Manfaat Logam Alkali dalam Kehidupan Manusia

Bumi tempat kita berpijak tersusun atas berbagai material dan unsur yang bermanfaat dan mendukung kehidupan seluruh makhluk. Salah satunya unsur logam seperti besi, timah, manfaat aluminium, emas, manfaat perak, tembaga, perunggu, dan masih banyak lagi jenis logam yang lainnya. Oleh para ilmuan kimia beragam jenis logam ini dibagi ke dalam kelompok-kelompok tertentu yang tergambar pada tabel periodik dimana unsur-unsur termasuk logam yang memiliki kesamaan sifat diletakkan dalam kelompok atau golongan yang sama. Salah satunya golongan 1A yang sering juga disebut unsur atau logam alkali yang terdiri dari 6 jenis logam yaitu litium (Li), rubidium (Rb), fransium (Fr), natrium (Na), cesium (Cs), dan kalium (K).

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, pengelompokkan logam-logam ini ke dalam golongan yang sama disebabkan kesamaan atau kemiripan sifat yang dimiliki. Diantaranya termasuk logam lunak sehingga sangat mudah dipotong, elektron terluarnya mudah hilang atau berpindah, berkilau, serta sangat reaktif pada tekanan dan suhu standar). Unsur-unsur logam alkali ini bermanfaat dan memiliki peranan penting dalam kehidupan manusia dan makhluk hidup lain seperti yang akan dijelaskan berikut.

Manfaat Logam Alkali Jenis Litium

Logam alkali yang diberi kode Li ini termasuk logam paling ringan dan sangat reaktif. Warnanya yang putih keperakan dan termasuk logam yang lunak. Jangan harap anda bisa mendapatkan logam ini dalam bentuk unsur bebas di alam, harus dilakukan serangkaian proses untuk mendapatkan litium murni karena litium yang tersedia di alam selalu dalam bentuk senyawa dengan unsur-unsur lain. Logam alkali yang termasuk mudah terbakar ini sangat banyak dimanfaatkan dalam dunia industri diantaranya pembuatan keramik tahan panas, produksi besi, baja, dan alumunium, pelumas gemuk litium, kaca tahan panas, serta baterai litium.

Manfaat Logam Alkali Jenis Natrium

Natrium atau Na yang sangat berperan dalam kehidupan manusia merupakan salah satu logam yang tersedia dalam jumlah besar di alam. Sama seperti litium logam ini tidak bisa didapatkan dalam bentuk unsur murni secara langsung. Harus melalui serangkaian proses karena di alam ia selalu ditemui bersenyawa dengan unsur-unsur lain. Natrium berperan penting dan merupakan unsur esensial dalam kehidupan manusia dan makhluk hidup lainnya. Selain sebagai unsur penyusun garam dapur natrium juga dimanfaatkan dalam industri pembuatan sabun. Selain natrium bahan lain yang juga digunakan dalam pembuatan sabun adalah manfaat resin.

Manfaat Logam Alkali Jenis Kalium

Kalium merupakan salah satu unsur logam yang sangat diperlukan oleh tubuh. Ada sekitar 13 manfaat kalium yang berperan dalam menjaga kesehatan tubuh diantaranya mencegah stroke, menstabilkan tekanan darah, hingga mengoptimalkan sistem saraf. Selain itu unsur logam yang sangat mirip dengan natrium ini juga kerap dimanfaatkan dalam dunia industri diantaranya produksi korek api, petasan, dan bahan peledak (KNO3), pembuatan kaca dan sabun (K2CO3), pupuk (K2SO4), dan lain sebagainya. Contoh pupuk yang menggunakan kalium sebagai bahan bakunya adalah manfaat pupuk KCL yang berperan penting dalam pemeliharaaan tanaman.

Manfaat Logam Alkali Jenis Rubidium

Tidak seperti beberapa logam alkali sebelumnya rubidium bukanlah unsur yang diperlukan oleh tubuh manusia. Bahkan bisa menjadi racun moderat jika tertelan. Penggunaan unsur dengan lambang Rb ini secara komersial juga tidak terlalu signifikan. Ia biasanya digunakan dalam industri pembuatan kembang api, gelas, dan keramik untuk memberi warna ungu pada produk tersebut. Selain itu juga dimanfaatkan sebagai katalis dalam reaksi kimia, dalam bidang geologi, dan sebagai sel fotolistrik.

Manfaat Logam Alkali Jenis Cesium

Unsur logam yang pada suhu ruang berwujud cair ini terkenal sebagai unsur yang dipergunakan dalam jam atom yang menjadi standar ukuran waktu dunia. Selain itu logam ini juga dimanfaatkan untuk membersihkan tabung hampa dari sisa-sisa oksigen serta dipergunakan pada alat pendeteksi radiasi.

Manfaat Logam Alkali Jenis Fransium

Dan yang terakhir ada unsur fransium yang merupakan salah satu unsur yang cukup jarang terdengar. Ketersediaannya di alam dalam jumlah yang sangat kecil menyebabkan para ilmuan harus memproduksi sendiri unsur ini dengan cara-cara tertentu agar dapat mempelajarinya. Oleh karena itu logam alkali ini hanya dimanfaatkan untuk tujuan manfaat penelitian ilmiah.

Itulah diantara manfaat logam-logam alkali dalam kehidupan manusia. Beberapa diantaranya sangat diperlukan oleh tubuh manusia dan makhluk hidup lainnya serta berperan penting dalam dunia industri. Sementara beberapa lainnya dimanfaatkan secara terbatas atau bahkan hanya untuk tujuan penelitian ilmiah saja.