10 Manfaat Sayur Brokoli Putih Untuk Kanker dan Penyakit Kronis

Mengkonsumsi salah satu jenis sayuran yakni brokoli putih sangat bagus untuk solusi kanker, menjaga kesehatan jantung, otak dan memberi kelegaan pada sistem pencernaan. Brokoli putih merupakan sayur hasil silangan dari famili brassicaceae seperti brokoli, kangkung dan kol. Brokoli putih ini biasa dikonsumsi masyarakat Asia, Mediterania, Turki dan juga Italia yang kemudian mulai dikonsumsi juga oleh masyarakat Perancis dan Amerika Serikat. Dalam brokoli putih ini mengandung banyak vitamin seperti vitamin C, vitamin B dan vitamin K. Sedangkan kandungan mineral dalam brokoli putih diantaranya adalah zat besi, kalsium, fosfor, magnesium, seng, kalium dan juga sodium. Berikut ini adalah beberapa manfaat sayur brokoli putih yang bisa anda dapatkan saat dikonsumsi secara teratur.

  1. Mencegah Stres Kognitif

Brokoli putih merupakan sayuran yang tinggi akan mangan, vitamin C serta sumber antioksidan kuat yang merupakan makanan baik untuk tubuh manusia. Brokoli putih mengandung phytochemicals yang dinamakan dengan indoles dan glucosinates yakni glucobrassircin, glucoraphanin dan juga gluconasturtiin dimana semua ini adalah enzim yang ampuh untuk mengatasi kanker dan juga melindungi sel tubuh dari stres oksidatif dan juga kerusakan karena radikal bebas.

  1. Menjaga Kesehatan Kardiovaskular

Mengkonsumsi brokoli putih dengan teratur akan melancarkan aliran darah sekaligus membantu menjaga pembuluh darah agar bisa tetap berfungsi secara baik. Aliran darah yang lancar nantinya akan meningkatkan kesehatan jantung dan fungsi antitrombotik dan antiplatelet indole 3 carbinol.

  1. Mencegah Gangguan Perut

Brokoli putih adalah sumber serat tinggi yang sangat baik untuk pencernaan dan mengeluarkan racun dalam tubuh. Semua nutrisi yang terdapat dalam brokoli putih akan melindungi lapisan perut dan membantu dalam melawan pertumbuhan bakteri sekaligus mencegah berbagai gangguan perut seperti solusi maag dan kanker usus besar.

  1. Meningkatkan Penyerapan Zat Besi

Vitamin C yang ada dalam brokoli putih juga akan membantu dalam penyerapan zat besi dalam darah sekaligus meningkatkan kadar hemoglobin dalam tubuh sehingga baik dikonsumsi penderita anemia.

  1. Mengatasi Gangguan Pernafasan

Papillomatosis pernafasan bisa terjadi karena human papillomavirus yang mengganggu pita suara pada laring, paru paru, trakea dan bronkus. Untuk mencegah berbagai gangguan pernafasan termasuk papillomatosis ini bisa diatasi hanya dengan mengkonsumsi brokoli putih dengan teratur.

  1. Menjaga Kesehatan Tulang

Brokoli putih yang mengandung vitamin C tinggi ini juga berperan penting dalam produksi kolagen sehingga sendi dan tulang bisa terlindungi dari kerusakan inflamasi. Selain itu dalam sayur ini juga mengandung vitamin K yang ampuh dalam mencegah pengeroposan tulang baik pada pria maupun wanita.

  1. Mencegah Penyakit Mata

Antioksidan dan manfaat vitamin C yang terkandung dalam brokoli putih sangat efektif untuk melindungi kesehatan mata seperti mengurangi risiko degenerasi makula yang berhubungan dengan usia dan bisa menyebabkan kebutaan terutama pada orang tua. Sulforaphane yang terkandung dalam brokoli putih akan melindungi jaringan retina dari kerusakan karena stres oksidatif, mencegah kerusakan penglihatan dan berbagai penyakit mata lainnya seperti katarak.

  1. Meningkatkan Detoksifikasi Tubuh

Brokoli putih juga mengandung indole 3 carbinol yakni fitonutrien yang bersama dengan sulforaphane akan mengaktifkan dan mengatur manfaat detoksifikasi tubuh lebih baik lagi.

  1. Merawat Kesehatan Kulit

Dalam sebuah studi membuktikan jika sulforaphane yang terkandung dalam brokoli putih juga sangat efektif sebagai solusi kecantikan kulit yang akan melindungi kulit dari kerusakan akibat ultraviolet. Selain itu, brokoli putih juga baik dikonsumsi sebagai anti radang, kanker kulit dan juga eritema karena sinar UV dan juga melindungi sel kulit dari kerusakan.

  1. Merawat Kesehatan Rambut

Brokoli putih juga akan mendorong pertumbuhan rambut lebih sehat karena dalam sayuran ini juga mengandung silikon dan belerang yang ampuh dalam menguatkan akar rambut, meningkatkan kilau rambut sekaligus menyuburkan rambut secara alami.

Manfaat sayur brokoli putih tidak hanya sekedar sayuran nikmat untuk dikonsumsi, namun juga memiliki banyak nutrisi untuk membasmi berbagai penyakit ringan sampai berbahaya sekaligus menjaga kesehatan kulit dan juga rambut.