9 Manfaat Terapi Ikan Nilem untuk Kulit Indah dan Cantik

Ada banyak sekali jenis ikan mulai dari ikan yang bisa untuk dimakan, ikan hias, hingga ikan yang bisa dijadikan sebagai media terapi. Kebanyakan jenis ikan yang digunakan sebagai media terapi adalah ikan yang memiliki ukuran kecil. Salah satu jenis ikan yang biasa dijadikan media terapi yaitu ikan nilem berbeda jika anda melihat manfaat fashdu, walaupun ikan jenis ini juga bisa dikonsumsi namun beberapa tempat terapi saat ini banyak yang menggunakannnya. Ikan nilem atau melem memiliki nama ilmiah Osteochilus vittatus merupakan jenis ikan air tawar dan masuk ke dalam jenis ikan omnivora. Ikan ini banyak sekali ditemui di wilayah Asia Tenggara seperti di Thailand dan Indonesia, biasanya ikan nilem hidup di danau dan sungai.

Adapun ciri dari ikan nilem yaitu ikan nilem memiliki ukuran ubuh sedang dengan panjang tubuh sekitar 260 mm. Moncong ikan nilem tidak seperti ikan jenis lainnya, bentuknya membulat tumpul, dengan bibir yang berkerinyut dan dapat disembulkan. Adapun bentuk sungut maksilar sepanjang diameter mata dengan sungut rostal lebih pendek. Ikan nilem sendiri banyak dibudidayakan di pulau Jawa terutama di Jawa Barat. Walaupun ikan nilem dibudidayakan sebagai bahan pangan karena terkenal dengan kelezatan telurnya dan kandungan gizi pada dangingnya, ikan nilem memiliki kemampuan khusus yang bisa dimanfaatkan sebagai terapi.

Biasanya ketika anda ingin terapi ikan nilem ada ratusan hingga ribuan ikan nilem yang diletakkan pada kolam khusus sebagai media terapi. Nantinya anda diharuskan untuk membersihkan kaki anda terlebih  dahulu berbeda jika anda melihat manfaat labu kuning kukus, setelah itu anda bisa memasukkan kaki anda ke dalam kolam terapi. Adapun cara kerja ikan nilem, ketika anda memasukkan kaki dengan sekejap aka nada ratusan ikan nilem yang menggigit permukaan kulit kaki anda. Tentunya anda tidak akan merasa sakit justru anda akan merasa geli di bagian kaki anda. Tidak hanya bagian kaki saja, anda juga bisa memasukkan bagian tubuh lain yang ingin diterapi seperti tangan.

Dengan melakukan terapi ikan nilem berbeda dengan manfaat teatox, ada banyak sekali manfaat dari ikan nilem yang bisa anda dapatkan. Bagi anda yang penasaran dengan manfaat dari terapi ikan nilem, berikut merupakan penjelasan singkat mengenai manfaat terapi ikan nilem. Tentunya tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan anda saja tetapi ada berbagai manfaat lainnya.

Manfaat Terapi Ikan Nilem

  1. Menghilangkan Sel Kulit Mati

Ketika anda memasukkan kaki pada media terapi, ikan nilem akan menggigiti permukaan kulit anda. Tidak sembarang menggigit tetapi ikan nilem memiliki sungut yang mampu mendeteksi sel kulit anda, ia akan menggigit sel- sel kulit mati di kaki anda.

  1. Membersihkan Kulit

Dengan kemampuannya mampu memilih sel kulit mati, maka kulit anda akan lebih bersih dari sel- sel kulit mati. Selain itu ikan nilem juga akan memakan kotoran yang ada pada kulit anda sehingga kulit jadi lebih bersih.

  1. Menghaluskan Kulit

Terapi ikan nilem juga mampu menghaluskan kulit terutama jika kulit anda memiliki banyak sekali daki ataupun sangat kering. Selain memakan sel kulit mati ataupun daki dan kotoran berbeda dengan manfaat labu siam, tetapi juga menstimulasi kulit anda agar lebih lembab serta menjaga kelembapannya.

  1. Melancarkan Peredaran Darah

Jika anda rutin melakukan terapi ikan nilem, anda akan mendapatkan manfaat ini yaitu peredaran darah jadi lebih lancar sehingga anda tidak akan merasa kram ataupun kesemutan.


  1. Meningkatkan kepekaan Saraf

Dengan terapi ikan nilem, ada salah satu manfaat terpenting yang anda rasakan yaitu saraf- saraf di tubuh anda akan lebih peka daris sebelumnya. Hal ini karena gigitan ikan nilem mampu menekan titik- titik saraf tertentu yang mampu menstimulasinya.

  1. Menghilangkan Kulit pecah- Pecah

Selain mampu melembabkan kulit, bagi anda yang ingin menghilangkan kulit pecah- pecah terutama di bagian tumit, anda bisa terapi ikan nilem secara teratur.

  1. Mencegak Kerusakan Sel

Tidak hanya mampu membersihkan ataupun menghaluskan kulit saja, ikan nilem juga akan memperbaiki kerusakan sel yang ada pada bagian kulit anda.

  1. Menghilangkan Stress

Bagi anda yang sedang stress dan ingin mengatasinya berbeda dengan manfaat tea lawah, anda bisa terapi ikan nilem. Hal ini karena ikan nilem akan menekan titik- titik syaraf dan menenangkannya sehingga stress anda akan hilang dan pikiran menjadi lebih tenang.

  1. Menghilangkan Lelah

Selain dapat menghilangkan stress, dengan terapi ikan nilem juga mampu menghilangkan lelah. Terutama bagi anda pekerja kantoran, ini akan sangat berguna bagi anda.

Itulah berbagai manfaat dari terapi ikan nilem yang dapat kami sampaikan semoga informasi di atas dapat bermanfaat serta menambah wawasan anda.

, ,
Oleh :
Kategori : Solusi Kesehatan