat membantu program diet yang dilakukan. Khasiat di dalam teh jika dikonsumsi setiap hari juga dapat membersihkan toksin dan zat tidak penting di dalam usus agar mudah dikeluarkan, sehingga tidak akan menumpuk dan menyebabkan berat badan meningkat.

6. Meningkatkan kesehatan tulang dan gigi

Manfaat minum teh seperti menggunakan manfaat teh Sariwangi tanpa gula dapat meningkatkan kesehatan sekaligus kekuatan tulang dan gigi. Kandungan di dalam teh dapat menjaga kesehatan tulang dan mencegahnya dari keropos maupun penyakit seperti osteoporosis, serta dapat mencegah terjadinya gigi berlubang dengan alami.

7. Menurukan kadar gula dan kolesterol

Mengkonsumsi teh dapat membantu penyembuhan penyakit diabetes dan kolesterol, karena sebuah penelitian menemukan bahwa kandungannya dapat memicu insulin dalam memproses glukosa dalam tubuh juga dapat mengurangu kadar kolesterol dengan cukup efektif. Dengan catatan teh yang dikonsumsi tidak ditambahkan gula atau tawar.

8. Membantu mencegah penyakit kanker

Salah satu manfaat teh pahit bagi kesehatan dengan konsumsi setiap hari, dapat membantu mencegah kanker. Di dalam teh banyak mengandung antioksidan yang bisa melindungi kesehatan, juga senyawa teaflavin yang mana sangat bermanfaat untuk pencegahan penyakit kanker ovaroium dengan menghambat perkembangan dan persebaran sel kanker di dalam tubuh.

Dengan ulasan tentang manfaat minum teh setiap hari di atas dapat disimpulkan bahwa minum teh tidak hanya menjadi kebiasaan saja, namun juga bisa menjadi salah satu upaya untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan. Semoga bermanfaat.

, ,
Oleh :
Kategori : Minuman