14 Manfaat Tepung Beras Merah untuk Kesehatan dan Kecantikan

Bagi sebagian besar orang termasuk anda yang sangat suka membuat kue ataupun jajanan pasar berbeda jika anda melihat manfaat tepung mocaf, pastinya tahu dengan bahan dasar yang satu ini, tepung merupakan salah satu bahan dasar wajib jika anda membuat kue ataupun jajanan pasar yang biasanya memiliki rasa manis. Ada berbagai macam tepung seperti tepung jagung, tepung terigu, tepung gandum, hingga salah satu jenis tepung serbaguna yang saat ini banyak dicari oleh ibu yang memiliki balita. Bagi anda yang ingin tahu lebih jelas mengenai tepung beras merah yang berbeda jika anda melihat manfaat temulawak untuk liver, berikut akan kami sampaikan sedikit penjelasannya. Tepung beras merah merupakan salah satu jenis tepung modifikasi terbuat dari beras merah dengan kualitas terbaik. Tepung beras merah sendiri dibuat dengan metode fermentasi.

Bagi anda yang ingin membuat tepung beras merah sendiri yang berbeda jika anda melihat manfaat jahe dan jeruk nipis, berikut adalah cara mudah untuk membuatnya. Pertama rendam beras merah ke dalam sebuah mangkuk selama kurang lebih 1 harian pada suhu ruang. Lalu cuci bersih dengan air dan tiriskan hingga kering, untuk mengeringkannya anda cukup mengangin- anginkannya di atas saringan kawat. Setelah kering tumbuklah menggunakan penumbuk ataupun dry mill. Untuk mendapatkan tepung beras dengan tekstur halus dan lembut berbeda jika anda melihat manfaat obat loratadine, anda bisa menyaringnya terlebih dahulu. Terakhir sangria tepung dan masukkan ke dalam wadah kedap udara agar awet. Selain karena rasanya yang lezat, tepung beras merah juga memiliki kandungan nutrisi yang baik.

Kandungan Nutrisi Tepung Beras Merah

  • Soluble fiber
  • Karbohidrat
  • Kalsium
  • Protein
  • Oligasakarida
  • Fosfor
  • Fitoestrogen
  • Glukosa
  • Magnesium
  • Vitamin B1, B3 dan B6

Tepung beras merah sendiri biasanya dijadikan sebagai bahan dasar dalam pembuatan makanan bayi ataupun balita seperti bubur beras merah ataupun snack dan biskuit bayi. Selain itu tepung beras merah juga baik digunakan sebagai bahan pembuatan kue walaupun memang teksturnya tidak sebaik tepung terigu, namun ini juga bisa dimanfaatkan sebagai campuran tepung terigu bagi anda yang memiliki alergi terhadap terigu. Selain karena kandungan nutrisi di atas berbeda dengan manfaat logam alkali, tepung beras memiliki banyak sekali manfaatnya. Dan berikut merupakan penjelasan mengenai beberapa manfaat dari tepung beras merah.

Manfaat Tepung Beras Merah

  1. Menurunkan Berat Badan

Bagi anda yang sedang menjalani program diet dan ingin segera mendapatkan berat badan yang ideal, anda bisa mencoba mengganti menu makanan pokok anda dengan tepung beras merah. Dengan ini maka proses diet anda akan lebih cepat dan efektif.

  1. Meningkatkan Sistem Imun

Dengan kandungan nutrisi pada tepung beras merah sangat baik untuk meningkatkan sistem imun tubuh anda terlebih pada balita. Dengan sistem imun yang terus meningkat maka anda akan jarang sekali terkena penyakit seperti flu, demam, pusing dan berbagai penyakit lain.


  1. Mengobati Asma

Bagi anda yang memiliki riwayat penyakit asma agar penyakit anda jarang kambuh, anda bisa mengganti nasi dengan tepung beras merah sebagai bahan pokok. Selain sebagai pencegahan, ini juga dapat mengobati asma anda.

  1. Melancarkan Sistem Pencernaan

Pola makan yang tidak teratur atau jajan disembarang tempat dapat mengakibatkan berbagai macam gangguan sistem pencernaan seperti susah BAB dan sembelit. Sebagai pencegahan dan pengobatan anda bisa mengkonsumsi tepung beras merah selain dapat melancarkan sistem pencernaan anda.

  1. Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi

Kandungan kalsium dan fosfor pada tepung beras merah sangat baik untuk menjaga agar tulang dan gigi anda selalu sehat. Annda dapat mengkonsumsi tepung beras merah secara berkala untuk itu.

  1. Menjaga Kesehatan saraf

Tidak hanya menjaga kesehatan tulang dan gigi saja tetapi tepung beras merah juga dapat menjaga kesehatan sistem saraf anda. Dan seperti yang kita tahu sangat penting menjaga kesehatan saraf untuk menunjang kesehatan tubuh serta pikiran kita.

  1. Mencegah Diabetes

Bagi anda yang suka sekali mengkonsumsi makanan ataupun minuman manis, berhati- hatilah karena sangat rentan mengalami penyakit diabetes. Untuk menjaga agar tidak terkena penyakit diabetes, anda bisa mengganti makanan pokok dengan tepung beras merah.

  1. Menurunkan Kolesterol

Bagi anda yang ingin menurunkan kadar kolesterol, anda bisa mengkonsumsi beras merah sebagai pemicu dalam menurunkan kadar kolesterol.

  1. Menjaga Kelembaban Kulit

Kandungan vitamin pada tepung beras merah sangat baik untuk menjaga kelembaban kulit anda.

  1. Meremajakan Kulit

Selain melembabkan kulit, kandungan vitamin dan nutrisi pada tepung beras merah juga mampu meremajakan kulit anda.

  1. Mengencangkan Kulit

Tidak hanya mampu meremajakan kulit, tepung beras merah juga mampu mengencangkan kulit anda serta menghilangkan keriput di wajah.

  1. Mengobati Kencing Manis

Tepung beras merah juga sangat baik bagi anda yang ingin mencegah kencing manis. Kandungan nutrisi yang baik mampu mencegah bahkan mengobati kencing manis.

  1. Mengobati batu Empedu

Adapun cara mengobati batu empedu secara alami yaitu dengan diet nasi dan menggantinya dengan tepung beras merah.

  1. Mencegah Kanker

Selain kandungan nutrisi di atas, tepung beras merah juga memiliki kandungan antioksidan tinggi yang mampu mencegah kanker.

Itulah berbagai manfaat dari tepung beras merah yang bisa anda dapatkan, semoga informasi di atas dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan anda.

, ,
Oleh :
Kategori : Makanan
Doctors Talks

Gigi berlubang bagian atas bisa menyebabkan Penyakit meningitis, Gigi berlubang bagian bawah bisa menyebabkan penyakit yang menyebabkan kematian mendadak, apa itu ? Simak penjelasan Drg. Albertus Andika berikut ini.