Manfaat Batu Pirus untuk Fisik dan Spiritual

Batu pirus adalah nama lokal untuk salah satu jenis permata yang cukup bernilai. Oleh masyarakat dunia, batu ini dikenal dengan nama permata turquoise. Ciri khas batu pirus berwarna biru muda (biru langit) dan kehijauan oleh karena itulah, sesuai warnanya, batu ini disebut sebagai permata turquoise. Sebagian batu pirus dapat tembus cahaya dan sebagian lagi tidak. Sejak zaman Mesir kuno, batu pirus digunakan sebagai perhiasan bagi raja-raja dan anggota kerajaan. Batu ini juga menjadi perhiasan untuk mayat sebelum dikuburkan. Terdapat banyak kepercayaan yang meyakini bahwa batu pirus dapat digunakan sebagai alat penyembuh, pelindung, serta pemberi keberuntungan.

Batu pirus asli mudah dibedakan dengan batu pirus tiruan berdasarkan tingkat kekerasannya yang mirip dengan batu bacan. Warna kehijauan pada batu pirus menandakan bahwa batu ini mengandung besi. Sangat jarang ditemukan batu pirus yang berwarna murni biru langit. Warna kehijauan ini memberikan daya tarik tersendiri karena bisa membentuk corak-corak tertentu. Permukaan batu pirus tidak terlalu berkilau seperti batu bacan, namun terlihat seperti memiliki lapisan lilin.

artikel terkait manfaat batu:

Saat ini, di berbagai belahan dunia, batu pirus banyak digunakan sebagai perhiasan baik oleh pria mau pun wanita. Bagi wanita, batu pirus dapat dipakai sebagai cincin, gelang, kalung, dan giwang. Baik dalam bentuk bulatan atau pun potongan-potongan kecil. Sedangkan bagi pria, batu pirus banyak digunakan sebagai cincin, liontin, kepala ikat pinggang, manset atau pun penjepit dasi. Tambang atau wilayah penghasil batu pirus banyak terdapat di beberapa wilayah di Benua Amerika dan negara Afghanistan.

Sama seperti batu permata lainnya, batu pirus memerlukan perawatan untuk mempertahankan kualitasnya dari waktu ke waktu. Jika tidak dirawat, batu ini akan mengalami kerusakan dan kehilangan tampilan aslinya. Perawatan batu pirus agak rumit karena permukaannya yang berpori. Jika anda memiliki batu jenis ini, sebaiknya tidak membiarkan permukaan batu terpapar sinar matahari langsung secara terus menerus. Selain itu, sentuhan bahan kimia seperti parfum, deterjen, atau minyak bisa merusak permukaannya. Apabila mengalami kerusakan, batu ini akan berubah warna menjadi hijau dan terkesan kusam. Cara terbaik merawat batu pirus adalah dengan menggunakan kain yang halus dan memisahkannya dengan batu-batu permata lain ketika disimpan agar tidak terkena gesekan.

artikel terkait:

Manfaat Batu Pirus

Selain sekadar dipakai sebagai perhiasan untuk mempercantik atau menunjang penampilan, banyak orang yang meyakini bahwa batu pirus memberikan banyak manfaat bagi pemakainya. Manfaat tersebut antara lain :

1. Sebagai Jimat

Batu pirus dipercaya dapat memberikan perlindungan dari bahaya. Selain itu, batu ini dipercaya dapat membawa keberuntungan serta umur yang panjang. Batu pirus juga sering digunakan sebagai jimat dalam perjalanan. Beberapa orang bahkan mempercayai bahwa batu pirus dapat membantu pemakainya meningkatkan karir karena memberikan kepercayaan diri dan jiwa kepemimpinan.

artikel terkait: khasiat taring macan aslimanfaat bunga seraimanfaat gading gajah

2. Menjaga Kesehatan

Dalam hal fisik, batu pirus dipercaya dapat mencegah dan meringankan beberapa penyakit. Salah satu penyakit yang dapat diatasi adalah migrain. Batu ini juga dapat menjaga kesehatan tenggorokan, paru-paru, jantung, mata, telinga, dan otak. Selain itu, batu pirus juga dapat mengatasi kelelahan fisik bagi pemakainya.

artikel terkait: manfaat daun duwetmanfaat minum air lemon sebelum tidurmanfaat daun paprika

Meski banyak orang meyakini manfaat batu pirus ini, sebaiknya kita lebih bijak untuk mengambil sikap ketika memiliki batu pirus sebagai perhiasan. Jangan sampai kepercayaan terhadap kekuatan sebuah batu permata justru akan menjerumuskan kita terhadap hal-hal yang tidak diinginkan. Bagaimana pun, batu hanyalah sebuah batu sampai ada orang yang menyebutnya berharga. Jika dengan memakai batu jenis ini dapat memberikan kepercayaan diri, maka ambillah manfaat positif tersebut untuk diri anda.

Sekian artikel mengenai manfaat batu pirus ini. Semoga bermanfaat!