8 Manfaat Terapi Air Putih Untuk Kesehatan Setiap Hari

Terapi air putih kini sedang menjadi perbincangan banyak orang karena diklaim memiliki manfaat yang sangat baik pada kesehatan dan mampu mengatasi berbagai penyakit. Terapi air putih berasal dari jepang dimana terdapat orang jepang yang memiliki kebiasaan untuk minum 4 gelas sekaligus pada pagi hari setelah bangun tidur. ternyata kebiasaan ini menurut para ahli cukup baik karena minum air putih banyak saat perut kosong mampu membersihkan usus dan toksin di dalam tubuh.

artikel terkait:

Bagi orang yang pertama kali melakukan terapi air putih ini pasti akan mengalami buang air kecil cukup banyak pada awalnya. Hal ini disebabkan racun yang ikut terbuang bersama dengan air kencing itu sendiri. Terapi air putih juga diklaim sebagai salah satu cara detoksifikasi alami yang bisa dilakukan sendiri dimana pun anda berada.

Kriteria air putih yang baik untuk terapi

Air putih merupakan sumber cairan terbaik bagi tubuh bahkan bisa dibilang bahwa air putih merupakan obat ampuh untuk mengatasi berbagai penyakit. Itulah mengapa sebaiknya tubuh tidak sampai dehidrasi karena bisa menganggu metabolisme tubuh. Tujuan dari terapi air putih ini adalah untuk menghilangkan racun dan toksin yang ada di dalam tubuh sehingga menjadi lebih sehat.

Namun tidak semua air putih layak dikonsumsi karena ada beberapa syarat yang harus dipenuhi supaya air putih itu bisa diminum dan menyehatkan. Jika kriteria ini tidak dapat dipenuhi maka sebaiknya jangan konsumsi karena justru akan membahayakan kesehatan tubuh.

  • Tidak berbau. Pastikan air putih tidak berbau. Jika anda mendapati air putih yang berbau seperti bau karat, bau besi, bau amis dan lainnya sebaiknya jangan dikonsumsi gunakan saja untuk keperluan seperti menyiram tanaman.
  • Tidak berwarna. Air putih yang sehat juga memiliki warna putih bening seperti air pada umumnya. Jika air keruh dari cokelat, kuning bahkan kehitaman maka dipastikan air tersebut tidak sehat.
  • Tidak berasa. Air putih memiliki rasa hambar atau tidak berasa, jika terdapat air yang memiliki rasa seperti asin, karat, amis dan lainnya maka jangan dikonsumsi.
  • Tidak terdapat mikroorganisme berbahaya. Terkadang di dalam air terdapat mikroorganisme seperti kuman dan bakteri yang berbahaya bagi tubuh. Oleh karena itu sebaiknya anda merebusnya terlebih dahulu hingga suhu 100 derajat supaya mikroorganisme dapat mati.
  • Tidak mengandung logam. Kandungan logam dalam air terkadang muncul terutama pada beberapa tempat tertentu. Logam ini sangat tidak baik karena berbahaya bagi tubuh. Oleh karena itu hindari air putih yang mengandung logam.

artikel terkait: manfaat air legenmanfaat air embunmanfaat menyelam

Manfaat terapi air putih

Setelah mengetahui kriteria air putih yang layak dijadikan terapi air putih, selanjutnya mungkin anda bertanya apa saja manfaat dari terapi air putih ini, berikut ini penjelasannya.

  1. Merawat kecantikan

Kecantikan tidak hanya didasarkan pada faktor luar atau make up saja namun juga dari dalam tubuh. Kecantikan kulit sangat dipengaruhi oleh kelembaban tubuh dimana ini ditentukan oleh cukupnya kebutuhan cairan tubuh. Dengan kata lain jika anda cukup minum air putih setiap hari maka anda pasti akan mendapatkan tubuh yang sehat dan cantik. Usahakan untuk mengonsumsi air putih minimal 8 gelas sehari supaya tetap terjaga hidrasi dalam tubuh.

