17 Manfaat Labu Kuning Kukus Untuk Kulit dan Kesehatan

Labu kuning merupakan makanan yang padat nutrisi sebab tinggi akan vitamin dan mineral namun rendah kalori. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menyantap labu kuning seperti dikukus menjadi hidangan penutup, sup, salad atau bisa juga digunakan sebagai bahan pengganti mentega. Beberapa kandungan penting yang ada dalam labu kuning diantaranya adalah vitamin A, serat, potassium, vitamin C, fenolik flavonoid dan masih banyak lagi yang lainnya. Berikut ini, kami akan berikan manfaat labu kuning kukus selengkapnya untuk tubuh dan juga kulit.

  1. Mengatur Tekanan Darah

Mengkonsumsi labu kukus sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung karena kandungan serat, vitamin C serta potassium dalam labu kuning sehingga tekanan darah bisa tetap stabil.

  1. Menurunkan Risiko Kanker

Dalam penelitian dibuktikan jika dalam labu kuning kukus mengandung banyak antioksidan seperti vitamin C, vitamin E dan beta karoten yang sudah terbukti ampuh sebagai solusi kanker khususnya menurunkan risiko kanker prostat dan juga kanker usus besar.

  1. Mengatasi Diabetes

Labu kuning juga memiliki efek pada penyerapan glukosa sehingga bisa dikonsumsi penderita diabetes sekaligus mengendalikan diabetes khususnya tipe 2.

  1. Menurunkan Berat Badan

Buah labu kuning merupakan sumber serat tinggi dimana setiap 3 gram labu kuning kukus mengandung 49 kalori sehingga akan membuat perut kenyang lebih lama. Diet tinggi serat ini sangat baik untuk menurunkan berat badan sehingga bisa dikonsumsi sebagai menu diet dengan rasa yang nikmat.

  1. Mencegah Hipertensi

Hipertensi merupakan kondisi tekanan darah yang terlampau tinggi sehingga bisa menyebabkan jumlah air dan garam jadi meningkat di dalam tubuh. Dalam labu kuning mengandung fitoestrogen yang bisa menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik.

  1. Mengurangi Pembentukan Batu Ginjal

Dalam labu kuning kukus juga mengandung potassium yang sangat baik untuk meningkatkan fungsi tubuh. Manfaat potasium tersebut nantinya akan membantu dalam pengurangan pembentukan batu ginjal dalam tubuh anda.

  1. Menurunkan Risiko Asma

Asma yang merupakan salah satu masalah pernapasan ini terjadi karena mengecilnya tabung bronkial. Asma akan membuat penderita kesulitan bernapas dan untuk mengatasinya adalah dengan mengkonsumsi labu kuning kukus yang tinggi akan magnesium sehingga bisa mengurangi kambuhnya asma.

  1. Anti Inflamasi

Manfaat lain yang bisa anda dapatkan saat mengkonsumsi labu kuning kukus adalah sebagai anti inflamasi. Labu kuning sangat baik untuk mencegah peradangan dalam tubuh sehingga bisa dikonsumsi setiap hari sebagai cemilan yang nikmat.

  1. Meningkatkan Sistem Pencernaan

Semua orang setidaknya pernah mengalami masalah pencernaan. Salah satu cara mengatasi masalah tersebut adalah dengan mengkonsumsi banyak serat dari buah serta sayuran. Sebagai sumber serat alami, labu kuning bisa dikonsumsi untuk menyembuhkan dan mencegah masalah sistem pencernaan. Dalam 1 cangkir labu kuning kukus sudah mengandung 5 gram serat dimana manfaat serat tersebut sangat baik untuk sistem pencernaan.

  1. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Labu kuning kukus sangat disarankan untuk dikonsumsi setiap hari karena memiliki kandungan magnesium tinggi yang akan bekerja bersama kalsium untuk memperbaiki kesehatan tulang dan mencegah berbagai penyakit tulang berbahaya.

