8 Manfaat Makanan Ringan Selain Penunda Lapar

Makanan ringan yang bukan menu utama saat makan seringkali diartikan sebagai makanan tidak sehat karena dalam makanan ringan tersebut biasanya sudah mengandung pewarna, perasa dan juga pengawet dan bahan kimia lainnya. Oleh karena banyaknya kandungan dalam makanan ringan, maka akhirnya membuat banyak orang khawatir jika harus mengkonsumsi jenis makanan ini. Namun sebenarnya, masih ada beberapa manfaat makanan ringan lain yang baik untuk tubuh dimana beberapa diantaranya mungkin belum banyak diketahui dan akan kami ulas dalam kesempatan kali ini.

  1. Mengurangi Keinginan Makan Berlebih

Perlu diketahui jika sesudah tiga hingga lima jam makan, maka kadar gula darah akan menurun. Mengkonsumsi makanan ringan atau manfaat cemilan sehat secara sering bisa membuat metabolisme kembali pulih sekaligus mengembalikan kadar gula darah. Saat tubuh kelaparan, maka metabolisme secara langsung juga semakin diperlambat. Mengkonsumsi makanan ringan seperti kacang kacangan, buah buahan, sayuran, produk susu rendah lemak dan biji bijian utuh yang tinggi akan manfaat serat, protein dan nutrisi lain sangat baik dikonsumsi untuk menjaga kadar gula darah sehingga nantinya juga bisa mengurangi keinginan untuk makan berlebih.

  1. Mengontrol Berat Badan

Mengkonsumsi makanan ringan berarti juga membuat seseorang bisa terhindar dari kelaparan ekstrim sehingga nantinya juga akan mengurangi makan terlalu berlebihan ketika masuk jam makan. Seorang ahli gizi merekomendasikan supaya seseorang mengkonsumsi makanan kecil setiap tiga hingga lima jam sekali agar bisa mengurangi keinginan untuk makan berlebih tersebut. Dengan berkurangnya keinginan untuk makan, maka tujuan anda untuk mengontrol berat badan nantinya juga bisa tercapai.

  1. Sumber Energi

Mengkonsumsi makanan ringan juga nantinya bisa digunakan sebagai sumber energi. Bahan bakar bisa dibakar lebih lambat sekaligus membantu anda dalam beraktivitas selama seharian. Beberapa jenis makanan ringan juga bisa mengusir rasa kantuk pasca makan makanan yang tinggi kalori sehingga anda bisa lebih bertenaga dalam berkegiatan selama satu hari.

  1. Meningkatkan Fungsi Kognitif

Dalam sebuah studi membuktikan jika mengkonsumsi makanan yang tinggi akan lemak trans akan menurunkan daya ingat, ketajaman dan juga konsentrasi dalam jangka panjang. Namun mengkonsumsi makanan ringan yang tinggi akan sumber antioksidan, protein dan vitamin B sangat baik untuk meningkatkan memori, konsentrasi dan kognitif seperti contohnya makanan ringan bar buah yang sangat baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan mental.

  1. Meningkatkan Suasana Hati

Untuk seseorang yang bekerja di lingkungan kerja bertekanan tinggi, selalu beraktivitas padat dan penuh akan stress, maka mengkonsumsi makanan ringan di kantor sangat dibutuhkan untuk membuat anda bisa tetap tenang, fokus dan selalu optimis pada saat tantangan muncul dalam pekerjaan.

  1. Meningkatkan Fokus

Mengkonsumsi makanan ringan juga bisa membuat seseorang bisa tetap fokus namun sebaiknya hindari makanan ringan yang tinggi akan lemak trans karena bisa berbahaya. Mengkonsumsi makanan ringan yang tinggi akan manfaat antioksidan dan manfaat lemak sehat sangat baik untuk menjaga produktivitas dan efisiensi sekaligus membuat anda bisa tetap fokus dalam beraktivitas.


  1. Meningkatkan Asupan Nutrisi

Makanan ringan tidak selamanya menjadi makanan yang tidak sehat sebab justru bisa menambah asupan nutrisi dalam tubuh. Makan ringan seperti buah dan sayuran bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh sekaligus menyembuhkan luka pada gigi dan juga gusi. Sedangkan makanan ringan yang mengandung yogurt, keju rendah lemak dan beberapa makanan lain bisa meningkatkan asupan protein yang sangat baik untuk kulit, otot, sel dan juga kesehatan rambut.

  1. Meningkatkan Konsentrasi

Menambah makanan ringan sehat diantara waktu makan juga bisa meningkatkan fokus dan kinerja baik saat sekolah ataupun bekerja. Anak anak nantinya bisa memahami dan menyimpan informasi dengan baik. Sedangkan orang dewasa bisa menyelesaikan berbagai tugas lebih cepat dan juga efisien.

Tidak selamanya mengkonsumsi makanan ringan selalu identik dengan gangguan tubuh dan sumber penyakit, namun ternyata ada juga manfaat makanan ringan yang bisa diperoleh untuk tubuh apabila jenis makanan ringan yang dikonsumsi merupakan jenis makanan yang sehat. Semoga bisa bermanfaat.

, ,
Oleh :
Kategori : Makanan
Doctors Talks

Gigi berlubang bagian atas bisa menyebabkan Penyakit meningitis, Gigi berlubang bagian bawah bisa menyebabkan penyakit yang menyebabkan kematian mendadak, apa itu ? Simak penjelasan Drg. Albertus Andika berikut ini.