Kelembaban kulit ini menentukan kecantikan kulit. Kulit kering akan memunculkan banyak masalah pada kulit seperti keriput, garis-garis halus hingga jerawat. Maka pastikan anda cukup minum air putih supaya tetap cantik, segar dan awet muda.

artikel terkait: manfaat mandi air hujanmanfaat mandi air garam

  1. Menurunkan berat badan

Bagi anda yang sedang melakukan program penurunan berat badan atau diet maka terapi air putih juga bisa membantu mengoptimalkan program yang sedang anda lakukan. Konsumsilah air putih lebih banyak sebelum makan karena itu akan mengurangi porsi makan anda. Perut akan merasa sudah kenyang meskipun anda hanya makan sedikit. Usahakan untuk minum air putih saja ya, jangan minum air soda atau yang berasa. Imbangi dengan gaya hidup sehat seperti pola makan teratur, olahraga rutin dan cukup tidur supaya berat badan cepat turun tanpa menyiksa tubuh.

artikel terkait: manfaat air laut untuk kulit

  1. Detoksifikasi alami

Saat ini banyak program detoksifikasi alami yang ditawarkan dan bisa anda coba namun yang paling baik adalah dektoksifikasi terapi air putih. Air putih adalah cairan alami tubuh yang mampu mengeluarkan racun dari dalam tubuh secara sempurna melalui urin, keringat dan cairan lainnya. Selain mengeluarkan racun, anda juga tidak perlu khawatir lagi kekurangan cairan tubuh bukan? Inilah manfaat yang sangat baik dari terapi air putih.

artikel terkait: manfaat air hangat untuk diet

Beberapa manfaat lainnya dari terapi air putih antara lain:

  1. Meningkatkan nafsu makan
  2. Mengatasi migrain
  3. Meningkatkan metabolisme tubuh
  4. Melancarkan peredaran darah
  5. Memaksimalkan penyerapan nutrisi.

Hal yang perlu diperhatikan ketika melakukan terapi air putih

Terapi air putih memang banyak manfaatnya bagi kesehatan tubuh namun bagi beberapa orang yang memiliki kondisi tertentu justru colaps ketika melakukan terapi ar putih ini. Bukannya dapat melakukan detoksifikasi tubuh, terapi air putih yang salah akan menyebabkan intoksifikasi yang berbahaya bagi tubuh. Intoksifikasi merupakan kondisi dimana kadar garam tubuh menurun drastis akibat meminum air putih terlalu banyak dalam waktu singkat. Gejala yang dirasakan biasanya adalah mual, pusing, diare bahkan panas dingin. Jika anda mengalaminya sebaiknya untuk menghentikan terapi air putih saat itu juga. Segera lakukan pemeriksaan ke dokter untuk mendapatkan pengobatan terbaik.

Namun terdapat beberapa orang yang membutuhkan asupan air putih lebih banyak dari biasanya, seperti:

  • Hamil dan menyusui. Para ibu hamil dan menyusui membutuhkan asupan air putih lebih banyak yaitu 10 gelas per harinya. Sedangkan untuk ibu menyusui ditambah lagi tiga gelas sehingga menjadi 13 gelas per hari.
  • Aktivitas olahraga akan mengeluarkan cairan tubuh lebih banyak dalam bentuk keringat. Oleh karena itu, bagi anda yang sedang olahraga pun sebaiknya untuk mengonsumsi air putih lebih banyak dari biasanya.
  • Menderita penyakit tertentu. Ada beberapa penyakit tertentu seperti infeksi saluran kencing, ginjal, kencing batu yang mengharuskan penderitanya untuk mengonsumsi air putih lebih banyak untuk membantu proses pengobatan.

artikel terkait: manfaat air climbermanfaat air dalam industri

Itulah penjelasan singkat mengenai manfaat dari terapi air putih. Sebenarnya yang bisa menentukan apakah anda memerlukan terapi air putih atau tidak adalah anda sendiri. Jika terasa haus segera minum namun jika merasa sudah cukup ya cukupkan saja. Jangan berlebihan karena tidak baik. Terima kasih dan semoga bermanfaat.