  1. Menjaga Kesehatan Kulit

Kandungan vitamin C dalam labu kuning dan juga alfa karoten nantinya akan diubah menjadi retinol yang merupakan salah satu bentuk vitamin A. Nutrisi ini sangat penting untuk mencegah penuaan dini, meningkatkan produksi kolagen sehingga tampilan kulit terlihat lebih halus dan awet muda. Mengkonsumsi makanan berwarna oranye seperti labu kuning ini juga baik dalam melindungi kulit terhadap sinar ultraviolet sekaligus mengangkat sel sel kulit mati dan menenangkan kulit. Mengkonsumsi labu kuning kukus setiap hari akan menjadi solusi kecantikan kulit terbaik yang bisa dilakukan secara mudah.

  1. Membakar Lemak

Semua orang di dunia sangat ingin membakar lemak di dalam tubuh sehingga selalu melakukan diet rutin setiap hari. Akan tetapi diet yang dijalani bisa menyebabkan tubuh kekurangan nutrisi. Solusi terbaiknya adalah dengan mengkonsumsi labu kuning kukus yang sarat akan nutrisi namun rendah kalori sehingga baik untuk diet. Mengkonsumsi labu kuning ini akan membakar lebih banyak lemak sekaligus mengatur kadar gula darah.

  1. Antioksidan Radikal Bebas

Kandungan mangan, magnesium, beta karoten dan juga vitamin A yang menjadi nutrisi penting untuk tubuh. Sumber antioksidan ini berguna untuk menangkal radikal bebas karena juga mengandung fitosterol.

  1. Meningkatkan Kualitas Tidur

Jadwal tidur yang baik untuk orang dewasa adalah antara 7 hingga 8 jam per hari. Akan tetapi kesibukan sehari hari membuat banyak orang sering mengalami insomnia. Mengkonsumsi labu kuning setiap hari sangat baik untuk meningkatkan kualitas tidur lebih nyenyak karena mengandung triptofan yakni asam amino yang berperan untuk meningkatkan kualitas tidur. Dengan ini, serotonin akan meningkat dan membuat anda lebih rileks sekaligus memperbaiki mood.

  1. Memperbaiki Penglihatan

Dalam satu cangkir labu kuning kukus sangat baik dalam mencukupi hingga 200% kebutuhan vitamin A harian sehingga sangat disarankan untuk dikonsumsi sehingga kesehatan penglihatan bisa meningkat. Mengkonsumsi labu kuning kukus ini akan memperlambat retinitis pigmentosa, mencegah penyakit degeneratif maa dan mencegah kebutaan.

  1. Meningkatkan Kesuburan

Untuk meningkatkan kesuburan, mengkonsumsi makanan tinggi akan zat besi harus terpenuhi. Mengkonsumsi labu kuning kukus yang tinggi akan zat besi sangat baik untuk meningkatkan kesuburan seperti menyehatkan perkembangan kehamilan.

  1. Meninngkatkan Kesehatan Seksual Pria

Labu kuning mengandung beta karoten dan antioksidan yang sangat tinggi sehingga mengkonsumsi labu kuning secara dikukus bisa menunjang kesehatan pria khususnya yang berhubungan dengan organ seksual.

Manfaat labu kuning kukus yang memiliki rasa manis dan nikmat ini sangat baik dikonsumsi setiap hari baik untuk pria maupun wanita. Selain itu, mengolah labu kuning dengan cara kukus akan menyimpan nutrisi dalam labu kuning secara baik.

, ,
Oleh :
Kategori : Buah Buahan
Doctors Talks

Gigi berlubang bagian atas bisa menyebabkan Penyakit meningitis, Gigi berlubang bagian bawah bisa menyebabkan penyakit yang menyebabkan kematian mendadak, apa itu ? Simak penjelasan Drg. Albertus Andika berikut ini.