6 Manfaat Temulawak untuk Liver yang Belum Diketahui

Bagi sebagian besar orang tentunya rempah merupakan salah satu jenis bumbu wajib yang harus ada di dapur. Hal ini karena rempah juga merupakan salah satu ciri khas dari beberapa macam masakan tradisional Indonesia serta minuman tradisional. Salah satu jenis rempah yang banyak dicari orang yaitu temulawak. Berbeda dengan jenis rempah lainnya dan berbeda jika anda melihat manfaat jahe dan jeruk nipis, temulawak memiliki ciri khas dari aroma serta warnanya. Untuk membedakan jenis rempah yang satu ini anda hanya perlu mencium aromanya serta melihat warnanya dan berbeda pula jika anda melihat manfaat obat loratadine, temulawak memiliki warna kuning khas yang berbeda dengan rempah lain seperti kunir dan kunyit.

Secara ilmiah, temulawak memiliki nama latin Curcuma xanthorrhiza, juga marupakan salah satu jenis tumbuhan obat dan termasuk ke dalam suku temu- temuan. Perlu anda ketahui pula bahwa temulawak merupakan salah satu jenis rempah asli Indonesia khususnya banyak ditemui di pulau Jawa. Seiring dengan persebaran dan perkembangan era perdagangan berbeda jika anda melihat manfaat logam alkali, temulawak kini tersebar di berbagai daerah serta Negara seperti China, Korea, Malaysia, Thailand, India dan Amerika. Selain dikenal dengan nama temulawak, adapun beberapa nama terkait dengan temulawak yaitu koneng gede bagi masyarakat Sunda dan temu labak bagi masyarakat Madura. Adapun kandungan dari temulawak yang sangat berguna khususnya untuk liver anda.

Kandungan Nutrisi Temulawak

  • Turmerol
  • Xanthorizzol
  • Kamfer
  • Seskuiterpen
  • Mycrene
  • Glukusida
  • Karbinol
  • Foluymetik
  • Kurkumin
  • Felandrean
  • Desmetoksikurkunin

Dari banyaknya nutrisi di atas berbeda dengan manfaat sambiloto, sebenarnya masih banyak lagi seperti vitamin dan berbagai macam mineral. Dengan ini pula temulawak sangat bermanfaat untuk kesehatan liver anda, dan bagi anda yang penasaran dengan manfaat apa saja yang ada pada temulawak, berikut penjelasannya.

Manfaat Temulawak untuk Liver

  1. Menjaga Kesehatan Liver

Memiliki liver atau hati yang sehat merupakan salah satu hal terpenting bagi kehidupan anda. Untuk mewujudkan agar liver anda selalu sehat berbeda dengan manfaat lotion bibit pemutih, tidak hanya dengan menjaga pol makan ataupun rajin olahraga saja. Ada salah satu cara tradisional agar liver anda selalu sehat, yaitu dengan mengkonsumsi bahan olahan ataupun minuman yang terbuat dari temulawak secara berkala.

  1. Membersihkan Liver

Dengan kandungan nutrisi yang ada pada temulawak, tidak hanya dapat menjaga kesehatan liver anda juga tetapi dapat membersihkan liver anda. Perlu anda ketahui juga jika terlalu banyak zat racun yang mengendap di liver anda, bisa jadi itu merupakan salah satu penyebab berbagai penyakit yang dapat mengganggu sistem kerja liver anda. Untuk itu anda bisa membersihkan liver anda dengan meminum jamu temulawak setiap dua minggu sekali.

  1. Membantu Kinerja Liver

Bagi anda yang ingin memiliki liver sehat, anda bisa membuat ramuan tradisional berbahan temulawak. Ramuan ini akan menjaga kesehatan liver anda dengan cara membantu proses kinerja liver. Terkadang kinerja liver yang terlalu berlebihan terkait dengan pola makan dan kebiasaan sehari- hari dapat memicu terjadinya berbagai macam penyakit ringan hingga kronis.

  1. Mencegah Hepatitis

Adapun cara tradisional yang alami tanpa efek samping dalam upaya pencegahan salah satu penyakit berbahaya yaitu hepatitis. Hepatitis sendiri merup[akan salah satu gangguan kerusakan liver yang dapat dialami oleh berbagai kalangan mulai dari anak- anak hingga lansia. Caranya anda bisa mengolah temulawak menjadi jamu atau minuman dan meminumnya secara berkala setiap 2 hingga 3 minggu sekali.

  1. Mengobati Hepatitis

Selain dapat mencegah, dengan mengkonsumsi jamu ataupun minuman temulawak anda juga dapat mengobati penyakit hepatitis. Anda tidak harus membuat temulawak menjadi jamu tetapi bisa menjadikannya sebagai campuran minuman seperti air lemon yang dicampur dengan irisan temulawak dan madu sebagai perasa manis. Ini akan sangat baik untuk mengobati hepatitis. Minumlah secara rutin setiap 1 hingga 2 hari sekali, jangan lupa untuk menyaring airnya untuk mempermudah anda.

  1. Mencegah Kanker Liver

Selain dapat mencegah dan mengobati penyakit hepatitis, anda juga dapat mencegah penyakit kanker liver atau biasa disebut dengan kanker hati. Seperti yang anda ketahui pula bahwa kanker merupakan salah satu penyakit paling mematikan di dunia. Selain dapat mencegah, anda juga dapat mengobati kanker liver stadium awal yang disebabkan oleh hepatitis parah dengan cara mengkonsumsi air rebusan temulawak setiap hari sebelum sarapan.

Dan itulah berbagai manfaat dari temulawak untuk liver yang dapat kami sampaikan. Pentingnya menjaga kesehatan liver merupakan hal yang sangat penting demi mendukung kesehatan tubuh anda. Semoga informasi mengenai manfaat temulawak di atas dapat bermanfaat bagi anda dan menambah wawasan anda.